Jangan Takut Bersaing, Gini 6 Cara Mengatasi Perang Harga dengan Efektif!

by Viki
cara mengatasi perang harga

Sudah tidak heran lagi jika persaingan bisnis semakin ketat dari hari ke hari. Umumnya, pebisnis menawarkan harga yang lebih murah dari pesaing untuk memenangkan persaingan tersebut. Tapi cara ini bisa merusak nilai dari produk atau layanan yang dijual. Alih-alih menggunakan strategi ini, sebaiknya gunakan saja cara mengatasi perang harga yang benar agar bisnis berkelanjutan. 

Ya, ini disebut dengan perang harga. Ini terjadi ketika ada barang yang sedang banyak dicari konsumen, biasanya mulai banyak orang yang menjualnya. Sehingga membuat para pebisnis berlomba-lomba memikat hati pelanggan. Perang harga dapat terjadi di berbagai industri dan dapat memiliki dampak yang signifikan pada bisnis, baik positif maupun negatif. 

Sebenarnya cara mengatasi perang harga yang benar tidak cukup dengan memasang harga terendah. Tapi Sobat MEA juga perlu strategi penjualan untuk menentukan harga jual yang tepat untuk memenangkan persaingan dan membuat penjualan meningkat. Berikut strategi yang perlu dilakukan dalam perang harga:

6 Cara Mengatasi Perang Harga Paling Efektif

cara follow up customer lewat wa

1. Tonjolkan Nilai Produk atau Layanan

Daripada sekadar menunjukkan harga, mengapa tidak menunjukkan nilai tambah terkait bisnismu kepada pelanggan. Ini bisa berupa produk, layanan pelanggan, hingga fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh pesaing. 

Ketika pelanggan melihat nilai tambah yang Sobat MEA tawarkan, besar kemungkinan pelanggan bersedia untuk membayar harga yang lebih tinggi.

2. Variasikan Produk atau Layanan yang Ditawarkan

Cara mengatasi perang harga berikutnya adalah memberi variasi pada layanan atau produk yang Sobat MEA jual Yup, jangan hanya mengandalkan satu produk. Tambahkan juga jenis produk atau layananmu untuk mengurangi dampak perang harga. 

3. Fokus Pada Segmentasi Pasar

Cara mengatasi perang harga berikutnya adalah dengan fokus pada segmentasi, niche atau target pasar dari produk Sobat MEA. Yup, salah satu strategi yang efektif dalam mengatasi perang harga adalah dengan fokus pada segmentasi pasar. 

Alihkan perhatianmu pada pelanggan-pelanggan tertentu yang lebih bersedia membayar harga yang tinggi untuk produk atau layanan berkualitas. Kenali kebutuhan dan preferensi pelanggan dalam segmen ini dan berikan mereka solusi yang sesuai.

4. Jangan Terjebak Dalam Perang Harga

Jangan biarkan dirimu terjebak dalam perang harga tanpa perencanaan yang jelas. Ini tentu dapat merusak profitabilitas jangka panjang dan menghancurkan citra bisnismu. Sebaiknya pertimbangkan strategi lain yang dapat membantumu bersaing tanpa harus menurunkan harga produk atau layananmu.

5. Tetap Responsif dan Fleksibel

Sebagai pebisnis, penting untuk tetap fleksibel dan responsif terhadap perubahan di pasar karena perang harga berubah dengan cepat. Harap pantau harga pesaing dan siap-siap ambil tindakan jika perlu. 

Bahkan terkadang Sobat MEA perlu menyesuaikan harga untuk tetap kompetitif, tetapi pastikan Sobat MEA melakukannya dengan hati-hati dan dengan pertimbangan terhadap dampaknya pada profitabilitas.

6. Gunakan WhatsApp Marketing Untuk Promosi

Bikin Omzet Dari 0 Sampai Ratusan Juta Dengan Bantuan Robot Pintar!

Follow up ratusan pelanggan hingga menjadi cuan menjadi lebih mudah dengan bantuan robot pintar Sebari!

Untuk memenangkan hati pelanggan, pebisnis perlu terus menerus berinovasi terhadap strategi pemasaran. Mengingat saat ini sudah di era digital, alangkah lebih baik jika Sobat MEA juga menerapkan pemasaran digital seperti WhatsApp Marketing

Dalam hal ini, Sobat MEA dapat mempromosikan produk lebih efektif tanpa takut bersaing dengan siapapun. Terlebih, WhatsApp menyediakan fitur broadcast atau WA Blast yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan massal ke banyak nomor sekaligus tanpa simpan nomor dalam satu waktu.

Demikian cara mengatasi perang harga yang dapat mempertahankan keberlanjutan bisnis. Ingatlah bahwa tidak semua perang harga harus dengan menurunkan harga, tapi kelola sumber daya dengan bijak dan fokus pada pelanggan yang menghargai nilai yang ditawarkan yang dapat meraih kesuksesan yang diinginkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

You may also like

Leave a Comment