Ini Dia 6 Cara Membuat Poster di Canva dengan Mudah. Gratis!

by Nabila Rubianty
cara membuat poster di canva

Seperti tujuannya, poster memang kerap kali dijadikan sebagai media informasi serta promosi. Kini, membuat poster tidak hanya selalu dicetak bahkan poster bisa dilakukan secara online. Siapapun bisa membuat poster secara online melalui aplikasi editing Canva. Lalu, bagaimana cara membuat poster di Canva?

Canva merupakan aplikasi editing terkenal yang digunakan untuk membuat poster, membuat desain grafis, membuat logo, media membuat presentasi dan lain-lain secara gratis. Canva juga menyediakan berbagai template dan elemen yang bisa digunakan. Elemen yang disediakan pun sangat unik dan berbeda dengan aplikasi editing lainnya. 

Semua pengguna Canva dapat mengakses aplikasi ini secara gratis. Namun ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan secara gratis. untuk menggunakannya, perlu memakai Canva Pro.

Table of Contents

Fitur-Fitur Canva yang Bisa Digunakan

Mau belajar desain grafis dengan gratis?
Yuk gabung ke komunitas MEA dan upgrade skill kamu bareng pelaku dan coach profesional!

Terkenal dengan aplikasi edit yang memiliki banyak fitur, maka kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk membuat desain agar terlihat lebih menarik. Apa saja fitur yang tersedia di Canva?

1. Berbagai Font dan Ukuran

Fitur pertama adalah tersedianya berbagai font yang bisa Sobat MEA gunakan. Di aplikasi Canva tersedia berbagai font yang bisa kamu gunakan sesuai keinginan dan kebutuhan.

2. Tersedia Ribuan Template Gratis

Keunggulan yang dimiliki oleh Canva yaitu memiliki ribuan template gratis dengan berbagai jenis konten visual yang siap digunakan.

3. Berkapasitas 5GB

6 Cara Membuat Poster di Canva dengan Mudah

Maksimalkan Bisnismu dengan GoWebin by MEA !
Platform profesional yang bakal bantu kamu punya website bisnis yang maksimal~

Sebagai informasi, Poster merupakan media informasi yang memuat gambar, tulisan, garis dan bertujuan untuk menyampai informasi, mempengaruhi seseorang. serta menarik perhatian masyarakat. Ketika kamu membuat sebuah poster pastikan bahasa yang kamu gunakan singkat namun jelas dan mudah dipahami oleh audiens. 

Dalam membuat poster kamu harus membuatnya semenarik mungkin, dan warna yang digunakan juga harus kontras, kuat,  dan juga tidak terlalu banyak menggunakan warna.

Tapi jika Sobat MEA tidak memiliki uang lebih untuk memakai jasa edit poster, tidak perlu khawatir karena pembuatan poster bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi editing Canva. Berikut langkah-langkah untuk cara membuat poster di Canva:

1. Membuat Desain Poster

Jika belum memiliki aplikasi Canva, Sobat MEA bisa install aplikasi Canva melalui PlayStore atau Apple Store. Setelah berhasil meng-install buka aplikasi Canva. Lalu di laman Beranda, cari atau ketikkan poster untuk mulai membuat desain poster. 

2. Memilih Template Poster

Setelah itu, Sobat MEA akan diarahkan ke template poster. Sobat MEA bisa menggunakan template poster yang disediakan dengan Klik template yang dirasa sudah sesuai dengan konsep poster kemudian klik Sesuaikan Template.

Di aplikasi Canva terdapat beberapa opsi ukuran poster, Sobat MEA bisa memilihnya sesuai dengan ukuran poster yang akan Sobat MEA cetak loh.

Adanya template yang disediakan oleh Canva sangat memudahkan terlebih bagi pemula yang tidak jago dalam hal mengedit tapi ingin membuat poster. Sesuaikan dengan konsep poster yang diinginkan. 

3. Membuat Desain Baru

4. Gunakan Fitur-Fitur Canva

Jika Sobat MEA merasa template yang digunakan kurang menarik, Sobat MEA bisa menambahkan elemen dan berbagai font gratis yang tersedia di Canva serta menambahkan tulisan yang Sobat MEA sukai.

Selain itu, Sobat MEA juga bisa menyisipkan gambar, mengganti warna yang bisa Sobat MEA sesuaikan dengan tema konsep poster yang akan dibuat. 

5. Masukkan Pesan Poster

Pikirkan dan masukkan pesan di poster yang akan dibuat. Masukkan pesan yang jelas dan singkat untuk memudahkan audiens dalam membaca informasi. 

6. Mengunduh Hasil Poster

Ketika Sobat MEA sudah selesai membuat poster sesuai konsep yang diinginkan, Sobat MEA sudah bisa mulai mengunduh hasil poster. Sobat MEA bisa mencetak poster yang telah  dibuat atau Sobat MEA perlu membagikan poster melalui media sosial.

Itu dia beberapa cara membuat poster di canva dengan mudah dan gratis untuk dilakukan melalui aplikasi Canva. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu untuk terus berkarya bagi personal maupun bisnis yang dijalankan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment