7 Cara Mengelola Media Sosial Bisnis Online Makin Laris

by Fanny
cara mengelola media sosial

Media sosial saat ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, namun juga efektif untuk mengembangkan bisnis. Pasti Sobat MEA sendiri sudah tidak asing bukan dengan berbagi iklan produk yang lewat pada beranda sosial media. Nah, ini adalah salah satu cara mengelola media sosial yang dilakukan oleh para pebisnis online.

Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membagikan 7 cara mengelola media sosial bisnis yang bisa diikuti oleh pebisnis online pemula sekalipun. Penasaran? Yuk simak cara selengkapnya di sini!

Table of Contents

Pentingnya Media Sosial untuk Bisnis

Belajar bisnis online dari ahlinya langsung, yuk!
Gabung ke komunitas yang bisa kamu akses kapan aja dan di mana aja dengan klik di sini. Gratis!

Perlukah memiliki media sosial khusus untuk bisnis? Tentu saja perlu. Di era yang serba digital ini, semua orang akan mencari tahu mengenai suatu brand atau produk dengan membuka sosial media mereka. Dengan adanya sosial media, bisnis Sobat MEA terlihat lebih terpercaya dan kredibel karena keberadaannya yang nyata dan bisa dicari di internet.

Coba bayangkan saja Sobat MEA adalah seorang konsumen yang melihat suatu produk yang menarik. Kemudian Sobat MEA mencari brand-nya di sosial media namun tidak menemukan apapun. Bahkan review produk dari pengguna lain pun tidak ada. Tentunya Sobat MEA akan ragu untuk membeli produk tersebut, dong?

Inilah mengapa memiliki media sosial untuk bisnis itu penting untuk dilakukan, yaitu untuk membangun branding dan meningkatkan kredibilitas brand. Dengan begitu, rasa percaya konsumen juga akan semakin meningkat.

7 Cara Mengelola Sosial Media Bisnis

Mikirin konten sosmed bikin pusing?
Mending pakai Jasa Kelola Sosial Media aja yang dibantu oleh tim berpengalaman dengan klik di sini!

1. Buat Tim Khusus

Cara mengelola media sosial untuk bisnis tidak semudah mengelola akun pribadi. Di akun pribadi, Sobat MEA bebas mengunggah konten apa saja dan kapan saja. Nah, akun bisnis tidak bisa dikelola dengan cara yang sama.

Untuk itu, Sobat MEA membutuhkan tim yang mampu bekerja sama untuk membuat konten yang berkualitas dan membangun brand dengan baik. Pastikan dalam tim ada yang melakukan riset audiens, memahami sosial media dan trend-nya, orang yang bisa mendesain konten sesuai dengan branding, orang yang membuat caption, orang yang melakukan riset hashtag, dan juga orang yang bertugas untuk mengunggah konten serta melakukan interaksi dengan audiens.

2. Pilih Platform yang Tepat

cara mengelola media sosial

Seperti yang kita ketahui, media sosial ini ada banyak sekali jenisnya dan setiap platform ini memiliki jenis pengguna yang berbeda pula. Untuk itu, Sobat MEA bisa memilih platform yang akan digunakan untuk mempromosikan produk agar bisa melakukan cara mengelola media sosial yang lebih tepat.

Contohnya saja YouTube yang lebih terfokus pada visual dan audio yang jelas, maka Sobat MEA perlu membuat konten dengan kualitas video yang membaut audiens betah untuk menonton hingga akhir. Cara ini belum tentu berhasil jika diterapkan pada media sosial lain seperti Twitter misalnya, mengingat Twitter adalah aplikasi yang memfokuskan pada tulisan dan uraian panjang. Jadi, tentukan dulu platform yang akan digunakan untuk mempromosikan produk, ya!

3. Tentukan Tujuan

Agar Sobat MEA bisa mengelola media sosial bisnis dengan lebih terarah, maka Sobat MEA harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu. Seperti misalnya saja Sobat MEA ingin merilis produk baru dan meningkatkan kesadaran audiens akan adanya produk baru, maka Sobat MEA perlu membuat konten yang bisa meningkatkan rasa penasaran mereka dan membuat mereka mencari tahu lebih banyak mengenai produk. Dengan tujuan yang sudah ditentukan ini, maka Sobat MEA akan lebih mudah untuk menyusun strategi pembuatan konten.

Artikel Terkait  2 Cara Menonaktifkan Google Smart Lock Facebook Termudah!

4. Buat Jadwal Konten

arti engagement dalam marketing

Cara mengelola media sosial untuk bisnis berikutnya adalah dengan menyusun jadwal konten. Jadwal konten ini bisa Sobat MEA jadikan acuan agar bisa membuat konten yang berbeda setiap harinya, jadi konten yang dibuat pun tidak akan diulang karena akan membuat audiens merasa bosan.

Melakukan promosi di media sosial memang penting, namun promosi yang terlalu sering malah akan membuat akun bisnis Sobat MEA menjadi akun jualan. Untuk itu agar interaksi tetap berjalan, Sobat MEA bisa membuat konten interaktif seperti konten edukasi, tips, trivia, game, atau konten menarik lainnya.

5. Gunakan CTA pada Konten

Konten yang menarik memang bisa membuat audiens jadi ingin berinteraksi dengan konten Sobat MEA. Namun CTA yang jelas pada konten juga akan meningkatkan interaksi pengguna terhadap konten yang diunggah. 

Jadi alangkah baiknya jika Sobat MEA menyematkan CTA sebagai salah satu cara untuk mengajak audiens turut serta dalam konten. Contoh CTA yang bisa Sobat MEA gunakan dalam sosial media diantaranya adalah, “Tag teman kamu yang kayak gini!”, “Setuju, gak? Tulis opini kamu di komen, ya!”, “Siapa yang kayak gini juga?” atau CTA lainnya.

6. Gunakan Iklan Berbayar

cara mengelola media sosial

Mengembangkan akun media sosial bisnis secara organik memang mungkin untuk dilakukan, namun pasti Sobat MEA membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan bantuan iklan. Untuk itu, memasang iklan menjadi salah satu cara mengelola media sosial bisnis yang efektif.

Iklan ini akan muncul ke target audiens yang potensial menjadi pelanggan Sobat MEA. Dengan begitu Sobat MEA akan semakin mudah untuk mendapatkan konsumen baru.

7. Monitor dan Evaluasi

Sekian pembahasan mengenai 7 cara mengelola media sosial bisnis yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment