Tutorial Cara Membuat Website Gratis di Google. Semudah itu!

by Fanny
cara membuat website gratis di google

Website menjadi salah satu platform yang bisa digunakan oleh banyak orang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Sobat MEA bisa memiliki website untuk keperluan pribadi, sebagai tempat untuk menampilkan portofolio, sebagai platform untuk menawarkan jasa freelance, hingga tempat untuk memberikan informasi mengenai produk yang dijual. Inilah mengapa banyak orang yang mencari cara membuat website gratis di Google.

Seperti yang kita ketahui, membuat website yang profesional membutuhkan biaya yang bisa mencapai harga jutaan untuk membuatnya. Tapi tenang aja, Sobat MEA tetap bisa memiliki website sendiri dengan mengikuti cara membuat website gratis di Google Sites yang akan kami bagikan di sini. Yuk simak!

Table of Contents

Apa itu Google Sites?

Yuk belajar bisnis online dari ahlinya langsung!
Gabung ke komunitasnya sekarang dan dapatkan tips bisnis online dari pebisnis berpengalaman. Gratis!

Sebelum membagikan cara membuat website gratis di Google, Sobat MEA perlu mengetahui layanan Google Sites terlebih dahulu. Jadi, Google Sites adalah salah satu layanan dari Google Workspace yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk membuat website sederhana secara gratis.

Google Sites ini menyediakan fitur lengkap yang bisa membantu Sobat MEA membuat website dengan lebih mudah dan tampilan yang menarik. Sobat MEA juga bisa memilih template website yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan dan branding yang diinginkan. Ada berbagai tools yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkatkan user experience bagi pengguna yang mengunjungi halaman website Sobat MEA.

7 Langkah Cara Membuat Website Gratis di Google

Saatnya bikin website bisnis profesional tanpa ribet desain dan coding!
Coba pakai Gowebin sekarang juga!

1. Buka Google Sites

Langkah pertama dalam cara membuat website gratis di Google Sites adalah Sobat MEA cukup membuka browser, kemudian lanjutkan dengan mengakses Google Sites. Sobat MEA akan secara otomatis masuk dengan menggunakan alamat email yang dipakai untuk mengakses browser.

2. Pilih Template

cara membuat website gratis di Google

Setelah berhasil masuk, Sobat MEA akan dibawa ke halaman Dashboard Google Sites yang berisi berbagai macam template website yang bisa langsung Sobat MEA pilih. Jika ingin membuat website dari awal, Sobat MEA bisa klik Blank Site dengan tanda + di sebelah kiri atas.

3. Buat Website

Jika sudah memilih template yang diinginkan, Sobat MEA bisa melanjutkan cara membuat website gratis di Google Sites dengan mengisikan header, sub header, dan komponen lainnya sesuai dengan kebutuhan website yang diinginkan. Masukkan juga gambar yang ingin ditampilkan pada website.

Di sini, Sobat MEA bisa mengatur jenis dan ukuran font yang diinginkan, memasukkan dokumen, alamat di Google Maps, menambahkan button, dan masih banyak lainnya.

4. Mendesain Website

cara membuat website gratis di Google

Jangan lupakan tampilan atau desain website saat Sobat MEA melakukan cara membuat website gratis di Google Sites. Pastikan desainnya menarik, rapi, dan mudah untuk dioperasikan oleh pengunjung.

Tampilan website yang jelas dan tidak membingungkan akan membuat pengunjung lebih mudah untuk memahami jasa atau produk apa yang Sobat MEA tawarkan. Selipkan gambar, testimoni, dan data penunjang lainnya yang membuat pengunjung semakin tertarik dengan produk yang Sobat MEA tawarkan.

5. Publish Website

Umumnya, URL yang menggunakan email pribadi akan memiliki struktur seperti ini: https://sites.google.com/view/nama-website. Sedangkan jika Sobat MEA menggunakan email perusahaan, biasanya URL-nya akan muncul sebagai berikut: https://sites.google.com/namaorganisasi/nama-website

Setelah mengatur nama URL yang diinginkan, Sobat MEA bisa melanjutkannya dengan klik Publish lagi, lalu website yang Sobat MEA buat sudah bisa diakses oleh orang lain.

6. Tambahkan Custom Domain

cara membuat website gratis di Google

Cara membuat website gratis di Google Sites bisa Sobat MEA selesaikan dengan 5 langkah di atas saja. Namun jika ingin alamat website menjadi terlihat lebih profesional, Sobat MEA bisa membeli custom domain dan mengganti nama URL yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan begitu, pengunjung pun akan lebih mudah untuk mencari alamat website Sobat MEA jika Sobat MEA mengubah nama domain menjadi lebih singkat dan jelas.

7. Hubungkan Custom Domain ke Google Sites

Langkah terakhir pada cara membuat website gratis di Google Sites adalah Sobat MEA cukup menghubungkan alamat custom domain ke URL Google Sites yang sudah dibuat sebelumnya. 

Itu dia 7 langkah cara membuat website gratis di Google Sites yang bisa Sobat MEA coba sendiri. Tunggu apa lagi? Yuk buat website Sobat MEA sekarang juga dan buat bisnis kamu semakin profesional!

You may also like

Leave a Comment