Cara Membuat Profil Toko di TikTok Shop Biar Banjir Orderan

by Fanny
cara membuat profil toko di tiktok shop

TikTok Shop adalah salah satu fitur di TikTok yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk berjualan. Sobat MEA bisa melakukan berbagai promosi seperti membuat konten sendiri mengenai produk yang dijual, menyematkan link produk pada konten, hingga mendaftarkan toko ke TikTok Shop Affiliate agar bisa dipromosikan oleh afiliator. Salah satu hal yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan cara membuat profil toko di TikTok Shop.

Tampilan toko yang menarik tentu akan membuat calon pembeli lebih penasaran dengan produk yang Sobat MEA jual. Sedangkan tampilan toko yang berantakan dengan foto yang tidak jelas akan membuat calon pembeli lebih memilih untuk mencari produk di toko lain. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan secara lengkap mengenai cara jualan di TikTok Shop dan bagaimana cara membuat profil toko di TikTok Shop. Yuk simak!

Table of Contents

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

buku tiktok shop

Sebelum membagikan cara jualan dan cara membuat profil toko di TikTok Shop, Sobat MEA harus memiliki akun TikTok Shop terlebih dahulu. Namun sebelum itu, Sobat MEA harus memenuhi syarat pembuatan TikTok Shop di bawah ini:

  • Pastikan Sobat MEA tidak menggunakan TikTok dalam versi Lite karena aplikasi versi ini tidak bisa digunakan untuk mengakses TikTok Shop.
  • Sobat MEA harus memiliki minimal 2.000 pengikut.
  • Akun Sobat MEA harus aktif yang dibuktikan dengan memiliki 50 video yang memiliki minimal tampilan dalam 28 hari terakhir.
  • TikTok Shop hanya bisa dibuat oleh pengguna yang sudah berusia 18 tahun.

Setelah memenuhi semua syarat di atas, Sobat MEA bisa melanjutkan pembuatan TikTok Shop dengan langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat Sobat MEA.
  • Masuk ke menu Profil dengan klik foto profil di sebelah kanan bawah.
  • Klik ikon titik tiga di sebelah kanan atas, lalu pilih Creator Tools.
  • Klik menu Monetization dan lanjutkan dengan klik OK.
  • Akan muncul pop up yang meminta Sobat MEA untuk memberikan persetujuan pada syarat dan ketentuan yang ada. Klik box hingga muncul tanda checklist.
  • Selanjutnya, TikTok akan melakukan verifikasi akun Sobat MEA dan memberikan patch TikTok Shop jika sudah diverifikasi.
Artikel Terkait  5 Cara Top Up Koin TikTok Paling Murah dan Wajib Kamu Tahu. Simak!

4 Cara Membuat Profil Toko di TikTok Shop

Mau konten TikTok Shop kamu masuk FYP terus?
Yuk belajar langsung dari ahlinya dengan gabung ke komunitas di sini. Gratis!

Salah satu cara untuk mempromosikan produk di TikTok Shop adalah dengan membuat konten di TikTok. Jangan lupa untuk memasukkan link produk agar audiens bisa langsung mengklik produk dan membelinya. Lalu, bagaimana jika konten sudah bagus, sudah meraih banyak interaksi, namun jumlah pengikut dan penjualan tidak ada peningkatkan? Apa yang salah?

Wah, jangan-jangan karena tampilan profil toko Sobat MEA yang tidak menarik dan gagal mempersuasi audiens untuk mengikuti akun dan membeli produk? Gini, deh. Bayangkan Sobat MEA adalah seorang pembeli kemudian melihat ada konten yang menarik. Lalu setelah dibuka akunnya, ternyata tampilannya berantakan, tidak ada informasi tambahan mengenai toko atau produk, dan jumlah pengikut yang masih sedikit.

Hal tersebut akan menurunkan minat belanja audiens karena sebagai pembeli, tentunya mereka ingin mendapatkan produk dari toko yang jelas dan kredibel. Untuk itu, Sobat MEA bisa mencoba melakukan cara membuat profil toko di TikTok Shop di bawah ini:

1. Display Picture

cara membuat profil toko di TikTok Shop

Display picture adalah sesuatu yang mewakili brand Sobat MEA. Untuk itu, pastikan Sobat MEA menggunakan display picture yang mampu merepresentasikan bisnis yang dijalankan. Pastikan juga Sobat MEA menggunakan display picture yang unik sehingga mudah untuk dikenali.

2. Bio Profil Akun

Bingung Cara Membuat Tampilan TikTok Shop yang Menarik?
Pakai Jasa Kelola TikTok Shop aja biar tokomu lebih unik dan menarik dari toko lain!

Banyak pengguna yang bingung ingin menuliskan apa di bio mereka. Padahal menuliskan bio ini penting agar Sobat MEA bisa memberikan informasi mengenai bisnis kepada audiens. Dan jangan salah, membuat bio ini tidak bisa sembarangan. Harus pakai rumus. Kira-kira begini rumusnya:

[Sobat MEA itu siapa] yang membantu [target market] untuk mendapatkan atau mengurangi resiko [harapan atau ketakutan audiens] melalui [produk].

Misalnya saja toko Sobat MEA menyediakan berbagai perlengkapan mendaki. Maka, cara membuat profil toko di TikTok Shop berdasarkan rumus di atas adalah sebagai berikut:

[Pusat perlengkapan mendaki] yang membantu [para pendaki pemula hingga profesional] untuk mampu mencapai puncak [dengan aman dan selamat] melalui [perlengkapan yang sudah sesuai SNI].

Dengan begitu, audiens akan langsung mengetahui produk apa saja yang akan mereka lihat dan cari setelah membaca bio akun Sobat MEA. Tentu Sobat MEA bebas mengkombinasikan kalimat dalam bio sesuai dengan bisnis yang dijalankan dan bagaimana karakter target marketnya-nya.

3. Playlist Video

cara membuat profil toko di TikTok Shop

Saat ini, TikTok sudah menyediakan playlist video di mana Sobat MEA bisa menggabungkan video dengan kategori yang sama. Seperti misalnya saja Sobat MEA membuat video tentang cara pemasangan tenda, maka Sobat MEA bisa membuat beberapa video yang berbeda dengan topik yang sama, lalu memasukkannya ke dalam kategori playlist yang sama.

4. Pinned Video

Ada juga fitur pinned video yang bisa Sobat MEA gunakan untuk menyematkan 3 video di bagian teratas. Kami sarankan agar Sobat MEA memilih 3 video yang berisi tentang produk terlaris atau video dengan engagement yang tinggi untuk menarik perhatian audiens.

Sekian pembahasan mengenai 4 cara membuat profil toko di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment