7 Cara Memilih Produk TikTok Affiliate. Yuk Pahami Dulu!

by Fanny
remarketing di TikTok Ads

TikTok menjadi aplikasi yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi para penjual dan content creator yang ingin memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik. Nah untuk Sobat MEA yang bergabung pada program TikTok Shop Affiliate, mengetahui cara memilih produk TikTok Affiliate agar bisa meraih banyak pembeli adalah sebuah keharusan.

Memilih produk untuk Sobat MEA pasarkan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan sampai Sobat MEA berfokus pada program TikTok Affiliate namun nggak mendapat komisi maksimal karena produk yang dipromosikan memang tidak cocok, tidak relevan dan tidak laku.

Atas alasan tersebut, dalam artikel ini, kita akan membagikan setidaknya 5 cara memilih produk TikTok Affiliate yang tepat dan bisa Sobat MEA terapkan sekarang juga. Dari pada berbasa-basi lagi, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

7 Cara Memilih Produk TikTok Affiliate

buku tiktok shop

Cara memilih produk TikTok Affiliate perlu diketahui oleh para content creator mengingat dengan memilih produk yang tepat inilah Sobat MEA bisa melakukan riset konten dan membuat konten video yang lebih dekat dengan kebutuhan pengguna TikTok.

Jika Sobat MEA berhasil membuat konten yang menarik, maka Sobat MEA akan lebih mudah untuk mempersuasi konsumen untuk membeli produk yang Sobat MEA tawarkan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 5 cara memilih produk TikTok Affiliate yang dapat Sobat MEA coba:

1. Pahami Audiens dengan Baik

Tentu produk untuk pria ini beragam dan ada banyak jenisnya. Mulai dari pakaian, perlengkapan olahraga dan hobi, hingga ke perawatan kulit. Untuk itu, Sobat MEA perlu menentukan niche market juga agar bisa mendapatkan audiens yang tepat.

2. Sesuaikan dengan Niche

Belajar buat bikin konten marketing yang menarik dan menjual!
Yuk langsung gabung aja di Komunitas Content Creator TikTok MEA sekarang juga. GRATIS!

Untuk memudahkan penjualan dan pembuatan konten di TikTok, Sobat MEA juga harus membangun niche pada akun TikTok terlebih dahulu. Penentuan niche ini akan memudahkan Sobat MEA untuk melakukan cara memilih produk TikTok Affiliate.

Seperti misalnya Sobat MEA membuat konten tentang perawatan kulit khusus pria, maka Sobat MEA bisa memilih produk perawatan kulit pria untuk dipromosikan saat membuat konten TikTok Affiliate. Dengan pemilihan produk yang sesuai dengan niche, Sobat MEA akan lebih mudah menarik perhatian penonton atau konsumen.

3. Coba Produk Terlebih Dahulu

Cara memilih produk TikTok Affiliate selanjutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan mencoba produknya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA bisa memberikan review yang jelas dan aktual. Jadi konten Sobat MEA tidak hanya bualan belaka.

Dengan mencoba produknya sendiri, Sobat MEA jadi mengetahui cara pakai, manfaat, fitur, dan kualitas dari produk tersebut. Dengan begitu, Sobat MEA bisa membuat konten yang meyakinkan dan terpercaya.

4. Membuka Katalog Produk

TikTok sendiri memiliki fitur pencarian yang dapat Sobat MEA gunakan untuk menemukan produk yang sedang laris. Melalui fitur ini, Sobat MEA bahkan dapat menemukan produk berdasarkan kategori atau kata kunci tertentu. 

Sedangkan untuk membuka katalog produk di TikTok, Sobat MEA bisa membukanya melalui menu TikTok Shop di bagian profil. Di sana, ada berbagai produk yang diafiliasikan beserta komisinya. 

5. Pertimbangkan Komisi dan Potensi Produk

Mau komisi ekstra dari TikTok Affiliate?
Yuk langsung aja gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga dan dapatkan banyak keuntungannya!

Ketika melakukan cara memilih produk TikTok Affiliate, Sobat MEA juga harus mempertimbangkan dari sisi komisinya. Lihat seberapa banyak komisi yang akan Sobat MEA dapatkan dari setiap penjualan produk. Apakah komisi ini akan sebanding dengan usaha yang Sobat MEA lakukan dalam membuat konten.

Eh tapi jangan salah, komisi yang kecil bukan berarti tidak akan menghasilkan keuntungan bagi Sobat MEA. Begitu juga sebaliknya. Inilah mengapa Sobat MEA perlu memperhitungkan potensi produk yang akan dipromosikan pada konten Sobat MEA.

Hal ini bisa Sobat MEA ketahui dengan melakukan riset minat audiens pada produk terkait. Apakah produk ini sedang banyak dicari, bagaimana review pengguna sebelumnya mengenai produk tersebut, dan apakah orang-orang memutuskan untuk membeli kembali produk ini atau cukup mencobanya saja. 

Jadi meskipun komisi yang Sobat MEA dapatkan sedikit, namun jika produk yang dipasarkan berhasil menghasilkan banyak penjualan, maka Sobat MEA akan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Dengan memperhatikan hal ini, Sobat MEA akan lebih mudah memilih produk TikTok Affiliate.

6. Lihat Tingkat Persaingan

pilar TikTok selling

Perlu diingat bahwa Sobat MEA juga perlu menghindari mempromosikan produk yang sepi peminatnya. Apalagi produk yang masih belum dikenal oleh banyak orang. Hal ini belum tentu akan menghasilkan penjualan karena audiens akan lebih memilih produk yang sudah jelas, terkenal, dan terpercaya.

7. Mengikuti Perkembangan Tren di TikTok

Tren di TikTok juga biasanya berhubungan dengan produk yang laris di TikTok. Misalnya, tren menggunakan serum pencerah. Maka akan diikuti oleh produk-produk serum pencerah yang laris. Maka carilah produk yang sesuai dengan tren yang sedang hype.

Pastikan Sobat MEA selalu mengikuti perkembangan terbaru di TikTok. Ini akan membuatmu lebih mudah dalam menemukan produk yang laris dan populer. Oleh karena itu, sebagai seller ataupun TikTok Affiliate, Sobat MEA perlu up to date terhadap produk laris maupun produk terbaru sekalipun. 

Nah, itu dia cara memilih produk TikTok Affiliate yang bisa Sobat MEA terapkan sebelum memutuskan untuk mempromosikan suatu produk. Semoga ulasan ini membantu, ya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment