Biar Gak Rugi, Yuk, Atur Berat Produk di Shopee dengan Cara Ini!

by Viki
cara mengatur berat produk di shopee

Sebagai seller yang aktif di Shopee, Sobat MEA perlu melakukan setting berat untuk produk di toko Shopee dengan akurat. Karena dapat mempengaruhi biaya ongkos kirim yang harus dibayarkan. Bagaimana cara mengatur berat produk di Shopee?

Tenang, MiMe memang bermaksud untuk membagikan informasi mengenai cara mengatur berat produk di Shopee. Sebagaimana hal ini perlu diketahui oleh semua seller Shopee. Jika Sobat MEA masih bertanya-tanya, harap simak artikel ini sampai habis. 

Mengapa Perlu Setting Berat Produk di Shopee?

Sebelum mengirim paket, jasa kirim akan melakukan kalkulasi ulang dari paket dengan menjumlahkan berat produk ditambah dengan berat kemasan yang digunakan seperti bubble wrap, kayu, atau kardus.

Jasa kirim kemudian memberlakukan biaya pengiriman yang berbeda-beda. Maka penting untuk mengisi berat yang sesuai. Sementara untuk menghitung berat paket, Sobat MEA perlu menghitungnya bersamaan dengan kemasan produk tersebut. 

Dalam hal ini, Sobat MEA perlu membungkus produk terlebih dahulu dengan jenis kemasan yang cocok dengan jenis produknya. Lalu itulah berat yang harus dimasukkan ke dalam informasi berat produk. Misal mengirim baju, maka Sobat MEA perlu membungkus baju tersebut untuk mengetahui ukuran paket baju di Shopee.

Cara Menghitung Ukuran Paket 1 Kg di Shopee

Ingin Penjualan di Shopee Terus Meningkat?

Gabung Komunitas Bisnis Shopee MEA sekarang! Akan ada full bimbingan khusus, forum diskusi yang support, serta berbagai strategi jitu jualan laris manis di Shopee.

Berat produk = (P x L x T) : 6000 x 1000 gr

Dengan rumus tersebut, Sobat MEA bisa mendapatkan ukuran paket 1 kg untuk produk apapun. Untuk ukuran berat yang kurang dari 1 kg juga bisa menggunakan rumus ini, tinggal ganti saja 1000gr dengan berat yang ingin dihitung dalam satuan gram. 

Bagaimana Cara Mengatur Berat di Shopee?

cara mengembalikan barang shopee

Perlu diketahui, salah satu manfaat dari melakukan setting produk juga dapat digunakan untuk menghindari terjadinya kasus di mana berat produk di Shopee tidak sesuai antara data yang oleh agen kurir dengan deskripsi di Shopee, sebaiknya Sobat MEA mengatur berat paket setelah packing. 

Shopee sendiri menyediakan fitur untuk penjual yaitu dapat mengubah informasi berat, ukuran yang mencakup panjang lebar dan tinggi, hingga layanan pengiriman yang sesuai dengan produk yang di jual. Adapun cara mengaturnya bisa melalui 2 cara, yaitu:

Atur Melalui Shopee Seller Centre

Jualan Makin Mantul Hanya dengan Shopeasytools

Yup, dengan Shopeasytools, jualan di Shopee jadi semudah ini. Pastinya lebih mudah, lebih cuan, dan gak pake ribet. Sudah banyak yang membuktikan!

Berikut langkah-langkah untuk mengatur berat produk di Shopee melalui Shopee Seller Centre, antara lain:

  • Kunjungi situs resmi Shopee Seller Centre di sini
  • Lalu pilih Produk Saya, klik menu Pengiriman, lalu produk yang ingin Sobat MEA atur beratnya. 
  • Selanjutnya, silakan isi informasi berat, ukuran paket, dan jasa kirim sesuai keinginan.
  • Jika ingin memilih jasa kirim, pilih bagian Ongkos Kirim untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jasa kirim yang di inginkan. 
  • Jika sudah, klik Update untuk menyimpan informasinya. 
  • Selesai!

Atur Melalui Aplikasi Shopee

Rahasia Dapat 1000 Orderan Dalam 6 Bulan

Bukan hal yang mustahil lagi untuk dapat ribuan orderan di Shopee, asal tahu rahasianya! Bagaimana sih? Yuk bongkar hanya di kelas ini!
  • Buka Aplikasi Shopee di Hp mu.
  • Pilih menu Saya, lalu pilih Toko Saya yang ada di pojok kiri atas layar.
  • Masuk ke halaman Produk Saya.
  • Pilih produk yang ingin Sobat MEA atur beratnya, ukuran paket, dan jasa kirimnya, lalu klik Ubah.
  • Pilih Ongkos Kirim untuk mengatur ongkos kirim di Shopee, lalu isi informasi berat, ukuran paket, dan jasa kirim sesuai keinginan. 
  • Sobat MEA juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan jasa kirim di bagian tersebut.
  • Jika sudah selesai, klik Simpan untuk menyimpan informasinya.
  • Selesai!
Artikel Terkait  1 Koin Shopee Berapa Rupiah? Gini Loh Cara Hitungnya! Udah Tahu?

Dalam hal ini, Sobat MEA juga dapat mengaktifkan opsi Saya akan menanggung ongkos kirim jika ada kesepakatan antara Sobat MEA dengan pembeli untuk menanggung ongkos kirim atas pengiriman paket yang di pesan. 

Sebagai tambahan, setiap produk yang Sobat MEA input ke Shopee harus sesuai dengan berat sebenarnya. Oleh karena itu, cara menghitung berat produk dengan benar sangat penting karena akan mempengaruhi tagihan biaya pengiriman.

Sobat MEA tentu tidak ingin mengalami kerugian karena harus menombok selisih dari ongkos kirim yang terjadi karena salah input berat saat mengupload barang, bukan? Sementara sistem Shopee akan menghitung ongkos kirim berdasarkan berat produk yang Sobat MEA input dalam aplikasi.

Oleh karenanya, Sobat MEA perlu mengikuti cara mengatur berat produk di Shopee untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment