Cara Menganalisis Data Penjualan Shopee. Seller Wajib Paham!

by Viki
cara menganalisis data penjualan shopee

Sebagai penjual, data penjualan sangat diperlukan untuk memantau performa toko dan perkembangannya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan cara menganalisis data penjualan Shopee yang membantumu untuk mendapatkan akurasi hasil penjualan di Shopee. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Analisis Data?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Pusat Edukasi Penjual Shopee, analisis data adalah metode pengolahan data menjadi informasi yang menentukan keputusan terbaik seputar bisnis. Ini penting dilakukan karena kesuksesan bisnis jangka panjang tidak hanya datang dari penjualan yang baik, tapi juga mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas.

Itulah mengapa analisis data berperan besar dalam bisnis. Data-data yang telah dikumpulkan ini perlu diproses dan diubah menjadi informasi yang mudah dipahami. Kemudian hasil analisis data ini memberikanmu visualisasi yang lebih baik tentang bagaimana performa bisnismu berjalan di masa depan. 

Dengan menganalisis data penjualan, Sobat MEA dapat mengambil keputusan dengan tepat. Tentunya bisnis akan terus berkembang jika Sobat MEA melakukan analisis ini terutama pada hal-hal seputar performa toko, tren, dan solusi untuk mengoptimalkan kinerja operasional. 

Cara Menganalisis Data Penjualan Shopee

Apa itu Program KOL Mission?

Nah, setelah memahami pengertian dari analisis data dan mengetahui betapa pentingnya analisis data bagi toko untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk implementasi cara menganalisis data penjualan Shopee:

1. Tentukan Tujuan

Mau produkmu makin laris manis?
Yuk mulai dipromosikan oleh partner yang profesional hanya dari MCN Shopee MEA! Jualan makin cuan~

2. Kumpulkan Data

Pada tahap ini, pastikan Sobat MEA telah memiliki garis besar atas pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya. Sobat MEA pun dapat memaksimalkan fitur-fitur Shopee untuk melihat dan menyimpan data yang dibutuhkan.

Dengan analisis data Shopee, Sobat MEA dapat melihat data secara langsung dengan mengeklik Data Real-time. Fitur ini akan menampilkan data harian yang akan ter-update setiap 5 detik.

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga bisa menyimpan data-data yang diperlukan dengan mengeklik Download Data. Ini akan memberikan data yang spesifik mengenai penjualan sesuai dengan periode waktu yang dipilih. 

Bahkan Sobat MEA juga dapat mengakses data yang lebih spesifik pada halaman Produk, Penjualan & Layanan, Promosi di halaman Performa Toko. 

3. Analisis Data

Barulah Sobat MEA bisa menganalisis data melalui data-data yang didapatkan. Pada tahap ini, analisisa data dapat dilakukan langsung dengan melihat data yang ditampilkan atau di sheet yang telah di download

4. Lakukan Pengambilan Keputusan

Terakhir adalah langkah yang paling penting yaitu pengambilan keputusan, perencanaan, hingga kesimpulan. Ini patut diperhatikan baik-baik karena dapat mempengaruhi jalannya bisnis.

Ketika mengambil keputusan, pastikan Sobat MEA sudah memikirkannya secara matang, fokus, dan tidak terburu-buru untuk menghindari kesalahan. Sobat MEA juga bisa mendiskusikannya bersama tim untuk meminta pendapat sebagai pertimbangan.

Demikian panduan mengenai cara menganalisis data penjualan Shopee. Dengan hal ini, Sobat MEA dapat memahami apa yang akan terjadi, bagaimana cara menjalankan bisnis. Tentunya ini semua penting untuk memaksimalkan penjualan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment