Lakukan 2 Cara ini Jika Akun Google Bisnisku Ditangguhkan. Wajib Tahu!

by Fanny
cara mengatasi google bisnisku ditangguhkan

Melakukan bisnis online berarti juga harus siap berurusan dengan hal-hal yang diluar kendali kita. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah akun Google Bisnis ditangguhkan. Kejadian seperti ini selalu membuat banyak pebisnis online jadi bingung, kesal dan pusing untuk mencari tahu bagaimana cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan

Jika Sobat MEA mengalami hal yang sama, dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kenapa Google Bisnis ditangguhkan, jenis-jenis penangguhan Google Bisnisku, dan cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan. Yuk simak selengkapnya!

Table of Contents

6 Alasan Google Bisnisku Ditangguhkan

Gak ada kata terlambat untuk belajar bisnis
Yuk gabung di grup bisnis MEA GRATIS

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan, Sobat MEA perlu mengetahui beberapa penyebab GMB atau Google My Business bisa ditangguhkan. Emang apa aja? Berikut adalah beberapa alasan serta penjelasannya:

1. Nama Bisnis Menggunakan Kata-Kata Manipulatif

Google sangat berhati-hati dengan pengeditan nama Google Bisnisku yang mengarah kepada spam atau deskripsi di bagian judul. Jadi Sobat MEA nggak bisa mencantumkan nama Google Maps dengan rentetan nama yang panjang karena Google akan menganggap bahwa itu mengarah ke spam agar titik semakin mudah ditemukan. Oleh karena itu, akun Google Bisnis ditangguhkan karena penamaannya menggunakan terlalu banyak kata kunci dan terkesan spam.

2. Terindikasi Klaim Tempat Orang Lain

Di tahun 2021, Google sudah mencatat adanya indikasi dimana banyak orang nggak bertanggung jawab melakukan klaim pada bisnis milik orang lain. Alhasil, saat ini Sobat MEA akan mengalami sedikit kesulitan untuk membuat titik baru di Google maps.

3. Akun Pernah Melakukan Penipuan

Titik-titik di maps yang terindikasi melakukan penipuan kepada customer akan ditangguhkan oleh Google. Jadi jika akun Sobat MEA pernah melakukan penipuan, maka siap-siap saja akun Google Bisnisku milik Sobat MEA akan ditangguhkan. Dalam hal ini, Google jauh lebih sensitif. Bahkan akun-akun yang baru terindikasi melakukan penipuan juga bisa langsung ditangguhkan dan Sobat MEA harus mencari cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan.

4. Banyak Review Palsu

Butuh bantuan rating produk di TikTok, Shopee dan Tokopedia?
Pakai aja jasa review MEA dijamin organik dan 100% aman!

Membuat review sendiri sih wajar, ya. Tapi kalau Sobat MEA membuat review yang diluar nalar dan cenderung berlebihan, Google akan mendeteksinya sebagai spam. Tapi nggak perlu khawatir, Google nggak akan langsung menangguhkan akun Google Bisnisku, kok. Dalam kasus ini, pihak Google umumnya akan memberikan peringatan terlebih dahulu agar Sobat MEA menghapus review yang berlebihan tadi. 

5. Alamat Bermasalah

Penyebab akun Google Bisnisku ditangguhkan selanjutnya bisa karena alamat yang dipasang sulit untuk ditemukan. Bisa juga karena user banyak yang melaporkan bahwa alamat nggak yang Sobat MEA masukan nggak sesuai dengan titik. Selain itu, bisa juga alamat yang dipakai sudah digunakan oleh banyak bisnis lainnya. Jika sudah seperti ini, Sobat MEA harus cepat-cepat mencari tahu masalah dan cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan.

6. Toko Hanya Ada di Online

Tujuan dari pembuatan akun Google Bisnisku adalah agar toko offline Sobat MEA bisa mudah ditemukan oleh customer yang mencari secara online. Namun jika toko Sobat MEA hanya tersedia di online dan nggakmemiliki toko fisik, maka hal ini bisa membuat akun Google Bisnisku ditangguhkan.

Artikel Terkait  Ini Ide Nama Brand Hijab yang Bisa Ditiru. Contek Yuk!

Karena itu, sebelum menggunakan Google My Business, Sobat MEA harus punya minimal 1 alamat yang digunakan sebagai toko offline. Tokonya juga nggak harus bagus dan rapi kok.

2 Jenis Google Bisnisku Ditangguhkan dan Cara Mengatasinya

google bisnisku ditangguhkan

Setelah mengetahui penyebab-penyebab akun Google Bisnis ditangguhkan, Sobat MEA juga harus mengetahui jenis penangguhan serta cara mengatasinya. Perlu Sobat MEA catat, cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan akan berbeda tergantung dari jenis penangguhannya. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Google Bisnisku Ditangguhkan Ringan

Pertama adalah cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan ringan. Penangguhan ini akan terjadi jika akun Sobat MEA memiliki label belum diverifikasi. Cara mengetahuinya adalah saat login ke akun Google Bisnisku, Sobat MEA akan melihat pemberitahuan penangguhan akun. Meski ditangguhkan, umumnya cantuman yang Sobat MEA buat tetap tertera dan ditampilkan Google serta Google Maps.

Cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan ringan ini cukup mudah. Sobat MEA cukup membuka akun Google dan klaim kembali cantuman. Sobat MEA harus menyelesaikan proses verifikasi lagi dan pastikan Sobat MEA memenuhi semua pedoman dan menyelesaikan masalah yang menyebabkan akun Google Bisnisku ditangguhkan.

2. Google Bisnisku Ditangguhkan Berat

google bisnisku ditangguhkan

Selanjutnya ada penangguhan berat. Jika Google Bisnisku ditangguhkan secara berat, maka ini adalah masalah yang serius. Jika terkena penangguhan berat ini, maka Sobat MEA nggak akan bisa melihat catatan daftar dan akan ada pemberitahuan penghapusan akun saat membuka akun. Kendati demikian tetap ada cara mengatasi Google Bisnisku ditangguhkan berat ini.

Biasanya, Google akan meminta bukti terkait bisnis yang Sobat MEA jalankan, seperti:

  • Tagihan utilitas dengan alamat yang sama dengan alamat Google Bisnisku ditangguhkan.
  • Dokumen seperti izin usaha atau formulir pajak yang mencatumkan alamat yang sama.
  • Bukti alamat fisik, seperti foto toko dengan etalase, papan nama, dan alamat lengkap.
  • Bukti bahwa Sobat MEA nggak berbagi ruang kantor dengan usaha bisnis lainnya.
  • Konfirmasi akun Google Bisnisku dengan URL dashboard.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab, jenis, serta cara mengatasi akun Google Bisnisku ditangguhkan. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang memang sedang bingung dan mengalami masalah ini ya!

You may also like

Leave a Comment