5 Cara Mencari Supplier di TikTok Shop yang Terpercaya. Reseller dan Dropshipper Masuk!

by Fanny
cara mencari supplier di TikTok Shop

Berjualan di TikTok menjadi pilihan banyak orang karena prosesnya yang cukup mudah dan pasarnya yang luas. Ada banyak tipe bisnis yang bisa dijalankan . Mulai dari pemilik brand atau produk, dropshipper, reseller, sampai affiliator. Terlepas dari itu semua, Sobat MEA tentu saja wajib mengetahui bagaimana cara mencari supplier di TikTok Shop.

Apalagi jika Sobat MEA ingin membuka dropship di TikTok Shop atau menjadi seorang reseller, tentu saja Sobat MEA harus tahu cara mencari supplier di TikTok dan selektif dalam memilih supplier produk. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA bisa mendapatkan produk yang tepat dengan harga yang sesuai dan pasar yang jelas, sehingga Sobat MEA tidak akan kesulitan ketika mempromosikan produk.

Untuk itu, kami akan membagikan tips dan cara mencari supplier di TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan sebelum memutuskan berjualan di TikTok. Dari pada berlama-lama lagi, langsung saja yuk simak penjelasan lengkap cara mencari supplier di TikTok di bawah ini!

Apa itu Supplier?

Mau jualanmu di TikTok makin laris?

Yuk ikuti tips dan trik terbaru dengan gabung ke komunitasnya secara gratis hanya di sini!

Sebelum membahas cara mencari supplier di TikTok, Sobat MEA harus mengetahui dulu pengertian dari supplier dalam bisnis itu sendiri. Jadi, supplier adalah pemasok yang memproduksi suatu barang atau layanan dalam jumlah yang besar. Supplier inilah yang menjadi sumber Sobat MEA untuk memasarkan produk mereka.

Selain supplier, ada juga distributor yang berperan sebagai perantara antara supplier dan toko retail atau end user. Sobat MEA juga bisa mendapatkan produk dari distributor, namun harganya tentu akan lebih mahal dibandingkan membeli langsung dari supplier. Tapi harganya juga akan lebih murah dibandingkan dengan membeli dari toko retail. 

Artikel Terkait  2 Cara Melihat Insight TikTok Untuk Mengetahui Kualitas Akun TikTokmu!

Oleh karena itu, kami sarankan Sobat MEA untuk mendapatkan produk dari supplier langsung agar dapat melihat produknya sendiri dan memasarkannya secara langsung.

Cara Mencari Supplier di TikTok Shop

Nggak pede ngonten di depan kamera?

Serahkan ke kami dengan Jasa Kelola TikTok dengan talent berpengalaman!

Umumnya, orang yang butuh supplier adalah mereka yang membuka bisnis dropship di TikTok atau mereka yang menjadi reseller dalam untuk sebuah produk. Nah, setelah mengetahui pengertian dari supplier, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui cara mencari supplier di TikTok yang terpercaya dengan mudah dan efektif. Berikut beberapa langkah yang bisa Sobat MEA lakukan

1. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Langkah pertama dalam cara mencari supplier di TikTok Shop adalah Sobat MEA harus mengetahui produk apa yang ingin dijual. Dengan menentukan produk, Sobat MEA akan lebih mudah mencari supplier yang tepat. Selain itu, Sobat MEA juga sudah mulai ada gambaran mengenai target market dan jenis konten seperti apa yang ingin digunakan untuk memasarkan produk tersebut.

2. Cari di TikTok Shop

Setelah menentukan produk yang ingin dijual, Sobat MEA bisa melakukan riset untuk mencari supplier. Cara mencari supplier di TikTok Shop ini bisa Sobat MEA lakukan di TikTok Shop maupun mencari di marketplace lain.

Caranya, Sobat MEA bisa melihat akun supplier tersebut. Jika supplier tidak memiliki akun TikTok, Sobat MEA bisa melihat akun reseller dan dropshipper lainnya untuk mendapatkan referensi supplier. Selain itu, Sobat MEA juga bisa melihat di marketplace dan sosial media lainnya untuk menemukan supplier yang tepat.

3. Kunjungi Bazzar atau Pameran

Tidak sedikit acara pameran atau bazar mengenai usaha dan UMKM yang bisa Sobat MEA kunjungi. Dalam acara ini, Sobat MEA dapat bertemu dan bertanya secara langsung dengan para pemilik produk. 

Artikel Terkait  Cara Membuat TikTok yang Lagi Viral dengan Ganti Baju

Bahkan Sobat MEA bisa mencari lebih banyak supplier dengan berbagai jenis kualitas dan harga produk yang berbeda. Jadi pilihan Sobat MEA akan lebih banyak dan bisa langsung membandingkan supplier dari berbagai macam aspek. Mulai dari kualitas produk, harga, hingga cara mereka berkomunikasi.

4. Gabung Forum Online

Belajar ngonten, jualan, hingga ngiklan di sini!

Gabung ke Kelas TikTok dan pelajari cara berjualan TikTok mulai dari pemula hingga profesional!

Sobat MEA juga bisa mencari supplier lewat forum online untuk mendapatkan tips dan rekomendasi berbagia macam supplier sesuai dengan produk yang ingin dijual. Dengan adanya forum ini, Sobat MEA bisa bertanya langsung kepada sesama dropshipper atau reseller mengenai pengalamannya. 

Dengan begitu, Sobat MEA mendapatkan gambaran tambahan mengenai proses bekerja sama dengan supplier dan bagaimana cara mencari supplier di TikTok Shop yang tepat dan terpercaya.

5. Kunjungi Supplier Secara Langsung

Riset melalui TikTok Shop aja nggak cukup. Sobat MEA juga bisa mengunjungi tempat produksi supplier secara langsung. Hal ini bertujuan untuk melihat langsung proses produksi dan melihat produk secara langsung. Dengan begitu Sobat MEA juga bisa mengetahui kualitas produk yang ingin dijual. Jika sudah cocok dengan supplier dan produknya, Sobat MEA bisa menyampaikan bahwa ingin menjadi reseller atau dropshipper mereka. 

Cara mencari supplier di TikTok Shop dengan mengunjungi supplier secara langsung bisa mempererat hubungan kedua belah pihak agar komunikasi lebih lancar dan meningkatkan rasa saling percaya. Selain itu, Sobat MEA juga bisa menawar dan mendapatkan harga yang lebih murah, loh.

cara mencari supplier di tiktok shop

Selain memastikan produknya yang berkualitas, Sobat MEA juga harus bisa mencari supplier yang komunikatif dan responsif agar proses jual beli dan koordinasi seputar produk dapat berjalan dengan lancar. Sobat MEA juga harus bisa bernegosiasi dengan supplier agar harga produk dapat bersaing di pasaran.

Hindari menjual produk dengan harga yang terlalu murah agar tidak disangka produk palsu dan Sobat MEA tetap bisa mendapatkan untung. Jangan juga menjual produk dengan harga di atas rata-rata karena ini hanya akan membuat konsumen membeli produk di dropshipper atau supplier lain.

Itu dia pembahasan seputar cara mencari supplier di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA coba. Baca juga artikel kami lainnya seputar bisnis online dan cara berjualan di TikTok Shop biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment