Cara Mengatasi Masalah di TikTok Shop. Seller Wajib Tahu!

by Bimboi
cara mengatasi masalah di tiktok shop

TikTok Shop sekaran menjadi salah satu platform social commerce yang digandrungi oleh banyak kalangan. Hal ini diperkuat oleh banyak sekali orang yang menikmati menonton video dan berbelanja di aplikasi ini. Selain cara berjualan, Sobat MEA selaku seller TikTok Shop mengetahui cara mengatasi masalah di TikTok Shop.

Ada berbagai jenis masalah di TikTok Shop yang umumnya dirasakan banyak pengguna. Ada yang termasuk masalah umum ada juga yang termasuk masalah khusus. Apa saja masalah umum di TikTok Shop yang sering terjadi? Apa sajamasalah khusus yang bisa saja menimpa seller

Nah dalam artikel ini kita akan membahas berbagai masalah umum dan khusus di TikTok Shop sekaligus cara mengatasi masalah di TikTok Shop. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung kita masuk saja pada pembahasannya di bawah ini! 

Table of Contents

7 Masalah Umum di TikTok Shop

buku tiktok shop

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, ada berbagai jenis masalah yang kerap terjadi para para seller maupun pengguna TikTok. Nah pada poin ini, kita akan membahas beberapa masalah umum di TikTok Shop. Setidaknya ada 7 masalah umum yang kerap terjadi. Berikut ini adalah masalah-masalahnya:

1. Akun Tidak Bisa Login

Masalah umum di TikTok Shop yang umum terjadi adalah tidak bisa login. Hal ini bisa disebabkan oleh cookies dan cache yang menumpuk. Sobat MEA bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya. 

Sebelum login ke TikTok Shop, Sobat MEA bisa menghapus cache dengan cara:

  • klik ikon Titik Tiga di pojok kanan atas, kemudian klik Setting
  • Lalu, ketuk pada menu Privacy and Security.
  • Ketuk kolom centang Cookies and Other Site Data, kemudian ketuk Clear Data.
  • SelesaiJika sudah melakukan hal ini, Sobat MEA bisa mencoba kembali login ke akun TikTok Shop.

2. Fitur TikTok Shop Tidak Muncul

Perlu diingat, jika umur Sobat MEA di bawah 18 tahun, maka Sobat MEA tidak dapat mengakses TikTok Shop. Jika Sobat MEA salah dalam menginput umur, sebaiknya Sobat MEA mengganti tanggal lahir di TikTok.

3. Produk Tidak Bisa Ditambahkan

Mau belajar jualan di TikTok Shop yang baik dan benar?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas Seller TikTok MEA sekarang juga. GRATIS!

Jika Sobat MEA tidak bisa menambahkan produk di TikTok Shop, bisa jadi ada beberapa penyebab, yaitu informasi produk tidak lengkap, pemetaan kategori tidak benar, tidak lolos Quality Control (QC), dan upload produk tidak sesuai ketentuan. 

Cara mengatasi masalah di TikTok Shop ini cukup sederhana. Sobat MEA dapat memahami terlebih dahulu pedoman produk yang dilarang TikTok Shop, buat surat izin beredar untuk produk makanan dan minuman, dan hindari menjual produk terlarang.

4. Transaksi Tidak Bisa Diselesaikan

Transaksi tidak bisa diselesaikan bisa disebabkan oleh informasi data pembayar keliru, metode pembayaran tidak didukung, terdapat masalah dengan bank atau lembaga pembayaran Sobat MEA, dana tidak mencukupi untuk transaksi, dan autentikasi gagal.

Ada beberapa cara mengatasi masalah di TikTok Shop yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa Sobat MEA lakukan:

  • Pastikan dan verifikasi informasi pembayaran.
  • Periksa dan pastikan koneksi internet lancar dan bersihkan cache TikTok terlebih dahulu.
  • Periksa informasi identitas dan pastikan akurat. Identitas yang dimaksud antara lain, nama rekening, email, alamat dan lain sebagainya.
  • Hubungi pihak bank dan tanyakan detail mengenai penolakan pembayaran di TikTok Shop.
  • Coba gunakan metode pembayaran lain.
  • Jika diblokir untuk melakukan transaksi lain, Sobat MEA jangan lakukan transaksi lagi setidaknya untuk 24 jam.
  • Pastikan memasukkan jumlah pembayaran yang sesuai.

5. Komisi Tidak Masuk

6. Akun Terkena Pelanggaran

TikTok akan memberikan poin bagi akun yang melanggar ketentuan dari TikTok Shop. pelanggaran tersebut adalah menjual amunisi dan senjata, benda berbahaya dan beracun, bagian tubuh dan jenazah manusia, hewan, satwa liar, dan tumbuhan yang dilindungi, produk dan layanan dewasa, dan produk diskriminatif.

Sobat MEA akan menerima surat peringatan pelanggaran resmi dari TikTok jika memang telah menyalahi aturan, dan akan diberikan lima (5) poin sebelum mencapai batas poin pelanggaran, yaitu 12-23 poin. 

7. Tidak Bisa Live

Ternyata tidak semua pengguna TikTok bisa menggunakan fitur live TikTok. Ada lima (5) alasan kenapa tidak bisa live, yaitu belum memenuhi batas usia 16 tahun, tidak memiliki followers, aplikasi TikTok belum diperbaharui ke versi paling baru, koneksi internet yang buruk, dan akun pengguna terkena pelanggaran TikTok. 

Sobat MEA bisa melalukan hal-hal di bawah ini untuk cara mengatasi malah di TikTok Shop yang satu ini:

  • memperbaharui identitas akun.
  • meningkatkan jumlah followers.
  • memeperbaharui aplikasi TikTok.
  • Mematuhi peraturan dan kebijakan TikTok.
  • Memeriksa koneksi internet.

Masalah Khusus di TikTok Shop

Saatnya semua masalah di akun TikTok kamu terselesaikan!
Saatnya berjualan dan ngonten di TikTok dengan aman dan nyaman. Yuk gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga!

Selain masalah umum yang sering dialami pengguna TikTok, terdapat masalah khusus yang tidak semua orang bisa mengalaminya, yaitu:

Akun Diblokir

Akun pengguna Tiktok dapat diblokir jika terdapat indkasi-indikasi yang membahayakan, seperti pemilik akun masih di bawah umur, adanya unsur penipuan, terdapat tanda-tanda peretasan, memposting konten tindak kriminal dan provokatif, mengkampanyekan produk alkohol, narkoba, dan obat terlarang lainnya, melakukan spam komentar dan video, dan konten yang bersifat intimidasi atau pelecehan seksual. 

Produk Dihapus

Masalah tersebut adalah kesalahan pengaturan akun yang seharusnya bisnis, bukan personal. Lalu, pembatasan wailyah untuk beberapa jenis konten dan iklan. Karena beberapa wilayah terdapat perbedaan peraturan. Konten yang tidak relevan dengan TikTok dan yang terakhir penggunaan tagar yang tidak tepat, sehingga produkmu tidak muncul. 

Akun Terkena Pelanggaran Ringan dan Berat

Masalah khusus di TikTok Shop yang sangat ditakuti seller maupun pengguna lain adalah terkena pelanggaran ringan dan berat. Misalnya akun tidak bisa upload konten, tidak bisa mengakses akun, akun diblokir sampai terkena shadow banned yang membuat view TikTok 0.

2 Cara Mengatasi Masalah Khusus di TikTok Shop

Setelah mengetahui masalah khusus di TikTok Shop, bagaimana cara mengatasi masalah di TikTok Shop yang special case ini? Nah untuk solusi tersebut, yuk langsung aja simak 2 poinnya di bawah ini!

Hubungi TikTok Shop

Sobat MEA bisa menghubungi TikTok melalui situs bantuan TikTok untuk meminta bantuan TikTok dalam mengatasi permasalahan yang Sobat MEA alami. Sobat MEA bisa langsung menghubungi CS TikTok dan berkomunikasi untuk menyampaikan masalah khusus yang dialami.

Gabung MCN TikTok MEA

Jika solusi di atas tidak berhasil, Sobat MEA bisa bergabung ke MCN TikTok. Jika bergabung dengan MCN alias agency TikTok, Sobat MEA akan dibantu jika mengalami masalah di TikTok Shop, dibantu agar livenya semakin ramai, kolaborasi antar brand dan affiliator, komisi extra, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu rasakan benefitnya!

MCN TikTok MEA sendiri dipandu oleh AM atau Account Manager yang bertugas untuk membantu berbagai masalah dari anggota MCN TikTok, baik itu seller maupun affiliate. Account Manager di MCN TikTok MEA dapat mengatasi masalah akun terkena blokir, terkena pelanggan dan mengatasi masalah-masalah khusus lain di TikTok Shop.

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan ketika Sobat MEA mendapatkan masalah di TIkTok. Salam satu juta pembeli! 

You may also like

Leave a Comment