Ternyata Gampang, Gini Cara Membuat List di WA. Bisa Untuk Jualan!

by Viki
cara membuat list di wa

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp adalah aplikasi pesan yang berguna untuk membangun komunikasi dengan teman-teman, keluarga, hingga pelanggan bisnis. Ya, WhatsApp kini bisa digunakan untuk berbisnis, sehingga Sobat MEA perlu memahami cara membuat list di WA agar performa bisnis lebih optimal.

WhatsApp sendiri memang menyediakan berbagai fitur seperti chat, telepon, video call, sampai dengan WhatsApp Story. Selain itu, ada juga fitur WhatsApp for Business yang dapat menunjang kegiatan bisnis serta mengumpulkan list data atau daftar isian.  Ini dilakukan melalui sebuah grup WA yang berkaitan dengan bisnis tersebut. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan mengenai cara berbisnis menggunakan WhatsApp utamanya bagaimana sih cara cara membuat list di WA dengan baik dan benar. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengisi List di WA

Mau tahu cara jualan online di WA yang baik dan benar?

Yuk gabung di komunitas belajar WhatsApp Marketing.GRATIS!

Sebenarnya Whatsapp belum menyediakan fitur untuk melakukan listing. Karena itu, Sobat MEA harus mengetahui cara membuat list di WA secara manual. Meskipun demikian, Sobat MEA dapat mengisi list di WA melalui HP maupun Laptop/PC dengan mudah dan cepat.  Nah berikut ini adalah cara-cara yang bisa Sobat MEA gunakan:

1. Melalui HP

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk mengisi list di WA melalui HP:

2. Melalui Laptop/PC

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk mengisi list di WA melalui Laptop/PC:

  1. Buka situs WhatsApp Web melalui browser perangkat yang digunakan, lalu masuk ke Chat ingin diisi daftar list-nya.
  2. Lalu tandai daftar list dengan mengeklik kanan pada mouse, lalu klik opsi Salin atau tekan tombol CTRL + C pada keyboard.
  3. Di kolom pengetikan pesan, tekan CTRL + V pada keyboard atau klik kanan mouse dan klik opsi Tempel.
  4. Jika sudah, Sobat MEA dapat mengisi daftar list sesuai nomor sudah ada.
  5. Terakhir, tinggal kirim kembali pesan tersebut.
  6. Selesai!

4 Cara Membuat List di WA dengan Benar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, WhatsApp belum menyediakan fitur untuk membuat list. Sehingga Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara membuat list di WA. 

Dengan demikian, Sobat MEA dapat membuatnya langsung di kolom chat dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP
  2. Masuk ke room chat, dan tuliskan judul list.
  3. Lalu lengkapi nama anggota atau orang yang ikut bergabung dalam list tersebut, dan klik tombol Kirim
  4. Selesai! Sobat MEA berhasil membuat list di WhatsApp, sehingga anggota grup yang lain bisa melanjutkan list tersebut. 

Tips Membuat List di WA

Saat membuat list di WA, ada kemungkinan terjadi kesalahan seperti nomor urut list tidak beraturan atau ada pesan yang tertimpa. Untuk mengatasinya, berikut ini ada 4 tips yang bisa Sobat MEA ikuti saat membuat list WA yang benar:

1. Jangan Mengisi List Saat Seseorang Sedang Mengetik

2. Perbaiki List Jika Ada Urutan yang Salah

Terkadang ada saja kesalahan di mana list terlihat tidak berurutan. Nah, Sobat MEA dapat memperbaikinya terlebih dahulu sambil mengisi list. Hal ini diperlukan agar anggota yang belum mengisi list tidak bingung dengan daftar urutnya. 

3. Salin Pesan List Terakhir

Selanjutnya, Sobat MEA perlu menyalin pesan list yang paling terakhir. JIka tidak, maka akan ada anggota yang tertimpa oleh daftarnya. Sehingga mereka harus mengisi list tersebut kembali.

4. Isi List dengan Cepat

Terkadang anggota grup tidak menghiraukan jika ada anggota yang sedang mengisi list. Apalagi tidak semua orang paham cara mengisi list di WA. Maka sebaiknya Sobat MEA mengisi list dengan cepat agar data tidak tertimpa dan meminimalisir kesalahan urutan dari pesan list tersebut.

Nah, begitulah penjelasan mengenai cara membuat list di WA dengan benar. Dengan begitu, Sobat MEA dapat membagikan list penting, terutama list yang berkaitan dengan penjualan. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment