4 Cara Mempertahankan Penonton di Live Shopee. Mudah Kok!

by Viki
cara mempertahankan penonton di live shopee

Sobat MEA pasti berpikir bahwa untuk meningkatkan kunjungan toko, eksistensi toko, hingga jumlah audiens toko di Shopee yaitu dengan melakukan live streaming di Shopee. Ya, hal ini merupakan cara yang tepat. Shopee Live dapat menjangkau khalayak dengan sangat luas. Tapi yang tidak kalah penting yaitu bagaimana cara mempertahankan penonton di Live Shopee itu sendiri. 

Memulai live streaming di Shopee tentu sudah bisa Sobat MEA pahami. Apalagi MiMe juga sering membahasnya di sini. Tapi untuk cara mempertahankan penonton di Live Shopee, rupanya masih banyak yang bingung. Oleh karena itu, mari simak artikel ini ya!

Table of Contents

Cara Mendapatkan Penonton di Live Shopee

Jadilah partner MCN Shopee MEA untuk hasilkan siaran yang lebih cuan!
Yuk, temukan berbagai kemudahannya dengan bergabung MCN Shopee MEA sekarang juga!

Melansir laman Pusat Bantuan Shopee, Live Shopee adalah fitur terbaru Shopee yang memungkinkan pengguna melakukan interaksi dengan audiens secara luas. Melalui fitur ini, Penjual dapat memahami kebutuhan pembeli, menciptakan pengalaman yang lebih baik, dan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya. 

Tapi penting untuk adanya penonton pada Shopee Live yang ditayangkan oleh Penjual. Inilah yang dapat mempengaruhi interaksi hingga transaksi. Semakin banyak penonton yang didapatkan, semakin banyak juga produk yang bisa terjual. Tapi bagaimana cara mendapatkan penonton di Live Shopee ini? Nah berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buatlah pengingat untuk pengikut (followers) toko untuk menonton sesi live streaming melalui fitur “Beri Tahu Pengikut” sebelum memulai Live Shopee. 
  2. Kemudian bagikan link sesi live streaming di media sosial dan WhatsApp untuk mendapatkan lebih banyak Penonton.

Cara Mempertahankan Penonton di Live Shopee

Mau jualan di Live Shopee lebih cuan maksimal?
Yuk diskusi bareng seller Shopee berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Ya, mendapatkan penonton saja tidak cukup. Ketika siaran berlangsung, pastikan Sobat MEA terus berinteraksi (engaged)  dengan Penonton untuk meningkatkan kunjungan (traffic) ke toko Shopee. Pastikan para penonton menonton hingga lebih dari 1 menit untuk memaksimalkan performa Live Shopee.

Semakin banyak Penonton yang menonton lebih dari 1 menit, semakin tinggi kemungkinannya untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan. Sobat MEA dapat menonton durasi tontonan mereka melalui halaman Live Center minimal 1 hari setelah sesi live streaming selesai. Dan inilah cara mempertahankan penonton di Live Shopee yang perlu dilakukan:

  • Masukkan berbagai jenis produk yang dapat meningkatkan minat Penonton seperti harga murah, produk dengan penjualan terbaik, produk yang baru diluncurkan, produk bundling, dll.
  • Membagikan bonus koin untuk Pembeli saat live streaming berlangsung dengan  min. 20.000 Koin Shopee.
  • Menggunakan fitur Lelang dan Polling.
  • Menampilkan konten yang menarik dan autentik ketika siaran.

Tips Membuat Konten Live Shopee yang Menarik

Tentunya untuk menarik lebih banyak penonton dan membuat mereka betah di Live Shopee yang Sobat MEA jalankan, pastikan telah menampilkan konten spesial yang enak dilihat. Dalam hal ini, ada beberapa tips penting untuk membuat konten Live Shopee yang menarik yang sesuai dengan kategori produk yang dijual:

1. Fashion

  • Mencoba penggunaan produk beserta mix n match yang sesuai.
  • Menunjukkan variasi produk seperti ukuran, bahan, warna, pola sampai dengan model produk jika tersedia.

2. Elektronik

3. Makanan dan Minuman

  • Menampilkan proses produksi dan pengemasan produk.
  • Menunjukkan cara membuat atau cara memasaknya.
  • Memberikan contoh program yang sesuai produknya seperti Diet Sehat, Mukbang, ASMR, atau yang lainnya. 

4. Beauty

  • Menjelaskan cara mengaplikasikan produk.
  • Mencoba semua varian yang tersedia.
  • Review ketahanan atau kinerja produk. 

5. Kategori Lainnya

  • Launching produk baru.
  • Mengadakan giveaway.
  • Memberikan promosi khusus. 

Sekian beberapa cara mempertahankan penonton di Live Shopee dan tips penting lainnya yang bisa dibagikan. Meskipun demikian, pastikan Sobat MEA melakukan Shopee Live yang sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, agar siaran dapat menghasilkan secara maksimal, serta lakukan secara konsisten. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment