Gak Ribet! Ini 2 Cara Membuat Video di YouTube Lewat HP!

by Bimboi
cara membuat video di youtube lewat hp

Bagi Sobat MEA yang ingin menjadi konten kreator, pasti bingung bagaimana cara membuat video di YouTube lewat HP. Benar nggak? Padahal langkah paling mudah dalam membuat konten adalah menggunakan HP. Selain efisien, YouTube Mobile juga tidak memiliki banyak tab dan tahapan yang harus dilalui. 

Tapi terkadang, sebagian pengguna justru lebih terbiasa menggunakan PC, sehingga ketika butuh YouTube Mobile, mereka kesulitan. Tapi tenang saja, penulis akan membocorkan rahasia cara membuat video di YouTube lewat HP dengan mudah. So, baca tulisan ini sampai habis ya, Sobat MEA! 

Table of Contents

Hal-Hal yang Diperlukan Konten YouTube

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Menjadi seorang konten kreator menjadi hal yang digandrungi oleh banyak orang. Terlihat dari pertumbuhan kreator di Indonesia yang semakin tinggi danmenghasilkan. Sehingga hampir semua orang berbondong-bondong ingin menjadi konten kreator. Tapi tidak sedikit orang yang kurang beruntung bisa melakoni pekerjaan ini karena keterbatasan sumber daya dan juga pengetahuan. 

Tapi, Sobat MEA tidak perlu khawatir! Karena membuat sebuah konten di YouTube tidak perlu banyak uang dan alat yang canggih. Bahkan Sobat MEA cukup membutuhkan HP sebagai modal utama dalam membuat sebuah konten. 

Tapi sebelum membuat konten di YouTube, ada beberapa hal yang Sobat MEA harus perhatikan Apa saja itu? Berikut penjelasannya!

Membuat Akun Google

Membuat Kanal atau Channel YouTube

Yuk perluas jangkauan konten bareng MCN MEA dan mentor expertnya!
Bukan cuman YouTube yang akan viral, bahkan penjualanmu di TikTok beserta komisi TikTok Affiliatemu juga berpotensi tinggi~

Setelah membuat akun Google, Sobat MEA bisa mengakses aplikasi YouTube yang bisa diunduh di Google Playstore atau AppStore (iOS). Kemudian, saat membuka aplikasi YouTube, Sobat MEA akan diarahkan untuk membuat channel dengan mengisi beberapa data informasi yang diperlukan. 

Jika Sobat MEA ingin membuat channel untuk kepentingan bisnis, Sobat MEA bisa mengikuti cara di bawah ini: 

  • Kunjungi situs web YouTube melalui browser perangkat.
  • Login ke akun Google milikmu. 
  • Kemudian buka Daftar Channel.
  • Ketuk Buat Channel Baru, lalu Isi detail channel baru, dimulai dari nama, deskripsi, dan pengaturan lainnya.
  • Verifikasi akun melalui email dan klik tombol Selesai.
  • Kanal atau channel bisnis Sobat MEA sudah bisa digunakan!

Cara Membuat Video YouTube Lewat HP

Setelah memahami hal-hal di atas, Sobat MEA sudah bisa mulai mengunggah video di YouTube lewat hp. berikut cara membuat video YouTube lewat HP yang diperlukan sesuai jenis perangkatnya:

Cara Membuat Video YouTube Lewat Android

  • Buka aplikasi YouTube di HP.
  • Klik Buat (+) lalu pilih Upload Video.
  • Pilih file yang ingin di upload, Kemudian klik Berikutnya.
  • Jika file video berdurasi 60 detik atau kurang dengan rasio lebar lebih tinggi persegi, atau berbentuk vertikal, video yang diunggah akan masuk ke kategori video Shorts. 
  • Jika durasi video lebih dari 60 detik dan memiliki rasio lebar lebih tinggi persegi, atau vertikal, Sobat MEA bisa melakukan opsi Edit Menjadi Video Shorts untuk memangkas durasi video dan mengunggah video tersebut sebagai Shorts.
Artikel Terkait  Apa itu SEO Instagram dan 5 Cara Optimasinya. Mudah!

Cara Membuat Video YouTube Lewat iPhone

  • Buka aplikasi YouTube di HP. 
  • Klik Buat (+) lalu pilih Upload Video.
  • Pilih file yang ingin di upload. Kemudian klik Berikutnya.
  • Jika file video berdurasi 60 detik atau kurang dengan rasio lebar lebih tinggi persegi, atau berbentuk vertikal, video yang diunggah akan masuk ke kategori video Shorts. 
  • Jika durasi video lebih dari 60 detik dan memiliki rasio lebar lebih tinggi persegi, atau vertikal, Sobat MEA bisa melakukan opsi Edit Menjadi Video Shorts untuk memangkas durasi video dan mengunggah video tersebut sebagai Shorts.

Jika Sobat MEA ingin berfokus menjadi kreator konten YouTube, jangan lupa untuk mempelajari SEO YouTube. Sebagaimana kini teknik SEO pun diterapkan oleh YouTube untuk membuat videomu berada di posisi teratas Google. 

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa Sobat MEA terapkan untuk memulai konten pertamanya di YouTube. Salam satu juta pembeli! 

You may also like

Leave a Comment