2 Cara Memproses Orderan di TikTok Shop untuk Pemula!

by Fanny
cara memproses orderan di tiktok shop

Sebagai pembeli, tentunya kita akan merasa senang jika produk yang dipesan bisa diterima lebih cepat, bukan? Tentu semua ini bisa diwujudkan jika penjual mengetahui bagaimana cara memproses orderan di TikTok Shop agar bisa segera melakukan proses pengiriman dan meningkatkan pelayanan toko Sobat MEA.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan mengenai apa itu TikTok Shop dan bagaimana cara memproses orderan di TikTok Shop agar paket bisa diterima secepatnya oleh pembeli dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko Sobat MEA. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu TikTok Shop?

Mau Jualan di TikTok Shop Meroket?
Yuk gabung ke komunitasnya dan belajar langsung dari ahlinya di sini. GRATIS!

Sebelum membahas tentang bagaimana cara memproses orderan di TikTok Shop, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu TikTok Shop. Jadi, TikTok Shop adalah fitur jual-beli yang ada di dalam aplikasi TikTok. Di sini, Sobat MEA bisa memasarkan berbagai macam produk dan pembeli bisa langsung mendapatkan produk yang mereka inginkan tanpa harus keluar dari aplikasi.

Proses transaksinya sendiri serupa dengan pada umumnya. Jadi konsumen bisa langsung membeli produk yang akan dilanjutkan oleh penjual dengan cara memproses orderan di TikTok Shop hingga pesanan sampai di tangan konsumen. Sederhana sekali, bukan?

Cara Memproses Orderan di TikTok Shop

Nggak Pede Bikin Konten TikTok Sendiri?
Serahkan aja ke tim MEA dengan talent profesional dan kamu tinggal duduk santai. Klik di sini!

Cara Memproses Orderan di TikTok Shop Melalui Aplikasi

  1. Buka aplikasi TikTok pada perangkat Sobat MEA, lalu klik ikon Profile di sebelah kanan bawah.
  2. Lanjutkan dengan klik ikon keranjang pada halaman profil.
  3. Klik menu TikTok Shop Seller Center.
  4. Selanjutnya, Sobat MEA akan dibawa ke menu pengelolaan pesanan yang akan menampilkan jumlah pesanan yang belum diproses. Klik menu Pesanan Belum Diproses.
  5. Klik Siapkan Kiriman dan Sobat MEA bisa mulai melanjutkan dengan mengemas produk.
  6. Jika sudah, Sobat MEA akan dibawa ke menu yang berisi informasi lengkap pada pesanan dan memastikan ID pesanan sudah benar atau belum. Jika ID sudah sesuai, Sobat MEA bisa melanjutkannya dengan klik Siapkan Kiriman.
  7. Lanjutkan cara memproses orderan di TikTok Shop dengan mengkonfirmasi pesanan yang akan dikirim. klik Konfirmasi dan Siapkan Kiriman.
  8. Kemudian nomor resi akan muncul secara otomatis.

Cara Memproses Orderan di TikTok Shop Melalui Seller Center

cara memproses orderan di TikTok Shop
  1. Kunjungi situs Seller Center dan lanjutkan dengan login atau masuk ke akun penjual Sobat MEA.
  2. Di halaman beranda, klik menu Pesanan lalu lanjutkan dengan klik Kelola Pesanan.
  3. Selanjutnya Sobat MEA akan dibawa ke halaman yang menampilkan seluruh pesanan masuk. Pilih pesanan yang akan diatur pengirimannya dengan klik Siapkan Kiriman.
  4. Akan muncul pilihan layanan pick up atau drop off. Klik Berikutnya.
  5. Jika Sobat MEA memilih layanan Pick Up, maka isikan waktu penjemputan paket yang diinginkan. Lalu lanjutkan dengan klik Konfirmasi.
  6. Namun jika Sobat MEA memilih opsi drop off, itu artinya Sobat MEA harus mengantarkan paket tersebut ke kantor jasa ekspedisi yang digunakan.
  7. Jika sudah, lanjutkan dengan mencetak label pengiriman dengan klik titik tiga pada pesanan, lalu klik Cetak Label Pengiriman.
  8. Tempelkan label tersebut ke paket yang sudah dikemas dan tunggu hingga paket dijemput oleh kurir atau antarkan langsung ke jasa ekspedisi.
Artikel Terkait  CARA JUALAN DI TIKTOK ?

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor resi ke paket yang sudah dikemas. Hal ini bertujuan agar paket bisa langsung diambil oleh jasa kurir yang Sobat MEA gunakan untuk mengantarkan produk sampai ke tangan konsumen. Selain itu, Sobat MEA dan konsumen bisa melacak lokasi dengan memasukkan resi pada situs yang menyediakan layanan pelacakan paket.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu TikTok Shop hingga 2 cara memproses orderan di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan melalui aplikasi secara langsung maupun lewat situs TikTok Shop Seller Center. Sangat sederhana dan mudah sekali, bukan?

Mengirimkan produk dengan segera ke konsumen akan meningkatkan rasa percaya konsumen kepada toko Sobat MEA. Jangan lupa untuk mengemas produk dengan kuat dan aman agar kualitas produk tetap terjaga.

 Selain itu, selalu berikan layanan terbaik untuk konsumen agar mereka mendapatkan pengalaman menyenangkan karena berbelanja di toko Sobat MEA dan jadi pelanggan tetap. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment