Cara Menargetkan Lokasi di Google Ads. Promosi Tepat Sasaran!

by Viki
cara menargetkan lokasi di google ads

Beriklan secara digital melalui Google memang memberikan peluang yang menjanjikan. Terutama untuk jangkauan bisnis, brand berkesempatan untuk dikenal oleh lebih banyak orang. Tapi agar iklan lebih tepat sasaran, diperlukan cara menargetkan lokasi di Google Ads. 

Ini penting untuk Sobat MEA lakukan mengingat iklan tidak bisa menjangkau semua wilayah. Apalagi untuk produk-produk tertentu, bisa jadi pemasaran sulit untuk mencapai tujuan. 

Hal ini dikarenakan penargetan lokasi atau location targeting di Google Ads memudahkanmu dalam menargetkan iklan ke target audiens  yang berdomisili yang bisa disesuaikan. 

Location targeting dapat membantumu dalam memilih lokasi geografis tertentu di mana iklan akan ditampilkan. Bahkan Sobat MEA dapat menyesuaikan penargetan dengan tiga pilihan, yaitu Matches , Location that Include , dan Related Location 

Apa Itu Penargetan Lokasi?

Tetapkan target lokasi yang lebih strategis dan tepat sasaran untuk cuan
Yuk kupas tuntas strategi suksesnya bareng mentor expert di komunitas MEA!

Melansir laman Lunio, penargetan lokasi adalah sebuah pemasaran digital yang dapat menargetkan iklan kepada pengguna berdasarkan lokasi fisik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan koordinat GPS atau alamat IP untuk menentukan lokasi pengguna. 

Ini merupakan alat yang berguna bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan ROI dengan target pelanggan di area tertentu.

Bahkan penargetan lokasi Google Ads memungkinkan iklan muncul di lokasi geografis yang dipilih seperti negara, suatu area, radius di sekitar suatu lokasi, atau grup lokasi yang mencakup tempat menarik, lokasi bisnis, atau demografi bertingkat.

Dengan melakukan cara menargetkan lokasi di Google Ads, iklanmu dapat dengan mudah untuk menemukan pelanggan yang tepat bagi bisnis. Bahkan penargetan yang spesifik dapat membantumu meningkatkan laba atas investasi (ROI).

Artikel Terkait  3 Contoh Iklan Baris yang Wajib Pebisnis Tahu. Simak!

Fungsi Fitur Penargetan Lokasi

Saatnya buat iklan Google yang optimal dengan website yang profesional!
Yuk cobain berbagai fitur lengkap dan pembuatannya yang mudah sekarang juga!

Google Ads sendiri memiliki fitur Location Options, yang terdiri dari serangkaian pengaturan yang memungkinkanmu untuk mengontrol cara iklan ditampilkan kepada pengguna di lokasi yang ditargetkan. Berikut beberapa fungsi dari fitur penargetan lokasi:

1. Target Lokasi

Sobat MEA dapat memilih untuk menampilkan iklan hanya kepada pengguna yang berada di lokasi yang ditentukan. Melalui fitur Target Lokasi, Sobat MEA dapat menargetkan audiens yang relevan dengan bisnis.

2. Menyasar Lokasi dalam Lokasi Target

Sobat MEA juga dapat memilih untuk menjangkau pengguna yang berada dalam lokasi target, baik pengguna yang sudah ada di lokasi tersebut atau pengguna yang hanya tertarik dengan lokasi tersebut.

Misalnya, Sobat MEA memiliki bisnis pariwisata di Jogja, Sobat MEA dapat menampilkan iklan ke pengguna yang berada di Jogja atau mereka yang sedang mencari informasi tentang Jogja, meskipun mereka sedang di lokasi lain. 

3. Lokasi Pengecualian

Sobat MEA juga dapat membuat pengecualian. Ini memungkinkanmu untuk mengecualikan lokasi tertentu dari penargetan. Misalnya, Sobat MEA hanya ingin menjangkau pengguna di kota tertentu, Sobat MEA dapat mengesampingkan kota lain yang tidak relevan.

4. Menampilkan Iklan Hanya di Lokasi Pemantauan

Bukan hanya itu, Sobat MEA juga dapat memilih untuk menampilkan iklan hanya di lokasi yang masuk dalam laporan pemantauan. Fitur ini dapat digunakan jika ingin fokus pada lokasi yang telah dianalisis sebelumnya dengan performa yang baik.

Jenis-Jenis Penargetan Lokasi

1. Matches

Pertama, ada Location Targetting bernama “Matches ”, memungkinkanmu untuk menargetkan lokasi yang sesuai dengan pilihan yang ditentukan. 

Dengan jenis ini, iklan hanya akan ditampilkan ke pengguna yang berada di lokasi yang secara tepat sesuai dengan pilihan tersebut.

Misalnya, Sobat MEA memilih Yogyakarta sebagai lokasi target, iklan hanya akan ditampilkan ke pengguna yang berada di Yogyakarta dan tidak akan ditampilkan ke pengguna di lokasi lain.

2. Location that Include

Kedua, ada “Location that Include ” yang memungkinkanmu untuk menargetkan lokasi yang mencakup pilihan yang ditentukan, termasuk lokasi tersebut dan lokasi terkait yang relevan.

Dengan jenis ini, iklan akan ditampilkan ke pengguna yang berada di lokasi target yang dipilih, serta pengguna yang memiliki keterkaitan dengan lokasi tersebut.

Misalnya, Sobat MEA memilih sebagai lokasi target, iklan akan ditampilkan ke pengguna yang berada di Bandung, serta pengguna di sekitarnya atau mereka yang sedang mencari informasi tentang Bandung.

3. Related Location

Ketiga ada “Related Location ” yang memungkinkanmu untuk menargetkan lokasi yang berkaitan dengan pilihan yang ditentukan. Sehingga iklan akan ditampilkan ke pengguna yang berada di lokasi yang berada di lokasi target.

Misalnya, Sobat MEA memilih Yogyakarta sebagai lokasi target, iklan akan ditampilkan ke pengguna yang berada di daerah Yogyakarta, serta pengguna yang tinggal di sekitarnya seperti Solo atau Magelang.

Cara Menargetkan Lokasi di Google Ads

Setelah mengetahui jenis-jenis penargetan iklan yang cocok untuk tujuan bisnismu, tentu saja Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara menargetkan lokasi di Google Ads. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Buatlah materi campaign atau gunakan materi yang sudah ada di akun Google Ads.
  • Pilih grup iklan di mana Sobat MEA ingin menargetkan lokasi.
  • Kemudian pilih menu Pengaturan dan pilih opsi Penargetan dan Penayangan.
  • Kemudian klik tombol + Tambahkan Penargetan untuk membuka opsi penargetan, lalu pilih opsi Lokasi.
  • Setelah itu, Sobat MEA bisa memilih jenis penargetan yaitu Matches , Location that Include , atau Related Location.
  • Silakan tentukan lokasi target.
  • Sobat MEA juga bisa mengelola pengaturan lanjutan untuk mengatur penargetan yang lebih spesifik.
  • Jika sudah sesuai, klik tombol Simpan atau Lanjutkan untuk menerapkan pengaturan tersebut pada grup iklan.
Artikel Terkait  5 Cara Membuat Tampilan Instagram Menarik Untuk Bisnis. Pahami Dulu!

Selanjutnya, jika ingin iklan yang sudah dilakukan Location Targeting dapat mendatangkan konversi, Sobat MEA perlu menambahkan strategi lain yang dapat menarik minat pelanggan. Sedangkan jika ingin meningkatkan konversi, Sobat MEA perlu menambahkan strategi pelayanan konsumen. Dengan begitu, Sobat MEA sudah lebih dekat dengan tujuan yang ditentukan. 

Demikian penjelasan tentang Location Targetting hingga cara menargetkan lokasi di Google Ads yang bisa dilakukan. Semoga hal ini dapat membantumu mendapatkan hasil iklan yang optimal dengan upaya yang minimal serta tepat sasaran sesuai perencanaan awal. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment