Ini Dia 5 Cara Mengetahui DM IG Sudah Dibaca atau Belum

by Fanny
cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum

Instagram tidak hanya menjadi aplikasi sosial media untuk membagikan foto atau video saja. Aplikasi ini bisa Sobat MEA manfaatkan sebagai sarana edukasi, berbagi informasi, alat komunikasi, hingga melakukan bisnis online. Karena Instagram bisa dimanfaatkan untuk banyak hal dan salah satunya adalah untuk berkomunikasi melalui direct message, banyak pengguna yang mencari cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum untuk memastikan apakah pesan yang mereka kirimkan sudah dibaca oleh yang bersangkutan.

Pertanyaanya, apakah ada cara untuk mengetahui status pesan telah dibaca atau belum? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam artikel ini, kami akan membagikan 5 cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mengetahui DM IG Sudah Dibaca atau Belum

Mau tahu cara jualan di Instagram yang paling cuan?

Yuk gabung ke komunitas seller dan content creator sosial media MEA dan diskusi bareng pakar dan pelaku. GRATIS!

Sekarang, lebih mudah menghubungi orang melalui DM Instagram daripada menggunakan aplikasi kirim pesan lainnya seperti WhatsApp atau Telegram. Baik urusan sepele maupun urusan penting, semua bisa Sobat MEA lakukan melalui DM Instagram. Untuk itu, kadang kita merasa kesal, bukan, jika sedang membutuhkan jawaban yang cepat atas pertanyaan penting namun belum juga mendapatkan balasan dari orang lain?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum yang bisa Sobat MEA coba sekarang juga. Berikut adalah cara-cara mudahnya:

1. Melihat Aktivitas Terakhir

Misalnya saja orang tersebut membuka aplikasi Instagram pada pukul 18.27, sedangkan Sobat MEA mengirimkan pesan pada pukul 18.30. Setelah dilihat kembali pada pukul 19.00, ternyata jam aktif terakhir orang tersebut masih berada di jam yang sama. Itu artinya orang tadi belum membuka Instagram lagi.

Jika Sobat MEA belum mengetahui cara melihat jam aktif pengguna lain, Sobat MEA bisa ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram pada ponsel Sobat MEA.
  • Klik ikon DM atau ikon Messenger yang berada di sebelah kanan atas pada halaman utama.
  • Selanjutnya, Sobat MEA akan diarahkan langsung ke menu DM.
  • Sobat MEA bisa melihat kapan pengguna tersebut terakhir aktif. Akan ada tulisan Active 2h ago atau waktu lainnya yang menunjukkan kapan terakhir kali pengguna tersebut membuka aplikasi Instagram.

2. Kirim Pesan Berupa Foto atau Video

Suka bikin konten di Instagram dan pengen dapet penghasilan?

Yuk gabung ke agensi MCN Shopee MEA. GRATIS!

Pesan yang dikirimkan oleh Sobat MEA dapat dibaca oleh penerima tanpa harus membuka room chat. Apalagi jika pesan yang dikirimkan berupa pesan singkat dan tidak terlalu penting. Inilah yang membuat beberapa orang tidak mau repot-repot membuka pesan dari Sobat MEA dan akan membalasnya kemudian ketika mereka senggang atau ingat.

Untuk itu, agar Sobat MEA bisa mendapatkan respon yang lebih cepat, buat orang tersebut penasaran dan ingin langsung membuka dan membaca pesan dari Sobat MEA. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan foto atau video kepada orang tersebut. Karena penerima harus membuka pesan dari Sobat MEA agar dapat melihat foto atau video yang dikirimkan. Jadi hal ini bisa menjadi alternatif yang efektif untuk cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum.

Artikel Terkait  Mudah Kok, Ini Cara Menyembunyikan Video YouTube Tanpa Perlu Menghapusnya Melalui Hp!

3. Kirimkan Pesan Lebih dari Satu

Cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum berikutnya adalah dengan mengirimkan banyak pesan sekaligus. Cara ini konsepnya sama dengan cara sebelumnya, yaitu membuat orang lain menjadi penasaran dengan isi pesan yang Sobat MEA kirimkan.

Tapi jangan sampai spam dan mengganggu ya, karena hal ini justru membuat orang tersebut semakin enggan untuk membuka pesan dari Sobat MEA. Cukup kirimkan pesan sebanyak 2-3 bubble chat saja dan pastikan semua isinya penting agar Sobat MEA juga segera mendapatkan jawaban yang dibutuhkan.

4. Kirimkan Pesan Panjang

Sobat MEA juga bisa mengirimkan pesan satu pesan panjang yang menjadi salah satu cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum. Jika yang dikirimi pesan adalah orang yang baru pertama kali Sobat MEA hubungi, Sobat MEA bisa mengirimkan pesan panjang dan lengkap mulai dari memperkenalan diri, menyampaikan maksud dan tujuan, serta masukkan kontak yang bisa dihubungi.

Jenis pesan seperti terlihat lebih resmi dan profesional yang akan membuat sang penerima akan merasa sungkan jika hanya melihat dan tidak membalasnya. Jika mengirimkan pesan panjang, biasanya Sobat MEA juga akan menerima jawaban yang sama panjangnya. Setelah menerima balasan, Sobat MEA bisa lanjut untuk membahas mengenai hal yang diperlukan.

5. Tulisan "Seen" di Bawah Pesan

Cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum yang paling mudah adalah dengan melihat status pesan. Sama seperti aplikasi WhatsApp yang memberikan tanda bahwa sudah dibaca oleh penerima dengan tanda 2 centang biru, maka aplikasi Instagram juga menyediakan informasi mengenai pesan yang sudah dibaca ini.

Itu dia 5 cara mengetahui DM IG sudah dibaca atau belum. Mana cara yang ingin Sobat MEA coba?

You may also like

Leave a Comment