5 Cara Membuat Tampilan Instagram Menarik Untuk Bisnis. Pahami Dulu!

by Fanny
cara membuat tampilan instagram menarik

Konsep jual beli secara online dan offline sebenarnya serupa, hanya prosesnya saja yang berbeda. Hal ini berarti bahwa cara untuk mencuri perhatian konsumen bisa Sobat MEA adaptasi dari cara pemasaran toko offline. Inilah mengapa penting bagi Sobat MEA untuk mengetahui cara membuat tampilan Instagram menarik untuk bisnis online.

Seperti contohnya jika Sobat MEA pergi ke pasar, Sobat MEA akan menemukan berbagai jenis toko. Misalnya saja Sobat MEA ingin membeli baju, lalu ada 2 toko yang berseberangan. Toko pertama terlihat terang, rapi, dan menunjukkan produk dengan jelas. Sedangkan toko kedua membuat Sobat MEA perlu menyipitkan mata karena produknya yang tidak terlalu jelas. Toko mana yang ingin Sobat MEA kunjungi? Pasti toko yang pertama bukan?

Mengingat tampilan toko menjadi salah satu yang bisa menarik konsumen secara offline, begitu pula yang terjadi ketika Sobat MEA berbisnis online terutama di Instagram. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara membuat tampilan Instagram menarik untuk bisnis agar Sobat MEA bisa menjangkau semakin banyak audiens. Simak cara selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Feed Instagram?

Nggak perlu bingung lagi soal jualan di Instagram

Kalau gabung ke Komunitas Seller Sosial media MEA yang dipandu oleh coach profesional secara gratis yang bisa kamu ikuti di sini!

Dengan tampilan 3 kolom mendatar yang bisa Sobat MEA atur sedemikian rupa untuk membuat tampilan yang menarik dan tertata rapi. Contohnya Sobat MEA bisa menempatkan unggahan carousel di sebelah kiri tengah berupa reels, dan sebelah kanan berupa single image. Sobat MEA bisa membuat unggahan seperti ini atau desain lainnya.

Selain membuat tampilan lebih rapi, hal ini juga memudahkan Sobat MEA untuk mengatur jadwal dan tema unggahan setiap harinya. Kalau memang Sobat MEA masih bingung dengan cara membuat tampilan Instagram menarik untuk bisnis, yuk langsung simak 5 cara yang bisa Sobat MEA coba berikut ini!

5 Cara Membuat Tampilan Instagram Menarik

Nggak punya waktu buat bikin konten Instagram?

Tenang aja, ada Tim MEA yang siap membantu dan mengelola akun Instagram Sobat MEA!

Tampilan Instagram yang menarik akan meningkatkan keinginan pengguna untuk mencari tahu lebih banyak mengenai barang atau jasa yang Sobat MEA tawarkan. Sebagai pembeli, pastinya Sobat MEA juga akan lebih tertarik dengan toko online yang tampilannya rapi dan feed-nya menarik bukan? Karena itu, yuk ikuti 5 cara membuat tampilan Instagram menarik ini untuk menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan pembelian!

1. Tentukan Tema atau Konsep Akun

Cara membuat tampilan Instagram menarik yang pertama adalah menentukan tema akun. Apakah Sobat MEA ingin kontennya berisi full jualan, atau edukasi, atau game, atau kombinasi dari ketiganya. Agar tampilannya menarik, pastikan juga Sobat MEA menentukan warna brand agar produk semakin mudah diingat dan dikenali.

Topik unggahan ini juga bisa Sobat MEA sesuaikan dengan kebutuhan konten, sehingga bentuknya lebih fleksibel, terutama jika Sobat MEA juga ingin mengikuti trend.

2. Membuat Grid Layout

Makin cuan dengan ngiklan

Dengan gabung ke Kelas FB & IG Ads biar kamu bisa ngiklan sendiri tanpa takut boncos!

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas mengenai layout Instagram, ada baiknya Sobat MEA memanfaatkannya untuk cara membuat tampilan Instagram menarik dan aesthetic. Dengan menentukan grid layout, Sobat MEA bisa membuat template yang terlihat nyambung atau terdiri dari satu-kesatuan ketika dilihat secara keseluruhan. 

Sobat MEA bisa membuat grid layout ini menggunakan aplikasi seperti Canva maupun aplikasi-aplikasi desain online lainnya. Nah, ada beberapa grid layout yang bisa Sobat MEA coba. Berikut 4 jenisnya:

  1. Puzzle Feed: grid layout yang membuat unggahan Sobat MEA di Instagram terlihat menyambung.
  2. Tiles Feed: grid layout dengan unggahan selang-seling, seperti foto produk, lalu game, kemudian tips, atau bisa kombinasi lainnya.
  3. Horizontal Lines: layout dengan memanfaatkan tiga baris horizontal feed untuk mengunggah konten dengan tema yang sama, seperti pada contoh di atas.
  4. Border: menggunakan border atau garis konten yang sama pada setiap unggahan agar terlihat rapi.

3. Pilih Skema Warna

Pemilihan warna menjadi salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam cara membuat tampilan Instagram menarik. Pastikan warna yang Sobat MEA pilih sudah sesuai dengan branding produk dan konsisten untuk menggunakannya dalam berbagai jenis konten.

4. Atur Tata Letak Foto

cara membuat tampilan instagram menarik

Agar cara membuat tampilan Instagram menarik bisa berhasil, Sobat MEA juga perlu mempertimbangkan tata letak foto. Karena jika pengguna Instagram melihat akun Sobat MEA untuk pertama kalinya, hal pertama yang mereka lakukan adalah melihat unggahan secara keseluruhan. Jadi pastikan tata letak foto untuk setiap unggahan ditata dengan baik agar tampilan feed akun bisnis Sobat MEA terlihat menarik!

5. Lengkapi Informasi Akun

Tidak hanya tampilan feed saja yang perlu dirapikan, namun informasi akun juga harus jelas. Seperti pemilihan nama akun yang sama dengan nama brand sangat direkomendasikan karena akan memudahkan audiens untuk mengingatnya. Masukkan juga bio yang berisi detail produk, informasi toko offline maupun online, kontak yang bisa dihubungi, dan informasi penting lainnya.

Sobat MEA juga bisa memasukkan linktree yang berisi link menuju toko online di marketplace, website, WhatsApp, hingga link untuk menunjukkan testimoni produk. Hal ini penting agar calon konsumen bisa mengunjungi situs ataupun toko online Sobat MEA pilihan mereka untuk melakukan pembelian.

Itu dia 5 cara membuat tampilan Instagram menarik yang bisa Sobat MEA ikuti untuk menghasilkan feed Instagram yang menarik perhatian audiens. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips jualan di Instagram dan sosial media lainnya biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment