Cara Membuat TikTok Q&A untuk Tingkatkan Interaksi Akun

by Viki
apa itu TikTok Insight

Akhir-akhir ini, TikTok menghadirkan fitur Q&A atau tanya jawab yang bisa digunakan untuk memberikan atau menjawab pertanyaan dari pengguna lain. Sehingga fitur ini memudahkan penggunanya untuk membagikan informasi produk atau layanan. Untuk hal ini, mari pahami cara membuat TikTok Q&A. 

Hal ini tentunya juga akan memudahkanmu untuk berinteraksi dengan audiens, karena setiap pertanyaan bisa dijawab langsung, baik melalui teks maupun video. 

Adapun untuk membuatnya, pastikan Sobat MEA telah mengaktifkan fitur Q&A di TikTok melalui alat kreator yang ada di bagian pengaturan dan privasi. Di artikel ini, MiMe akan berbagi panduan mengenai cara membuat TikTok Q&A. Simak!

Table of Contents

Apa itu TikTok Q&A?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman TikTok, Q&A adalah sebuah fitur yang dapat menjadi cara baru bagi penonton dan kreator untuk terhubung di TikTok. Dengan fitur tanya jawab ini, Sobat MEA dapat bertanya atau menjawab pertanyaan di aplikasi. Jika Sobat MEA menemukan pertanyaan yang menarik, Sobat MEA bisa langsung melihat jawaban orang lain dan memberikan jawabanmu sendiri.

Pertanyaan dan jawaban tersebuut akan dicatat pada tabnya masing-masing, Sobat MEA bisa melihatnya kembali nanti. Bahkan Sobat MEA dapat mengundang pengguna TikTok lain untuk menjawab pertanyaan dalam bentuk video dan berdurasi antara 15 detik hingga tiga menit.

Manfaat Menggunakan TikTok Q&A

Tingkatkan performa akun TikTok bareng MCN TikTok MEA!
Karena kamu bakal dapatkan kolaborasi hebat yang profesional hingga bimbingan dari mentor expert~

Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa fitur Q&A dari TikTok sangat penting untuk digunakan. Tentunya fitur ini memiliki beberapa manfaat yang penting bagi akun. Berikut uraiannya:

  • Membantumu dalam mendapatkan jawaban cepat atas pertanyaan paling mendesak seperti Quora.
  • Pertanyaan dan jawaban dalam Q&A TikTok berasal dari banyak orang dan memberikan perspektif baru untuk berbagai topik.
  • Membantumu untuk terhubung dengan audiens dengan lebih baik melalui video jawaban daripada jawaban berbasis teks.

Kendati demikian, Sobat MEA tetap harus sabar memilih beberapa jawaban yang tepat dan relevan. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu mengenal lebih lanjut mengenai cara membuat TikTok Q&A ini. 

Cara Mengaktifkan TikTok Q&A

Sebelumnya, pastikan Sobat MEA sudah mengaktifkan fitur tanya jawab TikTok. Kemudian pengguna lain dapat melihat jawabanmu dengan mengetuk Tanya Jawab yang ada di profilmu. Adapun cara mengaktifkan TikTok Q&A yang bisa dilakukan, berikut tutorialnya:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP. Pastikan sudah login akun. 
  2. Pilih menu Profil yang ada di pojok kanan bawah. 
  3. Lalu pilih ikon Tiga Garis di pojok kanan atas, dan pilih opsi Alat Pembuat.
  4. Di sini, Sobat MEA dapat melihat analitik dan mendapatkan wawasan tentang video dan audiens hingga mengakses Portal Pembuat dan pengaturan iklan di TikTok.
  5. Akses area fitur Q&A dengan mengeklik Tanya Jawab
  6. Selanjutnya klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas untuk membuka pengaturan Tanya Jawab dan mengaktifkan tombol Tampilkan di Profil
  7. Setelah itu, fitur Q&A akan muncul di profil TikTok
Artikel Terkait  Tutorial Simpel Cara Mengedit Video yang Lagi Viral di TikTok

Cara Membuat TikTok Q&A dengan Mudah

Nah, jika Sobat MEA sudah mengaktifkan fitur Q&A, kini Sobat MEA sudah bisa menggunakannya untuk membuat video Tanya Jawab di TikTok. Untuk membuka halaman Tanya Jawab Saya, pilih Profil > ikon Tiga GarisAlat Pembuat Konten > Tanya Jawab.

Adapun cara membuat TikTok Q&A, berikut langkah-langkah untuk bertanya, menjawab, maupun melihat pertanyaan dan jawaban:

Melihat Pertanyaan dan Jawaban Pertanyaan Orang Lain

Di bawah Tab yang Disarankan, Sobat MEA dapat menemukan daftar pertanyaan dan jawaban dari pengguna lain. Scroll ke atas untuk melihat berbagai pertanyaan dan jawabannya.

Untuk setiap pertanyaan tersebut, Sobat MEA akan melihat nama pengguna orang yang bertanya serta jumlah tanggapan atau jawaban video yang diterima.

Menjawab Pertanyaan Orang Lain

Jika ingin menjawab pertanyaan orang lain, Sobat MEA bisa mengakses tab “Disarankan”. Kemudian arahkan ke pertanyaan tersebut dan klik tombol Jawab di sebelah kanan.

Pilih berapa lama durasi jawaban video bertahan, lalu klik tombol Ambil. Jika sudah, klik tanda Centang. Sobat MEA juga bisa menambahkan suara, efek, hingga menggunakan sulih suara. Jika sudah sesuai, klik Berikutnya > Posting > Selesai.

Mengajukan Pertanyaan Sendiri

Jika Sobat MEA memiliki pertanyaan sendiri, Sobat MEA perlu membuka halaman Tanya Jawab Saya dan klik Ajukan Pertanyaan.

Kemudian Sobat MEA bisa mengajukan pertanyaan dalam bentuk teks atau video. Untuk teks, silakan ketik pertanyaan di bidang Apa yang ingin Anda ketahui dan klik Posting. Sobat MEA juga dapat mengeklik Undang untuk langsung meminta kontak menjawab pertanyaanmu. 

Melacak Pertanyaan dan Jawaban Sendiri

Demikian informasi mengenai cara membuat TikTok Q&A yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performa akun TikTok sebagai content creator. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu untuk selalu menghadirkan karya terbaik. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment