2 Cara Mengaktifkan Mic di TikTok Agar Suara Video Terdengar

by Viki
cara mengaktifkan mic di tiktok

Sebagai Kreator, Sobat MEA tentu setuju bahwa TikTok memiliki berbagai alat yang mendukung kreativitas video. Tapi tidak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan mikrofon tidak bisa diakses, sehingga mereka tidak bisa memasukkan suara pada konten. Maka penting untuk memahami cara mengaktifkan mic di TikTok agar suaramu dapat didengar oleh pengguna lainnya di TikTok. 

Sebagaimana TikTok merupakan aplikasi video singkat yang berisi berbagai konten, Sobat MEA tentu ingin berkreasi dalam membuat konten yang menarik dan mempostingnya ke platform TikTok. Terlebih, TikTok pun menyediakan fitur lainnya yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik, merekam suara, memasukkan teks, dan lain sebagainya. 

Tapi bagaimana dengan cara mengaktifkan mic di TikTok? Yuk simak lebih lanjut pada penjelasan yang akan MiMe uraikan ini. 

Table of Contents

Cara Mengaktifkan Mic di TikTok

Mau dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Tenang. Gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga dan rasakan berbagai keuntungannya!

Umumnya, fitur mikrofon untuk aplikasi apapun termasuk TikTok, membutuhkan izin aplikasi. Menurut laman IT Geared, jika TikTok perlu izin akses mikrofon, berarti pengguna belum memberikan akses mikrofon untuk digunakan.

Tapi Sobat MEA bisa loh masuk ke pengaturan perangkat dan mengatur izin aplikasi untuk mengakses mikrofon. Jika sudah, Sobat MEA pun bisa menambahkan suara dan merekam video secara bersamaan. Ingat, setiap device tentu memiliki caranya sendiri untuk membuat mikrofon TikTok dapat digunakan, dan cara mengaktifkan mic di TikTok akan diuraikan di bawah ini!

Mengaktifkan Mic TikTok untuk Android

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!
  • Buka menu Settings di perangkat Android. 
  • Scroll ke bawah hingga muncul opsi Privacy.
  • Pada halaman Privacy, klik Permission manager.
  • Lalu klik Microphone, lalu scroll layar dan pilih TikTok.
  • Terakhir, centang tombol Allow untuk mengizinkan akses mikrofon di TikTok.

Mengaktifkan Mic TikTok untuk iPhone

Sedangkan jika Sobat MEA adalah pengguna iPhone, tenang saja, berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan mic di TikTok:

  • Buka menu Settings di iPhone.
  • Scroll ke bawah hingga muncul opsi TikTok.
  • Aktifkan Toggle di sebelah opsi microphone untuk mengizinkan akses TikTok menggunakan mikrofon. Tunggu hingga warna toggle berubah menjadi hijau.

Cara Mengatur Volume Suara di TikTok

Ada kalanya suara yang dihasilkan rekaman video TikTok tidak terdengar jelas meskipun izin akses mikrofon sudah diaktifkan. Tapi Sobat MEA bisa mengatasinya dengan mengatur volume suara agar audio terdengar jelas. Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketika Sobat MEA merekam video di TikTok, klik Add Sound yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih opsi Volume di pojok kanan bawah.
  • Atur penggeser yang ada di sebelah Original sound untuk memperbaiki volume suara asli di TikTok.
  • Selesai!

Tapi jika Sobat MEA masih mendapatkan masalah seputar volume suara di TikTok, silakan mulai ulang aplikasi atau perangkat, periksa kondisi mikrofon HP, atau pasang ulang aplikasi TikTok untuk mengatasinya. 

Itulah panduan terkait cara mengaktifkan mic di TikTok yang perlu dilakukan ketika suara tidak terdengar dalam video. Semoga informasi ini dapat membantumu mengatasi permasalahan di TikTok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment