8 Tips Cara Menawarkan Produk Lewat WA, Bikin Omzet Naik!

by Bagus Alhadi
cara banjir orderan di whatsapp

Cara menawarkan produk lewat WA tidak bisa sembarangan dilakukan begitu saja, perlu beberapa teknik dan strategi untuk bisa membantu bisnis Sobat MEA jadi lebih cuan, mendapatkan omzet berlimpah, dan mungkin bisa mendapatkan traffic ketika menggunakan Whatsapp Business.

Cara menawarkan produk lewat WA juga dapat membangun komunikasi personal jadi lebih dekat dengan konsumen, memberikan layanan akses yang mudah dan cepat. Calon pelanggan juga dapat melihat produk, kemudian mendapatkan informasi, dan melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi WA sema sekali.

Tak hanya itu, cara menawarkan produk lewat WA juga selalu membuat pergolakan batin yang terlibat ketika Sobat MEA berada dalam pusaran rayuan seorang salesman yang sedang menawarkan barang. Terlalu sayang rasanya untuk meninggalkan suatu produk yang telah ditawarkan dengan cara komunikasi yang baik.

Nah salah satu strategi marketing ini bisa Sobat MEA lakukan dengan berbagai cara. Berikut penjelasan cara menawarkan produk lewat WA yang bisa Sobat MEA lakukan. Yuk simak sampai bawah ya!

Table of Contents

Apa itu WhatsApp Marketing?

Sebelum mempelajari cara menawarkan produk lewat WA lebih dalam, Sobat MEA harus mengenal terlebih dahulu dengan Whatsapp marketing, lalu apa sih WA marketing itu?

Whatsapp marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan platform pesan instan untuk berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, dan membangun hubungan bisnis.

WA marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup mudah dan murah. Sobat MEA tak perlu capek capek door to door  menghampiri konsumen melakukan direct selling, dan bayar jasa cetak brosur untuk dibagikan ke audiens.

8 Cara Menawarkan Produk Lewat WA

Mau belajar jualan di WhatsApp?
Yuk gabung di Komunitas Bisnis MEA dan belajar jualan online sekarang juga!

Cara menawarkan produk lewat WA bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif, tetapi perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak terkesan mengganggu atau terlalu memaksakan.

Berikut 8 cara menawarkan produk lewat WA yang dapat Sobat MEA pertimbangkan untuk memaksimalkan penjualan produk di platform ini:

1. Maksimalkan WA Business

Whatsapp Business memiliki banyak fitur yang bisa Sobat MEA gunakan untuk menawarkan produk lewat WA. Beberapa fitur yang dapat Sobat MEA maksimalkan seperti chat bot, fitur katalog, WA Grup, WA blast dan auto reply

Dengan memaksimalkan fitur yang ada, Sobat MEA jadi lebih sering berinteraksi dengan pelanggan. Hal ini bisa berdampak terhadap rating sebuah brand yang dinilai aktif dan selalu berkenan untuk memberikan perhatian terhadap pelanggannya.  

2. Tentukan Target Audiens

Cara Menawarkan Produk Lewat WA

Selanjutnya, Sobat MEA harus bisa memilah dan memilih target pasar dari sebuah brand yang dipromosikan dengan cara melakukan analisis media sosial bisnis, mengidentifikasi karakteristik pengunjung seperti jenis kelamin, usia, dan lokasi. 

Dengan memahami target pasar, Sobat MEA dapat melakukan ke tahap selanjutnya, seperti mengirim pesan dan melakukan promosi produk melalui Whatsapp terhadap audiens yang telah ditentukan. 

Pendekatan ini memungkinkan fokus pada target pasar yang potensial dan meningkatkan efisiensi pemasaran dengan menghindari pemborosan waktu pada calon pelanggan yang tidak sesuai.

3. Manfaatkan Fitur yang Ada

Alangkah baiknya Sobat MEA bisa mengkolaborasikan fitur yang terdapat di WA Business, seperti halnya fitur chat bot dengan Whatsapp story. Cobalah memaksimalkan chat bot sebagai respon dari quick reply pada Whatsapp story yang Sobat MEA bagikan.

4. Broadcast Pesan Promosi Secara Berkala

Untuk membangun engagement, Sobat MEA perlu mengirimkan pesan promosi terhadap pelanggan dan calon pelanggan. Tawarkan produk melalui pesan broadcast secara berkala.

Dengan ini, Sobat MEA dapat menjaga relasi dan komunikasi dengan baik. Pelanggan pun akan merasa senang ketika mereka mendapatkan pesan broadcast  yang bukan spam.

Isi pesan broadcast harus ditulis dengan bahasa yang persuasif agar pelanggan atau calon pelanggan tertarik ketika Sobat MEA menyebarkan pesan tersebut. Oleh karena itu, Sobat MEA harus memiliki skill copywriting yang mumpuni guna memberikan dampak yang powerful saat Sobat MEA menggunakannya dengan tepat.

5. Produksikan Konten yang Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas sangat berpengaruh untuk kebutuhan WA Business, karena dapat menjadi salah satu penyebab pelanggan tertarik untuk berinteraksi dengan Sobat MEA.

Buatlah konten secara singkat, informatif dan menarik. Pakailah dengan bahasa yang nyaman untuk digunakan, mengingat WA adalah platform yang sering diakses jadi harus memakai bahasa yang komunikatif dan memberikan kesan nyaman kepada pelanggan dalam konten yang Sobat MEA buat. 

6. Berikan Respon Cepat dan Interaktif

Cara Menawarkan Produk Lewat WA

Sobat MEA dapat merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat dan lebih interaktif. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai.

7. Desain Katalog Produk Lebih Rapi

Buatlah katalog produk semenarik dan serapi mungkin untuk menarik pelanggan dan calon pelanggan. Hal ini dapat membuat pelanggan lebih nikmat ketika melihat sebuah produk yang telah tersusun rapi untuk dijual.

Sobat MEA dapat menambahkan foto, harga, deskripsi produk dan varian dalam setiap etalase yang ada. Fitur katalog ini dapat memudahkan para pelanggan dalam proses pembelian dan menariknya tidak banyak menyita waktu untuk menanyakan barang yang dijual karena sudah terpapar jelas pada katalog.

8. Munculkan Brand Personality

Brand personality dapat membuat konsumen merasa lebih dekat dengan brand yang Sobat MEA miliki, karena terdapat sikap dan juga sifat yang menjadi ciri khas atas sebuah brand tersebut. 

Proses ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam berinteraksi dengan brand Sobat MEA agar tidak dalam mode bisnis yang serius, melainkan dengan mode seperti khalayaknya mereka berinteraksi dengan sesama.

Brand personality bisa dibangun dengan cara Sobat MEA melakukan pendekatan secara personal melalui obrolan one on one atau di dalam sebuah grup.

Nah itulah 8 tips jitu cara menawarkan produk lewat WA yang bisa Sobat MEA ikuti, dengan mengetahui hal tersebut diharapkan Sobat MEA dapat menjadi salah satu orang sebagai pelaku usaha yang mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment