8 Cara Membuat Lokasi Toko di Google Maps Agar Bisnis Gampang Ditemukan

by Viki
cara membuat lokasi toko di google maps

Sobat MEA tentu setuju bahwa Google Maps telah menjadi salah satu alat terbaik untuk mempromosikan bisnis lokal. Dengan lebih dari satu miliar pengguna, ini bisa menjadi peluang bagi pebisnis untuk mencapai lebih banyak pelanggan. Maka penting bagi mereka mengetahui cara membuat lokasi toko di Google Maps. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membahas cara membuat lokasi toko di Google Maps agar bisnismu lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari produk atau jasa yang ditawarkan.

Pentingnya Membuat Lokasi Toko di Google Maps

Mau Tahu Cara Jualan Online yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum membahas cara membuat lokasi toko di Google Maps, mari kita pahami terlebih dahulu mengapa hal ini begitu penting. Berikut beberapa alasan menambahkan alamat toko di Google Maps sangat penting, antara lain:

Visibilitas Toko

Banyak orang mencari alamat toko secara online. Google Maps adalah salah satu tempat pertama yang mereka kunjungi. Dengan menambahkan lokasi toko, Sobat MEA dapat meningkatkan visibilitas bisnismu di platform ini.

Informasi yang Akurat

Dengan menambahkan lokasi toko, Sobat MEA dapat memastikan bahwa informasi bisnismu yang muncul di Google Maps adalah akurat, termasuk alamat, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi bisnis.

Peta Interaktif

Google Maps memberikan pengguna peta interaktif yang memudahkan pelanggan menemukan lokasimu. Ini sangat membantu bagi mereka yang tidak mengenal wilayah sekitar.

Jasa Kelola Toko Online Terpercaya

Mau jualan online yang anti ribet? Percayakan urusan bisnismu pada tim kelola toko online terpercaya MEA!

Ulasan dan Penilaian

Pengarahan Langsung

Pelanggan dapat menggunakan Google Maps untuk mendapatkan arah menuju lokasi toko. Tentunya hal ini akan sangat memudahkan pelanggan untuk mengunjungimu.

Cara Membuat Lokasi Toko di Google Maps

Setelah memahami alasan pentingnya membuat lokasi toko online di Google Maps, tentu Sobat MEA penasaran dengan tutorial mengenai cara membuat lokasi toko di Google Maps, bukan? 

Dengan ini, berikut langkah-langkah untuk menambahkan lokasi toko di Google Maps dengan mudah, antara lain:

Daftar Akun Google Bisnisku

Bagi yang belum tahu, Google Bisnisku adalah platform yang memungkinkanmu mengelola informasi bisnis Anda di berbagai layanan Google, termasuk Google Maps. Untuk mulai menambahkan lokasi toko, kunjungi Google my Business melalui browser perangkat di sini

Tambahkan Lokasi Baru

Setelah memiliki akun, silakan login dan Sobat MEA akan melihat dashboard yang memungkinkanmu untuk mengelola berbagai aspek bisnis. Lalu klik Lokasi atau Lokasi Baru untuk mulai menambahkan lokasi toko Anda.

Masukkan Nama Bisnis

Selanjutnya, masukkan nama bisnis yang Sobat MEA jalani. Pastikan nama bisnis  akurat dan sesuai dengan nama yang terdaftar secara resmi.

Pilih Kategori Bisnis

jika sudah, Sobat MEA akan diminta untuk memilih kategori bisnis. Ini membantu Google memahami jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Pilih kategori yang paling relevan dengan bisnismu.

Mau Notifikasi Bisnis Selalu Berdering?

Kuasai ilmu copywriting untuk menarik minat pelanggan lebih mudah dan efektif~

Masukkan Alamat dan Kontak

Verifikasi Lokasi

Jika semua informasi di atas sudah dimasukkan, Google akan memeriksa keakuratan informasi tersebut. Sobat MEA akan diminta untuk memverifikasi lokasi dengan cara yang berbeda, seperti surat pos atau telepon. Pilih metode yang paling sesuai dan ikuti petunjuk verifikasi yang diberikan.

Atur Halaman Google My Business

Setelah informasi yang Sobat MEA berikan terverifikasi, Sobat MEA akan memiliki akses penuh ke Halaman Google My Business. Di sini, Sobat MEA dapat mengatur berbagai informasi, termasuk jam operasional, foto, ulasan, dan berbagai fitur lainnya.

Perbarui dan Kelola Secara Teratur

Pastikan untuk selalu memperbarui informasi bisnis di Google My Business secara teratur yang meliputi jam operasional yang berubah, foto baru, ulasan pelanggan, dan segala informasi penting lainnya. Semakin lengkap dan akurat informasi, semakin efektif bisnismu dapat ditemukan di Google Maps.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat lokasi toko di Google Maps. Ini merupakan salah satu langkah penting untuk mempromosikan bisnis. Dengan begitu, Sobat MEA dapat memastikan bisnis lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Sobat MEA juga dapat membangun reputasi bisnis dan menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment