5 Penyebab dan Cara Mengatasi Ongkir yang Mahal di Shopee

by Fanny
cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee

Pernah nggak melihat produk yang kita inginkan, lalu harganya oke, eh tapi ongkirnya mahal? Pasti Sobat MEA jadi memikirkan ulang untuk membeli produk tersebut, dong? Tapi Sobat MEA penasaran nggak sih kenapa harga ongkir bisa mahal bahkan kadang lebih mahal daripada harga barang itu sendiri? Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa alasan dan cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee agar Sobat MEA bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa mahal. Yuk simak!

5 Penyebab Harga Ongkir di Shopee Mahal

Mau belajar jualan di Shopee yang dipandu oleh praktisinya secara langsung?

Yuk gabung di Komunitas Seller Marketplace MEA. GRATIS!

Sebelum membahas cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee, Sobat MEA perlu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan harga ongkir bisa selangit. Dengan begitu Sobat MEA bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Berikut beberapa alasan yang membuat harga ongkir di Shopee menjadi mahal:

1. Lokasi Pengiriman

Hal pertama yang membuat biaya pengiriman menjadi mahal adalah dari lokasi. Semakin jauh jarak antara toko pengirim dan alamat Sobat MEA, maka akan semakin tinggi pula ongkir yang akan dikenakan. Tidak hanya itu saja, detail lokasi pengiriman juga bisa mempengaruhi biaya pengiriman. Seperti misalnya rumah Sobat MEA terletak di area terpencil, jauh dari jalan raya, bahkan sulit diakses oleh kendaraan, sehingga hal ini turut meningkatkan biaya pengiriman.

2. Berat Paket

Tidak hanya lokasi pengiriman saja yang membuat banyak orang mencari cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee, namun berat paket yang dikirimkan juga akan mempengaruhi ongkos kirim. Biaya ongkos kirim biasanya dikenakan perkilo berat produk

Jika barang yang ingin Sobat MEA beli beratnya di bawah 1 kg, maka harga yang akan dikenakan sama dengan harga untuk pengiriman barang dengan berat 1 kg. Jika paket memiliki berat lebih dari 1 kg, maka biaya yang dikenakan adalah kelipatannya sesuai dengan berat produk. Jadi semakin berat paketnya, semakin mahal pula ongkirnya.

Artikel Terkait  Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang? Ternyata Gampang!~

3. Jasa Pengiriman

Penasaran kenapa toko kalah saing?

Makanya, pakai Jasa Iklan Shopee aja biar bisa tingkatkan penjualan secara optimal!

Ada banyak jasa pengiriman yang bisa Sobat MEA pilih ketika berbelanja di Shopee. Namun ada pula toko yang hanya menyediakan 1 jasa pengiriman saja sehingga tidak bisa Sobat MEA ubah ke jasa pengiriman lain.

Setiap jasa pengiriman sendiri memiliki tarif yang berbeda-beda. Selisih harganya sendiri tidak banyak berbeda, mungkin hanya sekitar 2-4 ribu rupiah saja. Namun perbedaan harga ini akan sangat terasa jika barang yang dikirimkan berada di tempat yang jauh dan paketnya memiliki berat diatas rata-rata.

Selisih harga pada jasa pengiriman ini juga turut mempengaruhi kecepatan dan keamanan pengiriman. Jadi pastikan Sobat MEA memilih jasa pengiriman yang terpercaya, ya.

4. Jenis Pengiriman

Proses pengiriman ada berbagai jenisnya, mulai dari reguler, express, kargo, dan lainnya. Jenis pengiriman ini turut mempengaruhi biaya pengiriman. Seperti misalnya pengiriman reguler yang membutuhkan waktu 2-4 hari untuk sampai ke alamat tujuan akan dikenakan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan pengiriman Shopee Express yang hanya memakan waktu 1-2 hari saja. 

Pengiriman kargo sendiri juga dikenakan biaya yang lebih mahal karena biasanya barang yang dikirim berukuran besar dan membutuhkan alat tertentu untuk membawanya. Selain itu, biasanya pemilihan pengiriman kargo digunakan untuk mengirimkan barang ke luar pulau, jadi harga ongkirnya jauh lebih mahal.

5. Tidak Menggunakan Voucher Gratis Ongkir

5 Cara Mengatasi Ongkir yang Mahal di Shopee

Mau belajar jualan di Shopee langsung dari ahlinya?

Ikuti Kelas Shopee dan dapatkan tips dan trik jualan di Shopee terbaru!

Setelah mengetahui beberapa penyebab mahalnya ongkos kirim, sekarang saatnya kami membagikan beberapa cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee yang bisa Sobat MEA coba agar dapat membeli produk dengan biaya pengiriman yang lebih murah.

1. Pilih Toko Terdekat

Masalah pertama yang menyebabkan ongkir jadi mahal adalah jarak antara toko dan alamat pengiriman yang berjauhan. Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee untuk masalah ini adalah dengan memilih toko Shopee yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi Sobat MEA. Bisa toko yang hanya berbeda kota atau masih berada di satu provinsi yang sama. Dengan begitu, biaya pengiriman yang dikenakan tidak akan terlalu mahal.

Selain itu, meskipun barang yang Sobat MEA beli cukup berat dan besar, biayanya pun masih lebih terjangkau dibandingkan membeli produk dari toko yang berada di provinsi atau pulau yang berbeda.

2. Pilih Jasa Pengiriman Termurah

cara mengatasi ongkir yang mahal di shopee

Sobat MEA juga bisa melakukan cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee dengan memilih jasa pengiriman dengan harga yang lebih murah. Pilih juga jenis pengiriman reguler yang akan sampai dalam 2-4 hari karena tarifnya lebih murah dibandingkan pengiriman express atau same day.

3. Pakai Voucher Gratis Ongkir

4. Pilih Toko yang Tepat

Perlu diingat bahwa tidak semua voucher gratis ongkir dapat digunakan untuk semua toko. Jadi Sobat MEA harus memastikan bahwa produk dari toko yang diinginkan dapat dibeli dengan menerapkan voucher gratis ongkir.

Sobat MEA juga bisa memanfaatkan voucher yang disediakan oleh toko untuk mendapatkan potongan harga. Jadi meskipun Sobat MEA tidak bisa mengurangi biaya pengiriman, Sobat MEA tetap dapat berhemat dengan potongan harga yang diberikan oleh toko.

5. Beli Paket Voucher Gratis Ongkir

Cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee ini membuat Sobat MEA harus keluar sedikit biaya. Pada menu “Gratis Ongkir dan Voucher” di bagian bawah biasanya ada pilihan voucher dengan jumlah tertentu dan dibandrol dengan nominal tertentu.

Contohnya saja ada gratis ongkir berjumlah 4 voucher dengan 3 voucher yang dapat Sobat MEA gunakan untuk mendapatkan gratis ongkir hingga 50 ribu. 1 voucher lainnya bisa Sobat MEA gunakan tanpa minimal belanja. Keempat voucher ini bisa Sobat MEA dapatkan dengan harga 20 ribu rupiah yang bisa dibeli dengan ShopeePay.

Perlu diingat bahwa voucher ini ketersediaannya terbatas dan memiliki masa waktu yang terbatas juga, ya. Jadi jika Sobat MEA berniat untuk membeli voucher ini, pastikan untuk segera memakainya dan perhatikan ketentuan pemakaiannya secara seksama agar tidak rugi.

Sekian pembahasan tentang cara mengatasi ongkir yang mahal di Shopee. Baca juga artikel lainnya seputar tips belanja dan jualan di Shopee hanya di sini!

You may also like

Leave a Comment