Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest Termudah. Emang Bisa?

by Fanny
Cara mendapatkan traffic dari pinterest

Percaya nggak kalau ada cara mendapatkan traffic dari Pinterest dan menguntungkan untuk bisnis? Pasti Sobat MEA belum familiar kan dengan menjalankan strategi pemasaran melalui aplikasi ini? Padahal, Pinterest sendiri sudah memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif, loh. Jadi Sobat MEA tidak boleh melewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan bisnis!

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara beralih ke akun bisnis di Pinterest serta cara mendapatkan traffic dari Pinterest ke website bisnis atau toko online. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

Table of Contents

Cara Beralih ke Akun Bisnis di Pinterest

Belajar bisnis kok otodidak? Langsung dari ahlinya, dong!
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach berpengalaman dengan klik di sini. Gratis!

Agar bisa melakukan cara mendapatkan traffic dari Pinterest dengan lebih cepat dan optimal, maka Sobat MEA perlu beralih dari akun personal ke akun bisnis terlebih dahulu. Akun bisnis ini sendiri memiliki fitur tambahan yang tidak akan Sobat MEA dapatkan dari akun personal.

Salah satu contohnya adalah akun bisnis akan memaksimalkan konten atau pin Sobat MEA agar bisa dijangkau oleh pengguna lain yang memiliki minat yang sama. Selain tu, akun bisnis Pinterest juga dilengkapi dengan analytic tool yang akan menampilkan semua informasi performa pin yang diunggah.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat akun bisnis di Pinterest:

  • Buka aplikasi atau situs web Pinterest melalui browser pada perangkat yang digunakan, kemudian lanjutkan dengan login ke akun yang ingin Sobat MEA ubah ke akun bisnis.
  • Masuk ke profil dengan klik foto profil di sebelah kanan bawah.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu Setting dengan klik ikon Pengaturan yang ada di sebelah kanan atas.
  • Pilih menu Manajemen akun.
  • Kemudian klik Konversikan ke akun bisnis. Selanjutnya akan muncul tombol warna merah dengan tulisan Konversikan akun. Klik tombol tersebut.
  • Isikan beberapa kuesioner sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Isikan juga situs web Sobat MEA pada kolom yang tersedia. Lanjutkan dengan klik Berikutnya.
  • Akun bisnis di pinterest sudah berhasil dibuat dan Sobat MEA bisa melanjutkan cara mendapatkan traffic dari Pinterest!
Artikel Terkait  Kenapa Google Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan 9 Solusinya!

Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest

Kesulitan Mengelola Bisnis Online Sendirian?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap membantu dari 0 hingga omset jutaan. Klik di sini!

Setelah akun bisnis dibuat dan seluruh informasi yang diisikan sudah benar, maka Sobat MEA bisa langsung melakukan 5 cata meningkatkan traffic dari Pinterest dengan beberapa cara yang efektif ini:

1. Buat Pin yang Mengarah ke Website

Cara mendapatkan traffic dari Pinterest yang pertama adalah dengan menyematkan alamat website pada setiap pin yang akan diunggah. Berikut adalah caranya:

  • Masuk ke aplikasi Pinterest, kemudian klik ikon “+” di tengah bawah.
  • Pada menu Start creating now, klik Pin.
  • Lanjutkan dengan pilih gambar mana yang ingin Sobat MEA unggah.
  • Isikan judul, deskripsi singkat, dan link yang mengarahkan audiens untuk membuka website Sobat MEA ketika mereka mengklik pink atau foto yang diunggah tadi.
  • Lanjutkan dengan klik Next di sebelah kanan atas.
  • Pilih papan yang akan Sobat MEA gunakan untuk menyimpan unggahan tadi.

2. Memaksimalkan Pemakaian Kata Kunci

Perlu diingat bahwa pin Sobat MEA bisa ditemukan oleh semakin banyak pengguna jika Sobat MEA menggunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci ini bisa Sobat MEA sematkan pada profil akun, judul unggahan, deskripsi pin, dan lain sebagainya. Penggunaan kata kunci yang relevan akan membantu algoritma Pinterest untuk membantu menampilkan pin Sobat MEA sesuai dengan kata pencarian yang digunakan oleh pengguna.

Untuk bisa menemukan kata kunci yang tepat, Sobat MEA juga bisa menggunakan fitur Guided Search yang akan menampilkan kata kunci relevan dan bisa Sobat MEA pilih sesuai dengan pin yang dibuat.

3. Bergabung ke Group Boards

Cara mendapatkan traffic dari pinterest

Cara mendapatkan traffic dari Pinterest berikutnya adalah dengan bergabung ke group boards. Grup ini biasanya berisi banyak orang yang memiliki ketertarikan atau topik yang sama pada pin mereka. Sobat MEA bisa bergabung pada beberapa group boards sekaligus yang sesuai dengan niche pin Sobat MEA. Dengan cara ini, Sobat MEA dan anggota grup lainnya bisa saling mengunjungi website bisnis dan saling membantu untuk meningkatkan traffic.

4. Pantau Repins dan Engagement

Repins adalah sebuah aktivitas di mana pengguna lain melakukan pin ulang atau istilahnya repost pin Sobat MEA. Semakin tinggi repins, berarti semakin banyak pengguna yang melihat pin Sobat MEA dan membagikannya kembali. 

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan mengingat pin Sobat MEA bisa dilihat oleh semakin banyak orang. Apalagi jika yang melakukan repin adalah pengguna Pinterest yang cukup aktif, sehingga akan meningkatkan traffic pada akun dan website Sobat MEA.

5. Mendaftar Rich Pin

Rich pin adalah layanan pin yang akan menyinkronkan informasi dengan situs web Sobat MEA secara otomatis. Di sini, rich pin akan menampilkan metadata yang akan dilampirkan pada suatu pin. Sehingga pengguna akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai pin yang sedang mereka lihat. 

Oleh karena itu, cara mendapatkan traffic dari Pinterest ini cukup efektif mengingat orang yang penasaran dengan informasi selengkapnya mengenai pin akan langsung mengklik meta data yang ditampilkan yang akan membawa mereka ke halaman website Sobat MEA secara langsung.

Artikel Terkait  Wajib Bagi Pebisnis, Ini 8 Cara Menambahkan Media Sosial di Website!

Sekian pembahasan tentang cara beralih ke akun bisnis di Pinterest serta bagaimana cara meningkatkan traffic bisnis dari Pinterest yang bisa Sobat MEA coba. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment