3 Cara Membuat Landing Page yang Efektif. Pebisnis Masuk!

by Viki
cara membuat landing page

Sobat MEA tahu belum nih? Landing page merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran online. Sebagai pebisnis, Sobat MEA disarankan membuat landing page yang efektif untuk website bisnismu. Landing page dapat menjadi strategi marketing online yang jitu dalam menarik pelanggan baru dan traffic ke website. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara membuat landing page?

Ya, di era digital yang semakin berkembang ini, memiliki landing page yang efektif menjadi kewajiban bagi pebisnis mengingat persaingan yang semakin ketat. Landing page bukan hanya untuk menginformasikan produk, tapi juga menjadi media yang efektif untuk mempengaruhi audiens mengikuti perintah di dalamnya. 

Tapi jika Sobat MEA tidak berpengalaman, jangan khawatir, dalam artikel ini, MiMe akan menguraikan cara membuat landing page yang menarik dan efektif untuk website bisnis. Simak di bawah ini!

Apa Itu Landing Page?

Mau Tahu Rahasia Promosi yang Sukses dengan Landing Page?

Yuk kepoin dalam diskusi bareng seller berpengalaman di komunitas belajar jualan online MEA sekarang juga!

Menurut WPBeginner, landing page memiliki tujuan untuk ditampilkan kepada pengunjung ketika mengakses suatu halaman website. Biasanya dapat ditemukan pada iklan digital.  

Hal ini tentu berguna untuk mengumpulkan data pengunjung potensial yang dapat diarsip oleh sebuah bisnis untuk memaksimalkan penjualan yang lebih baik. 

Selain itu, landing page juga bisa digunakan untuk transaksi yang lebih cepat. Di halaman ini, pengunjung dapat lebih fokus dan pada informasi yang tertera, dan pebisnis dapat menyematkan link yang mengarahkan mereka untuk checkout, seperti nomor WhatsApp, toko Shopee, atau bahkan langsung transaksi di halaman tersebut.

Cara Membuat Landing Page yang Menarik

Adapun langkah-langkah cara membuat landing page yang menarik melalui platform-platform tersebut, simak uraian berikut!

Melalui WordPress

Untuk membuat website melalui wordpress, pastikan Sobat MEA sudah memiliki website WordPress. Lalu Sobat MEA baru bisa menambahkan landing page. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman website WordPress dan login ke akunmu.
  2. Di dashboard WordPress, pergi ke menu Pages dan pilih Add New. Atau, edit Homepage website tersebut.
  3. Lalu klik tombol Add block yang ada di bagian kiri atas Block Editor. Masukkan elemen desain landing page seperti judul, cover, teks, dan tombol.
  4. Jika sudah, publikasikan landing page dengan klik Publish, dan kembali lagi ke halaman dashboard.
  5. Selanjutnya, arahkan ke menu Appearance dan pilih Customize dan pilih menu Homepage Settings, dan klik opsi A static page. 
  6. JIka sudah sesuai, tetapkan landing page sebagai Homepage. Tapi pastikan Sobat MEA juga sudah memiliki halaman blog yang dibuat untuk postingan.
  7. Selesai!

Melalui Canva

Seperti yang kita ketahui, Canva adalah platform online yang bisa digunakan untuk mendesain gratis dan publikasi. Bukan hanya desain gambar, bahkan Canva bisa membantumu membuat landing page untuk promosi produk yang Sobat MEA jual. 

Melansir laman Canva, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  1. Kunjungi laman resmi Canva di sini.
  2. Pastikan sudah memiliki akun terdaftar, dan ketikkan Website untuk mulai membuat desain landing page. 
  3. Tentukan template yang dibutuhkan. Sobat MEA dapat menyaring pencarian template sesuai warna, tema, dan gaya.
  4. Ubah konten yang ada di dalamnya, seperti elemen dan teks. Ganti sesuai kebutuhan website yang akan dicantumkan ke dalam landing page.
  5. Periksa kembali landing page dengan klik Pratinjau atau ikon mata yang ada di pojok kanan atas. 
  6. Jika sudah siap, simpan landing page dan publikasikan dengan klik Publikasikan Situs Web dan ikuti petunjuk yang tertera. 
  7. Terakhir, tunggu hingga proses selesai dilakukan.
  8. Selesai!
Artikel Terkait  5 Tips Memilih Produk Shopee Affiliate untuk Gamers

Melalui GoWebin

Selanjutnya ada GoWebin, website builder terbaru dari MEA Digital Marketing yang dapat membantumu dalam membuat landing page yang cocok untuk promosi secara online. Memiliki berbagai fitur menarik, GoWebin dapat memaksimalkan landing page sendiri dengan mudah dengan pilihan template yang beragam.

Adapun cara membuat landing page melalui GoWebin, berikut langkah-langkah yang Sobat MEA perlukan:

  1. Kunjungi situs resmi GoWebin di sini
  2. Pilih menu Daftar di pojok kanan atas. Lalu isi data diri yang diminta seperti nama, email, nomor WhatsApp, dll. Klik Daftar.
  3. Lalu Sobat MEA akan diarahkan ke halaman dashboard. Di sebelah kiri, pilih menu Landing Page
  4.  Selanjutnya isi informasi yang diminta, pastikan sudah memiliki domain sebelumnya, lalu ubah status tombol menjadi aktif. 
  5. Alihkan ke menu Landing Page, dan tambahkan landing page baru.
    3. Di sini, Sobat MEA dapat mengelola identitas landing page sesuai kebutuhan, seperti nama landing page, link, dan judul tab yang akan ditampilkan
    4. Setelah itu, ubah tombol status dan tracker menjadi aktif.
    5. Sobat MEA dapat menambahkan isi konten melalui fitur-fitur GoWebin yang tersedia.
    6. Jika sudah sesuai, klik tombol Simpan  dan periksa link landing page yang sudah dibuat.
    7. Selesai! Landing page siap untuk digunakan.

Tips Membuat Landing Page yang Menarik

landing page untuk konversi

Mengutip laman Envanto Tuts, ada 5 tips penting yang perlu Sobat MEA ikuti untuk membuat landing page yang menarik. Berikut uraiannya:

Call to Action yang Jelas

Bagikan Konten dengan Teratur

Jangan sampai bagian-bagian konten pada landing page harus terlihat padat dan membingungkan. Sebaiknya atur konten serapi mungkin dan buatlah mereka lebih tertata. 

Pastikan fokus pengunjung tidak terganggu dengan konten yang terlalu banyak tanpa bagian-bagian yang terpisah dengan baik.

Teks yang Rapi

Sobat MEA juga perlu membuat teks yang rapi agar pengunjung lebih mudah dalam membaca dan memahami isi dari landing page mu, sehingga tinggi kemungkinan suksesnya. 

Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA menggunakan font yang mudah dibaca dan perhatikan juga jarak antar huruf dan kalimatnya. Jangan sampai mencantumkan teks yang terlalu banyak.

Informasi Visual yang Ciamik

Teks yang singkat saja tidak cukup. Sobat MEA harus menyertai gambar atau ilustrasi yang cimaik agar terlihat lebih bagus.

Informasi visual ini dapat memperjelas teks pada landing page sehingga isinya lebih mudah dipahami.

Gunakan Warna yang Menarik

Selain itu, Sobat MEA perlu menggunakan warna yang atraktif. Selain membuat landing page lebih menarik, warna yang tepat juga dapat memudahkan pengunjung memahami dan bernavigasi di halaman tersebut.

Lebih bagus lagi jika menggunakan UX landing page dengan warna dengan kontras tinggi. Pengunjung akan lebih mudah mengetahui bagian-bagian konten dan menemukan apa yang mereka cari di landing page promosimu. 

Yap, begitulah panduan mengenai cara membuat landing page yang menarik dan efektif untuk promosi bisnis. Semoga artikel ini dapat membantumu memaksimalkan fungsi landing page dalam meningkatkan konversi. Selalu pantau performa landing page melalui Google Analytics, atau tool A/B Testing untuk mengetahui keberhasilannya. Semoga bermanfaat! 

You may also like

Leave a Comment