5 Cara Mempromosikan Konten Marketing untuk Pemula

by Fanny
cara mempromosikan konten marketing

Konten sudah bukan menjadi sesuatu yang asing oleh para pebisnis online. Hal ini karena proses pemasaran sendiri sudah dilakukan seacra digital untuk menjangkau sebanyak mungkin audiens dengan cara yang efektif. Inilah mengapa banyak yang mencari tahu bagaimana cara mempromosikan konten marketing baik untuk pemula hingga pebisnis profesional.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu konten marketing, manfaatnya untuk bisnis, serta cara mempromosikan konten marketing yang bisa Sobat MEA coba sendiri. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Konten Marketing?

Ingin bangun bisnis online tapi bingung mulai dari nana?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya secara gratis. Klik di sini!

Sebelum membagikan bagaimana cara mempromosikan konten marketing, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu konten marketing terlebih dahulu. Jadi, konten marketing adalah segala bentuk pemasaran dengan menggunkaan konten berupa gambar, video, tulisan, atau suara. Konten ini bisa Sobat MEA publikasikan secara fisik atau disebarkan secara digital melalui website atau media sosial.

Konten marketting perlu dibuat semenarik mungkin agar target audiens semakin mengenali produk Sobat MEA. Mulai dari copywriting, visual, hingga platform untuk membagikan konten marketing perlu dipertimbangkan dengan baik agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

5 Manfaat Konten Marketing untuk Bisnis

Butuh Bantuan Buat Bikin Konten Menarik?
Yuk pakai Jasa MEA yang dikelola oleh tim berpengalaman untuk membuat konten marketing yang efektif dengan klik di sini!

Jangan salah, konten marketing yang dijalankan dengan baik akan memberikan Sobat MEA beberapa manfaat besar untuk bisnis seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Membangun Citra Bisnis yang Profesional

Jika Sobat MEA adalah seorang pembeli yang mencari produk secara online, pasti Sobat MEA akan melihat kredibilitas toko atau akun media sosial dari bisnis yang akan dibeli, bukan? 

Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengikut, jenis konten yang diunggah, kapan terakhir kali mengunggah konten, informasi produk yang ditampilkan pada halaman website, marketplace, atau media sosial, dan detail lainnya. Tentu Sobat MEA tidak akan mempercayai suatu bisnis atau toko yang identitas dan informasinya tidak jelas, kan?

Inilah mengapa melakukan cara mempromosikan konten marketing itu penting untuk dilakukan, yaitu agar Sobat MEA bisa membangun citra bisnis yang profesional. 

Tampilan dan deskripsi bisnis yang informatif akan membuat bisnis Sobat MEA terlihat kredibel sehingga mampu meningkatkan kepercayaan audiens atau target market. Sehingga mereka tidak akan ragu untuk membeli produk dari toko Sobat MEA.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Pengen, nggak, produk atau bisnis Sobat MEA semakin dikenal oleh masyarakat. Sebagaimana Aqua yang menjadi brand utama dari setiap produk minuman air mineral kemasan. Apapun brand atau mereknya, yang disebut selalu Aqua. Sobat MEA bisa meningkatkan brand awareness dengan menerapkan konten marketing yang unik dan menarik.

3. Meningkatkan Traffic

cara mempromosikan konten marketing

4. Meningkatkan Penjualan

Jika traffic meningkat, maka penjualan juga akan lebih mudah untuk ditingkatkan. Pastikan tampilan website-nya menarik, informatif, dan jelas sehingga pengunjung bisa langsung melakukan pembelian produk tanpa ribet. Dengan begitu, Sobat MEA akan mendapatkan penjualan baru dan pengunjung mendapatkan barang yang mereka butuhkan.

5. Mmeperluas Jaringan Partnership

Saat ni, bukanlah hal yang tidak biasa jika bekerja sama dengan content creator atau influencer dengan menggunakan jasa endorsement atau paid promote. Hal ini bisa Sobat MEA dapatkan dengan menerapkan cara mempromosikan konten marketing dengan maksimal. Selain itu, bekerja sama dengan para tokoh yang berpengaruh di media sosial bisa membantu Sobat MEA untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

5 Cara Mempromosikan Konten Marketing

Cara Mempromosikan Konten Marketing

Setelah mengetahui apa itu konten marketing dan apa saja manfaatnya untuk bisnis, sekarang saatnya kami akan membagikan 5 cara mempromosikan konten marketing yang efektif!

1. Sesuaikan Konten dengan Platform

Saat ini, hampir seluruh media sosial bisa Sobat MEA manfaatkan sebagai platform untuk membagikan konten marketing. Namun perlu diingat bahwa perilaku setiap pengguna pada platform yang berbeda tidaklah sama. 

Seperti misalnya saja pengguna TikTok akan lebih menyukai konten dalam bentuk video pendek. Konten marketing ini belum tentu berhasil jika diterapkan di Twitter yang penggunanya lebih suka dengan tulisan panjang atau thread.

Jadi, cara mempromosikan konten marketing yang pertama adalah Sobat MEA harus memahami dan menyesuaikan konten marketing dengan perilaku pengguna platform yang dipilih.

2. Unggah di Waktu yang Tepat

3. Gunakan SEO

cara mempromosikan konten marketing

Cara mempromosikan konten marketing yang efektif berikutnya adalah dengan menerapkan SEO, yaitu Search Engine Optimization untuk meningkatkan visibilitas website atau konten marketing di media sosial. Cara menerapkannya adalah dengan memilih kata kunci yang tepat dan relevan pada setiap konten yang dibuat. Pastikan kata kunci tersebut adalah keyword yang sering digunakan oleh pengguna ketika mencari sesuatu yang berkaitan dengan produk Sobat MEA.

4. Libatkan Influencer

Influencer memiliki pengaruh yang tinggi terhadap bisnis Sobat MEA. Hal ini karena para influencer sudah memiliki audiens yang tertarget. Jika Sobat MEA memilih bekerja sama dengan influencer yang memiliki niche yang sama, maka konten marketing yang dibuat akan menjangkau audiens influencer tadi. Bahkan kadang Sobat MEA tidak perlu membuat konten sendiri dan kadang para influencer membuat konten sendiri sesuai dengan branding mereka.

5. Gunakan Paid Ads

Last but not least, cara mempromosikan konten marketing berikutnya adalah dengan menggunakan iklan berbayar. Iklan akan membantu konten Sobat MEA muncul di halaman audiens potensial yang akan tertarik dan membeli produk Sobat MEA. Tenang aja, iklan untuk konten marketing bisa Sobat MEA tentukan sendiri biayanya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu konten marketing, manfaatnya untuk bisnis, hingga bagaimana cara mempromosikan konten marketing. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment