5 Cara Membuat Summary di Linkedin yang Menarik HRD!

by Bimboi
cara membuat summary di linkedin

Para pencari kerja alias job seeker tentunya akrab sekali dengan CV, resume, dan juga summary. Karena komponen-komponen yang telah disebut penulis di atas adalah komponen yang wajib diketahui job seeker. Karena untuk melamar sebuah pekerjaan Sobat MEA wajib tahu cara membuat summary di LinkedIn, CV, dan juga resume.

Dengan adanya resume, membantu tim rekrutmen dalam mengenali Sobat MEA dan juga mengetahui beberapa informasi terkait Sobat MEA yang menunjang untuk dijadikan kandidat dalam sebuah perusahaan. Lalu, bagimana cara membuat  summary di Linkedin? 

Jangan ke mana-mana! Karena penulis akan menjelaskan  bagaimana cara membuat summary di LinkedIn di sini! Yuk baca artikel ini sampai habis! 

Table of Contents

Apa itu Summary di LinkedIn?

Saatnya kamu upgrade banyak skill dan pengetahuan!
Gabung ke grup Komunitas Belajar MEA sekarang juga. Upgrade skill bareng anggota lainnya!

Summary di Linkedin merupakan sebuah biodata yang berisikan paragraf teks yang ada pada sebelum bagian pengalaman kerja. Summary ini hanya memiliki limit 2,600 kata. Sehingga hanya tiga sampai empat baris pertama saja yang dapat kita lihat. Dan harus mengklik “Baca Selengkapnya” untuk mengetahui keseluruhan isi sebuah summary. 

Sehingga, Sobat MEA wajib mengisi summary di Linkedin dengan kalimat yang menarik perihal skill, pengalaman kerja, hingga minat Sobat MEA. Summary ini bisa Sobat MEA anggap sebagai salah satu “senjata” untuk memikat hati para HRD. 

Karena summary ini sangat penting, Sobat MEA atau job seeker wajib untuk mengetahui cara membuat summary di Linkedin yang akan penulis sampaikan di bawah ini. Yuk baca sampai habis! 

Cara Membuat Summary di Linkedin

Saatnya punya landing page untuk personal brandingmu!
Pakai saja Gowebin dari MEA. Dapatkan ribuan template landing page terbaik sesuai kebutuhan!

Buat Garis Besar Summary

Agar tidak bertele-tele dan keluar dari konteks, Sobat MEA bisa memulai dari membuat garis besar atau outline  tentang poin-poin apa saja yang akan disampaikan pada sebuah summary. Sobat MEA bisa mencoba mengikuti format di bawah ini: 

  1. Hook: Merupakan kalimat yang membuat pembaca terdiam sesaat dan melanjutkan membaca sebuah tulisan tersebut hingga akhir. Bahkan perekrut jika tertarik akan membaca summary Sobat MEA sampai habis!
  2. Misi: Sobat MEA bisa menyampaikan apa yang sedang Sobat MEA lakukan saat ini. 
  3. Skills: Jangan lupa untuk menuliskan skills yang Sobat MEA miliki dan relevan dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini. 
  4. Prestasi:Tunjukkan prestasi yang telah Sobat MEA dapatkan melalui skills yang dimiliki.  
  5. Call to Action (CTA): call to action merupakan sebuah kalimat ajakan untuk melakukan sesuatu. Sisipkan CTA untuk menghubungi Sobat MEA setelah mereka membaca summary Sobat MEA. 

Berikan Kesan yang Memukau Sejak Awal

Kesan pertama menjadi hal yang penting di sini. Karena dengan memberikan kesan pertaa yang baik, membantu Sobat MEA dan job seeker dalam mendapatkan hati para rekruter. Sobat MEA dapat menggunakan kalimat yang menarik di awal summary  Linkedin. Kalimat ini dapat berupa apa yang membedakan Sobat MEA dari kandidat lain, soft skill dan hardskill apa yang membantu Sobat MEA dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. 

Ceritakan Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja menjadi salah satu bagian yang dipertimbangkan rekruter. Apakah dengan pengalaman yang dimiliki Sobat MEA relevan dengan pekerjaan yang dilamar atau tidak. Meskipun Linkedin memiliki fitur khusus di mana Sobat MEA bisa menaruh pengalaman kerja, tapi menaruh pengalaman kerja di summary tetap diperlukan. Jika Sobat MEA belum memiliki pengalaman kerja, tenang saja! Karena Sobat MEA bisa menaruh pengalaman magang, organisasi, atau kepanitiaan yang telah diikuti.

Artikel Terkait  Lebih Simpel, Ini 6 Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi!

Ceritakan Skill yang Dimiliki

Selain pengalaman kerja, skill menjadi aspek penting lainnya yang dapat mengantarkan Sobat MEA untuk memiliki pekerjaan. skills ini dapat berupa soft skill atau hard skill yang Sobat MEA pakai saat bekerja. Jika Sobat MEA baru saja lulus dari perkuliahan atau sekolah, Sobat MEA bisa mencantumkan keahlian yang dimiliki saat berorganisasi atau kepanitiaan. 

Sisipkan CTA Beserta Kontak InformasI

Sebagai penutup resume, Sobat MEA dapat mencantumkan call to action atau kalimat ajakan untuk menghubungi Sobat MEA melalui informasi kontak yang tertera. Jika Sobat MEA ingin mendapatkan panggilan pekerjaan dari orang yang mengunjungi profil, Sobat MEA bisa mengakhiri dengan mengajak pengunjung prodil untuk menghubungi Sobat MEA. 

Selain resume, Sobat MEA juga bisa meningkatkan persentase untuk diajak bekerja sama dengan mulai membuat konten di Linkedin

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat dan lekas mendapat pekerjaan bagi Sobat MEA dan job seeker! Salam satu juta pembeli! 

You may also like

Leave a Comment