Jangan Panik, Gini Loh Cara Mengatasi TikTok yang Tidak Bisa Dibuka. Mudah!

by Viki
cara mengatasi tiktok yang tidak bisa dibuka

Meski TikTok terasa menyenangkan, tapi ada saja pengguna yang justru mengalami error saat menggunakan aplikasi TikTok. Hal ini menghambat produktivitas atau sekadar ingin merilekskan diri saat waktu luang. Nah kali ini,  MiMe akan bagikan cara mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka agar bisa di nikmati kembali. 

Sama seperti platform lainnya, TikTok pun bisa mengalami error atau dalam pengembangan hingga tidak bisa dibuka. Hal ini lantas mengganggu pengguna yang sedang menggunakan TikTok. 

Mau dapat komisi Shopee Affiliate sampai 30%?

Yuk gabung di MCN Shopee MEA sekarang juga!

TikTok yang error ini biasanya di tandai dengan video yang tiba-tiba hilang saat menontonnya, keluar sendiri dari aplikasi, hingga gagal upload video. Hal ini sangat menjengkelkan, bukan? 

Dan TikTok yang error ini umumnya terjadi karena beberapa alasan,  antara lain koneksi internet yang tidak stabil, data seluler tidak cukup, memori ponsel penuh, belum update aplikasi versi terbaru, data cache HP terlalu penuh, gangguan server pada aplikasi, dll.

Tenang, sebenarnya keadaan ini bisa di atasi hanya dengan beberapa langkah mudah. Sobat MEA pasti sudah penasaran dengan 5 cara mengatasi aplikasi TikTok tidak bisa dibuka ini. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Cara Mengatasi TikTok Error Melalui Setting

Ingin TikTok mu Lebih Cuan?

Gampang kok, asal tahu caranya. Sini, arahkan dirimu bersama mentor berpengalaman di komunitas kreator TikTok MEA agar lebih cuan di TikTok. GRATIS!!!
  1. Buka Settings.
  2. Scroll ke bawah, dan pilih Manage App and Software.
  3. Lalu pilih TikTok.
  4. Pilih Clear Cache untuk menghapus cache aplikasi.
  5. Buka kembali aplikasi TikTok.

2. Cara Mengatasi TikTok Error Melalui Permission

Saat TikTok error, bisa jadi penyebabnya belum mengaktifkan izin aplikasi ke fitur HP lainnya seperti Kamera, Kontak, Mikrofon, Foto, dan Penyimpanan. Setiap HP memiliki kemampuan fitur yang berbeda. Sehingga diperlukan untuk mengatur ulang permintaan izin tersebut.

Dalam hal ini, bisa di lakukan dengan membuka setting dan cek Permissions dengan mengaktifkan ulang izin yang tertera. 

Sementara untuk perangkat IOS, silakan buka Pengaturan > TikTok, lalu aktifkan semua izin yang terkait. 

3. Cara Mengatasi TikTok Error Melalui Update Aplikasi

Seperti yang MiMe singgung di atas, penyebabnya bisa karena aplikasi yang belum di update. Maka silakan 1 cek koneksi Internet yang digunakan dan 2 cek kembali aplikasi di Play Store dan AppStore untuk melihat versi yang terbaru dengan patch keamanan dan perbaikan fitur. Selanjutnya pilih updates available.

Jika ternyata masih ada pembaruan aplikasi, silakan pilih tulisan to Update, dan tunggu hingga proses aplikasi sepenuhnya sebelum meluncurkannya kembali.

4. Cara Mengatasi TikTok Error Melalui TikTok Lite

Hanya saja fitur yang Sobat MEA dapatkan tentu akan terbatas. Tapi karena penggunaan memori kecil, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan sajian video TikTok kembali. 

5. Restart Ponsel yang Digunakan

Aplikasi TikTok yang error bukan hanya karena sering terkena bug, bisa jadi masalah ini berasal dari ponsel yang sedang mengalami error dari sistem tertentu. 

Dalam hal ini, cobalah untuk melakukan memuat ulang (restart) ponsel yang Sobat MEA gunakan. Restart biasanya akan membantumu dalam membersihkan beberapa bug yang menyebabkan aplikasi TikTok tidak bisa dibuka.

Nah, demikian penjelasan mengenai 5 cara mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka sekaligus penyebabnya. Jika masih belum berhasil, mungkin Sobat MEA perlu mengubah koneksi Internet. Semoga bermanfaat dan lebih produktif lagi di TikTok. Semangat!

You may also like

2 comments

Dens biel112233 Maret 27, 2023 - 9:56 pm

Tixtok sy tiba” menghilang sedangkan cuan sy dari hadiah yg sy kumpulkan belum sy ambil .brengsek banget berasa dirampok sya

Reply
Ridho Oktober 3, 2023 - 9:16 pm

Kenapa tiktok saya tidak bisa di buka

Reply

Leave a Comment