Akun IG Diblokir Karena Umur? Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram di Bawah Umur!

by Viki
cara mengembalikan akun Instagram di bawah umur

Sama seperti media sosial lainnya, Instagram juga memberlakukan kebijakan komunitas bagi penggunanya, seperti batas usia untuk menjelajahi Instagram. Karena peraturan tersebut, tidak heran jika banyak akun IG yang diblokir. Jika Sobat MEA terkena pemblokiran tersebut, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram di bawah umur?

Mengutip laman resmi Instagram, batas usia pengguna media sosial yang didirikan 2010 itu sekurang-kurangnya 13 tahun. Artinya, bagi pengguna yang berusia di bawah 13 tahun tidak bisa memiliki dan menjalankan akun Instagram.

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Pihak Instagram pun meminta pengguna untuk mengisi informasi tanggal lahir dengan benar saat pembuatan akun. Ini bertujuan agar pengalaman menggunakan Instagram lebih sesuai usia pengguna.

Terlepas dari itu semua, dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan bagaimana cara mengembalikan akun Instagram di bawah umur agar siapapun dapat kembali menikmati berbagai fitur Instagram kembali.

4 Langkah Cara Mengembalikan Akun Instagram di Bawah Umur

Jasa Kelola Instagram Terpercaya

Mengelola Bisnis Tidak Bisa Sembarangan. Kamu perlu partner terpercaya yang jago kelola toko sampai cuan! Serahkan saja pada tim kelola Instagram MEA sekarang~

Ya, selain karena kebijakan lainnya, pemblokiran akun Instagram juga bisa terjadi karena akun tersebut terdeteksi di bawah umur. Biasanya pengguna akan mendapatkan notifikasi “You may not be old enough to use Instagram”.

Pertanyaannya kemudian adalah, apakah ada cara mengembalikan akun IG di bawah umur? Dikutip dari Geek Dashboard, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun di bawah umur ini. Nah berikut cara yang bisa kamu terapkan saat akun Instagram terblokir karena umur:

1. Buka Aplikasi Instagram

Mau Bisnis Lebih Viral dan Laris Maksimal?

Manfaatkan kekuatan Instagram Ads! Tapi yuk kuasai dulu strategi dan rahasia suksesnya di sini~

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasi Instagram dan login menggunakan akun yang terblokir. Buka aplikasi Instagram dan login ke akunmu dengan menggunakan username dan password akun yang terdaftar. Selain via aplikasi, Sobat MEA juga bisa membuka Instagram via browser atau web.

2. Pilih Opsi Learn More

Jika akunmu diblokir, setelah login akan muncul pop-up notifikasi bahwa akunmu dinonaktifkan. Di halaman ini, Sobat MEA bisa pilih opsi Learn More untuk mengembalikan akun. 

3. Ajukan Banding dan Ikuti Petunjuk

Sobat MEA akan diarahkan ke halaman banding secara otomatis. Di sini, Sobat MEA diminta untuk mengajukan banding ke Instagram dan ikuti petunjuk yang tersedia. Buat Sobat MEA yang belum tahu, banding sendiri merupakan cara terbaik untuk memulihkan akun yang terkena blokir atas berbagai alasan.

4. Kirimkan Permintaan Pemulihan Akun

Jika sudah mengikuti petujuk mengajukan banding Instagram, kirimkan permintaan pemulihan akun. Jelaskan permasalahan dengan bahasa yang sopan dan jelas. Setelah itu, Sobat MEA perlu menunggu beberapa hari untuk mendapatkan tanggapan dari pihak Instagram.
Perlu diingat, Sobat MEA tidak perlu mengirim banyak permintaan pemulihan akun karena ini justru tidak akan membuat akun Instagram kembali dengan cepat. Sobat MEA hanya cukup bersabar hingga pihak Instagram merespon permintaanmu.
Melansir laman Instagram, media sosial ini sedang mengembangkan cara baru untuk memverifikasi usia pengguna. Instagram mulai memberlakukan verifikasi usia dengan video selfie hingga social vouching meski masih dalam tahap pengujian. 
Dalam hal ini, pengguna dapat melakukan verifikasi usia dengan mengikuti petunjuk dengan video selfie. Saat video berhasil diambil, Instagram akan mengestimasi usia berdasarkan fitur wajah dengan teknologi Yoti.

Sekian panduan tentang bagaimana cara mengembalikan akun Instagram di bawah umur. Hal ini memang merupakan proses yang memakan waktu, Tapi dengan kesabaran dan tindakan yang tepat, Sobat MEA dapat mengatasi masalah ini. Tapi ingat, tetaplah bijak dalam menggunakan media sosial dan selalu dampingi anak-anak saat menjelajahi berbagai fiturnya. Semoga berhasil!

You may also like

Leave a Comment