Cara Memilih Platform Iklan Digital yang Tepat untuk Bisnis

by Viki
cara memilih platform iklan digital yang tepat

Seperti yang kita ketahui, bisnis online mengalami perkembangan yang sangat cepat seiring dengan tren pemasaran (marketing). Sehingga setiap brand dan pemiliknya perlu cara baru yang unik agar selalu mampu bersaing. Dan Digital Ads menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan. Tapi sebelumnya, pahami cara memilih platform iklan digital yang tepat agar mencapai tujuan. 

Biasanya, digital marketer sendiri kerap memanfaatkan beberapa platform digital seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok untuk memasang iklan berbayar yang sesuai target pelanggan. Masing-masing platform tersebut memiliki efektivitas yang berbeda-beda untuk terhubung dengan konsumen

Dan tidak semua platform itu cocok untuk suatu bisnis maupun tujuan bisnis yang ingin dicapai. Itulah mengapa Sobat MEA perlu memilih platform yang sesuai tujuanmu. Salah satu cara untuk mengetahuinya yaitu melalui cara memilih platform iklan digital yang tepat. Hal tersebut tentu akan dijelaskan lengkap di artikel ini! 

Table of Contents

Mengenal Platform Iklan Digital

Mau tahu cara beriklan yang hasilnya nendang untuk tingkatkan konversi?
Yuk, kupas tuntas strategi ngiklan online yang efektif dari digital marketer berpengalaman di komunitas MEA!

Melansir laman Brew Interaktif, platform iklan digital adalah media online yang berguna untuk memasang iklan dengan tujuan menjangkau target audiens. Ada banyak platform digital yang bisa digunakan seperti Media Sosial, Mesin Pencari seperti Google dan Bing, hingga Platform Pemasaran Konten seperti Taboola.

Setiap platform iklan digital memiliki peran yang unik untuk berbagai tujuan pemasaran bisnis. Selain itu, cara kerjanya juga sangat penting untuk dipahami karena masing-masing platform memiliki algoritma yang menentukan bagaimana dan kapan iklan ditampilkan. 

Misalnya, Facebook menampilkan iklan dengan engagement tinggi, Google mengutamakan relevansi, dan lain sebagainya. Untuk platform-platform lainnya, Sobat MEA bisa lihat di artikel ini

Artikel Terkait  Cara Closing Cepat Jualan Online di Marketplace dan Sosial Media. Pahami Dulu!~

Selain itu, setiap platform iklan digital juga memiliki target audiens yang berbeda berdasarkan demografi pengguna dan format iklan yang digunakan seperti iklan video, gambar, atau teks. Dengan hal ini, Sobat MEA dapat membuat kampanye iklan yang lebih efektif.

4 Faktor Pemilihan Platform Iklan Digital

Yuk ciptakan iklan yang lebih mantap lewat tools Website yang lebih tepat!
Tentunya cuman bisa kamu dapatkan di GoWebin by MEA! Fitur lengkap, performa hebat~

Sebelum memahami bagaimana cara memilih platform iklan digital yang tepat, pastikan Sobat MEA telah memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sobat MEA tidak bisa memasangnya secara sembarangan. Dan perlu diingat, beberapa faktor berikut dapat membantu iklanmu bekerja dengan efektif. 

Agar Sobat MEA bisa mendapatkan hasil yang optimal, berikut hal-hal yang patut diperhatikan sebelum beriklan secara online:

1. Demografi dan Perilaku Audiens

Ini sangat penting untuk dipahami. Pastikan Sobat MEA memahami di mana mereka menghabiskan waktu. Misalnya, jika target audiens lebih suka menjelajahi Facebook, alokasikan sumber daya iklan di sana. 

2. Anggaran

Setiap platform tentu memiliki budget yang berbeda, mulai dari bayar per klik hingga biaya per tayangan. Oleh karena itu, kenali platform dengan ROI terbaik untuk target pasarmu

3. Analisa Kompetitor

Ini yang paling penting, karena memberikan data yang mendalam. Ketahui platform apa yang biasa digunakan oleh kompetitor dan gunakan platform yang penggunanya paling sedikit untuk meminimalisir persaingan penjualan produk serupa.

4. Sumber Daya dan Keterampilan

Cara Memilih Platform Iklan Digital yang Tepat

Mengenali platform yang tepat untuk iklanmu sebenarnya akan melibatkan keputusan yang strategis. Untuk hal ini, Sobat MEA perlu memulainya dengan menguji berbagai platform digital untuk mengevaluasi efektivitas iklan sesuai kebutuhan bisnismu. Sobat MEA memasangnya dengan kampanye kecil yang tertarget. 

Lalu sesuaikan strategi berdasarkan kinerja campaign. Sobat MEA dapat menggunakan tool analitik yang tersedia di platform untuk melacak keterlibatan, tingkat konversi, dan metrik lainnya. Hal ini dapat memberitahumu apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Setelah menemukan platform digital yang tepat, Sobat MEA dapat menggunakan budget secara bertahap. Karena biar bagaimanapun strategi digital marketing perlu melewati proses pengujian, evaluasi, penyesuaian, dan penskalaan untuk hasil yang optimal. 

Demikian panduan tentang cara memilih platform iklan digital yang tepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis sekaligus meningkatkan konversi. Dengan hal ini, tentunya bisnismu dapat terhubung secara lebih efektif dan mencapai tujuan pemasaran lebih mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment