Ternyata Mudah Loh Cara Membuat Video Menjadi HD di Capcut. Begini Tutorialnya!

by Viki
cara membuat video menjadi HD di capcut

Dalam membuat video, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tampilan videonya. Banyak kreator yang mempermasalahkan kualitas video setelah di ekspor. Pasalnya video yang tidak jernih membuat viewers tidak puas sehingga memberikan komentar yang negatif. Sehingga Sobat MEA perlu mengatasinya dengan cara membuat video menjadi HD di Capcut. Agar viewers pun lebih nyaman dalam menontonnya. 

Ingin Jadi Kreator Capcut yang Top?
Yuk gabung komunitas Kreator Capcut Ini! Ada banyak insight, ide, forum diskusi, bahkan bimbingan khusus untuk para calon kreator berkualitas!

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas video dengan melakukan beberapa pengaturan dalam editing video maupun saat mengekspornya. Dan kini membuat kualitas video menjadi HD bisa Sobat MEA lakukan melalui Capcut.

Nah pada artikel ini, MiMe akan membagikan mengenai cara membuat video HD di Capcut. Harapannya video yang Sobat MEA ekspor bisa menjadi lebih menarik. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan di bawah ini!

Table of Contents

Mengenal Video HD

Menjadi Konten Kreator Pasti Ingin Cuan, Bukan?
Nah, kamu bisa wujudkan lewat kerja sama bareng seller potensial di MCN TikTok MEA! Full bimbingan kok~

Setiap penonton pasti ingin melihat video yang nyaman ditonton. Itulah mengapa seiring perkembangan teknologi, content creator dituntut untuk membagikan video HD pada platform media sosialnya agar ditonton oleh banyak orang. Melansir laman VSS Monitoring, HD atau High Definition merupakan resolusi video yang lebih tinggi daripada video standar atau video biasa.

Laman Crisp juga mengatakan bahwa video HD dapat mendatangkan beberapa keuntungan lainnya seperti menambah pengunjung, meningkatkan reputasi suatu merek, hingga menambah peluang datangnya konsumen baru.

Itulah mengapa penonton lebih tertarik dengan apa yang disampaikan dalam video karena mereka dimanjakan dengan kualitas gambar yang tinggi tersebut. 

Cara Menjernihkan Video di Capcut

Sebagai informasi, Capcut memiliki banyak pengguna dan memiliki fungsi untuk mengedit video. Aplikasi edit video ini lantas menjadi favorit karena beragam fitur menarik dan efek cantik untuk membuat video tampak lebih ciamik lagi.

Salah satu kelebihannya yang bisa Sobat MEA manfaatkan adalah kemampuan untuk membuat video menjadi lebih jernih dan terlihat HD. Alhasil, banyak kreator yang menggunakan Capcut untuk video mereka. Selain itu, Capcut juga bisa membantu kreator membuat video jedag jedug, edit video transisi, dan lain sebagainya. 

Sobat MEA tentu setuju bahwa video berkualitas cenderung lebih nyaman untuk ditonton. Maka jangan heran jika banyak audiens atau bahkan konsumen lebih memilih videografer profesional. Tapi tenang, ada 2 cara membuat video HD di Capcut. Simak tutorial mengubah video menjadi hd di Capcut berikut ini.

Melalui HP

  1. Buka aplikasi Capcut di HP.
  2. Pilih ikon (+) atau New Project untuk memulainya.
  3. Lalu mulailah jernihkan dengan pilih video yang di inginkan. 
  4. pilih menu Overlay dan klik Tambah overlay.
  5. Tambahkan foto hitam yang ada di galeri, lalu klik Tambah.
  6. Selanjutnya sesuaikan foto hitam tersebut hingga memenuhi layer. 
  7. Tentukan durasi foto hitam yang sesuai sesuai dengan video utama.
  8. Jika sudah, klik Gabungkan dan pilih opsi Lembut. Turunkan opasitasnya hingga 75 atau 85.
  9. Lanjut ke bagian Filter, tingkatkan Saturasi dan Pencahayaan. Sesuaikan dengan kebutuhan video, contohnya dengan skala 10 sampai 20.
  10. Tentukan juga durasi filter yang sesuai dengan video utama.
  11. Jika sudah sesuai, silahkan Export video untuk simpan ke galerimu. Tapi ganti resolusinya menjadi 1080p terlebih dahulu.
  12. Selesai! Sobat MEA bisa memiliki video dengan kualitas HD.
Artikel Terkait  5 Aplikasi Download Story WA Terbaik Beserta Caranya! Pasti Berhasil~

Melalui Laptop/PC

  1. Kunjungi situs web Capcut melalui browser di perangkat.
  2. Login menggunakan akun Google, Tiktok atau media sosial lainnya. 
  3. Lalu pilih Start Creating untuk mulai membuat video HD.
  4. Di menu Media, pilih opsi Import.
  5. Masukkan video atau cuplikan dari galeri yang ingin diedit.
  6.  Selanjutnya, klik Add to Track dan drag video ke halaman timeline.
  7. Klik ikon Klik di halaman yang sama. 
  8. Lalu pilih Adjustment dan sesuaikan pengaturan yang diinginkan.
  9. Jika sudah, kembali ke halaman utama, dan klik Export di pojok kanan atas. 
  10. Buka menu Bar Resolution, dan pilih tingkat resolusi yang diinginkan. 
  11. Terakhir, klik tombol Export lagi untuk menyimpan video.
  12. Selesai! Sobat MEA bisa memiliki video dengan kualitas HD.
  13.  

Demikian penjelasan mengenai cara membuat video menjadi HD di Capcut. Untuk hasilnya memang tidak menjamim 100% berhasil. Hanya saja jika Sobat MEA ikuti langkah-langkahnya dengan teliti, bukan tidak mungkin cara tersebut membuatmu berhasil menciptakan video yanng lebih berkualitas. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment