3 Cara Menentukan Budget Instagram Ads. Mudah dan Anti Rugi!

by Fanny
cara share link shopee affiliate

Sebagai pebisnis online, tentunya Sobat MEA sudah tidak asing dengan Instagram Ads, bukan? Fitur ini bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk agar muncul di akun target audiens yang potensial. Sehingga akan semakin banyak audiens yang mengetahui produk Sobat MEA dan berminat untuk mencoba serta membelinya. Biaya untuk Instagram Ads sendiri tidak sedikit. Inilah mengapa banyak pebisnis online yang mencari cara menentukan budget Instagram Ads agar tidak rugi.

Untuk itu pada artikel ini, kami akan membagikan cara menentukan budget Instagram Ads agar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan bisnis Sobat MEA sehingga iklan bisa berjalan dengan lebih efektif. Yuk simak pembahasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Instagram Ads?

Tingkatkan Engagement Instagram Secara Organik!
Dengan gabung ke komunitas dan dapatkan cara selengkapnya dari Coach berpengalaman di sini. Gratis!

Instagram adalah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari pemakaian untuk tujuan pribadi hingga bisnis bisa Sobat MEA lakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Salah satu fitur di dalam Instagram untuk bisnis adalah adanya Instagram Ads di mana Sobat MEA bisa mengiklankan produk dan algoritma Instagram akan menampilkan iklan ke target audiens.

Tampilan Instagram Ads pun menarik seperti konten organik, sehingga audiens tidak akan merasa terganggu dengan iklan yang muncul di Feed atau Instagram Story mereka. Bedanya, Instagram Ads dilengkapi dengan CTA atau tombol tindakan yang bisa mengarahkan audiens untuk mengunjungi website Sobat MEA jika mereka tertarik dengan produknya.

Tentu memasang iklan ini membutuhkan biaya. Inilah mengapa Sobat MEA harus mengetahui cara menentukan budget Instagram Ads agar biaya iklan yang dikeluarkan bisa memberikan hasil yang optimal dan tidak boncos.

Cara Menentukan Budget Instagram Ads

Ngiklan di Instagram Boncos Terus?
Tenang aja, ada Jasa Instagram Ads yang dikelola oleh tim berpengalaman biar anti boncos. Klik di sini sekarang juga!

Setelah memahami pengertian, cara kerja, dan tujuan dari Instagram Ads di atas, sekarang saatnya kami membagikan bagaimana cara menentukan budget Instagram Ads agar tidak boncos. Berikut adalah rumus dari biaya iklan Instagram:

Target Klik x Biaya Per-klik = Pengeluaran Iklan

Target klik adalah berapa banyak audiens yang Sobat MEA inginkan untuk mengklik atau membuka iklan yang dibuat. Hal ini artinya Sobat MEA harus menentukan ada berapa banyak orang yang diinginkan untuk mengunjungi website melalui iklan Instagram. Sedangkan biaya per klik sendiri sudah ditentukan oleh pihak Instagram dengan harga kisaran Rp. 6.000-11.000,-

Jadi misalnya saja Sobat MEA sudah menentukan target kliknya, yaitu sebanyak 300 orang. Kemudian anggap saja biaya per kliknya adalah 7.000 rupiah. Maka berikut cara menentukan budget Instagram Ads berdasarkan rumus di atas:

300 x Rp7.000,- = Rp2.100.000,-

Berdasarkan cara menentukan budget Instagram Ads di atas, Sobat MEA perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp2.100.000,- agar iklan bisa menghasilkan 300 klik dari audiens yang potensial menjadi pelanggan. Jika Sobat MEA kebingungan dengan rumusnya, Sobat MEA bisa membaliknya dengan mengetahui modal yang dimiliki dan biaya iklan per klik.

Cukup mudah bukan cara menentukan budget Instagram Ads? Semakin banyak biaya yang dikeluarkan, maka akan semakin tinggi pula target klik-nya, yang turut meningkatkan penjualan pula.

Namun hal ini bukan berarti bahwa iklan dengan biaya yang pasti sudah pasti akan menghasilkan banyak keuntungan, ya. Sobat MEA tetap bisa meraih banyak penjualan meskipun budget iklannya tidak besar. Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan perencanaan iklan yang matang, ya!

4 Tips Membuat Iklan Instagram

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, iklan Instagram akan berhasil tanpa membutuhkan biaya yang besar jika Sobat MEA mengetahui caranya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat MEA terapkan sebelum membuat iklan dan melakukan cara menentukan budget Instagram Ads:

1. Tentukan Tujuan Iklan

Pertama-tama, Sobat MEA harus menentukan tujuan pembuatan iklan itu sendiri. Apakah Sobat MEA ingin meningkatkan pengikut, meningkatkan traffic website, atau ingin meningkatkan penjualan. Setelah menentukan tujuan iklan, Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat materi dan visual iklan yang sesuai.

2. Pahami Target Audiens

Agar iklan yang dibuat bisa tepat sasaran dan Sobat MEA bisa melakukan cara menentukan budget Instagram Ads dengan pas dan hemat, Sobat MEA perlu mengetahui target audiens sendiri. Pelajari perilaku dan preferensi dari target audiens agar Sobat MEA bisa lebih mudah dalam membuat kampanye iklan di Instagram.

3. Lihat Iklan Kompetitor

cara menentukan budget Instagram Ads

4. Uji Coba Penempatan Iklan

Sobat MEA bisa memilih berbagai bentuk iklan Instagram mulai dari Instagram Feed atau Story. Untuk mengetahui mana iklan yang lebih berhasil dan efektif, maka Sobat MEA bisa melakukan uji coba penempatan iklan terlebih dahulu. Lihat mana interaksi yang lebih tinggi dan mana yang menghasilkan leads lebih banyak. Dengan begitu, Sobat MEA bisa membuat kampanye iklan yang lebih relevan dan sesuai dengan perilaku audiens untuk iklan berikutnya.

5. Sesuaikan Budget

Mengetahui cara menentukan budget Instagram Ads adalah salah satu hal utama yang bisa Sobat MEA lakukan untuk menghemat biaya iklan yang akan dikeluarkan. Hindari memasang iklan terlalu mahal karena tidak ada jaminan iklan akan langsung berhasil. Lakukan keempat cara di atas terlebih dahulu agar bisa mendapatkan pola yang tepat terlebih dahulu.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai pengertian, cara kerja, cara menentukan budget Instagram Ads, serta tips membuat iklan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment