Cara Mengetahui FYP di TikTok dan Tips Biar Konten Masuk FYP

by Fanny
cara mengetahui FYP di TikTok

Salah satu hal yang menunjukkan keberhasilan konten TikTok yang Sobat MEA buat adalah jika konten tersebut muncul di halaman FYP pengguna lain. Hal ini menunjukkan bahwa konten Sobat MEA ini masuk ke kategori menarik dan perlu dilihat oleh sebanyak mungkin pengguna. Lalu, bagaimana cara mengetahui FYP di TikTok yang kita buat sendiri?

Dalam ulasan kali ini, kami akan membagikan cara mengetahui FYP di TikTok serta tips jitu agar konten yang Sobat MEA buat bisa masuk FYP terus. Penasaran? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Table of Contents

Apa Itu FYP TikTok

Mau Konten TikTok Naik FYP Terus?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya. GRATIS!

Sebelum membagikan tentang cara mengetahui FYP di TikTok, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu FYP terlebih dahulu. 

Melansir laman UMSU, FYP atau For Your Page adalah halaman utama yang menampilkan rekomendasi konten ketika Sobat MEA pertama kali membuka aplikasi TikTok. FYP yang muncul akan berbeda-beda pada setiap pengguna karena algoritma TikTok menyesuaikan preferensi dan history jenis konten yang pernah Sobat MEA lihat, like, comment, share, atau kegiatan lain sebelumnya.

Misalnya, Sobat MEA menyukai konten mengenai tutorial memasak, maka algoritma TikTok akan menampilkan jenis konten serupa. Namun TikTok juga akan menampilkan konten lainnya yang sedang atau pernah viral ke halaman FYP mu untuk menunjukkan bahwa ada konten lain yang tidak kalah menarik walaupun konten tersebut bukan sesuatu yang biasa Sobat dilihat.

Salah satu hal yang membuat konten Sobat MEA bisa masuk ke FYP pengguna lain adalah interaksi yang didapatkan dari konten. Algoritma TikTok bekerja dengan cara membagikan konten yang baru Sobat MEA unggah ke sekelompok kecil pengguna yang sekiranya akan menyukai dan melakukan interaksi (menyukai konten, meninggalkan komentar, mengikuti akun, membagikan konten, dan lainnya) terhadap konten tersebut. 

Artikel Terkait  Mau Cepat Viral? Gini Cara Aman Beli Followers TikTok dan Keuntungannya. 100% Akurat!

Jika konten tersebut sudah mendapatkan respon positif, TikTok akan memperluas jangkauan konten ke pengguna yang lebih luas dengan minat serupa terhadap sekelompok kecil sebelumnya. Dan begitu seterusnya hingga konten Sobat MEA akan muncul ke halaman FYP pengguna lainnya.

Cara Mengetahui FYP di TikTok

Konten Gampang FYP Lewat Partner Profesional di MCN MEA!
Karena ada tim MEA dan talent berpengalaman yang siap membantumu boost konten setiap harinya sampe FYP~

Setelah mengetahui pengertian FYP TikTok dan algoritmanya, kami akan langsung membagikan bagaimana cara mengetahui FYP di TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan untuk mengetahui apakah video yang diposting FYP atau tidak. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat, kemudian pilih menu Profil di sebelah kanan bawah.
  • Pilih ikon Tiga Garis di sebelah kanan atas, lalu pilih Settings and Privacy.
  • Masuk ke menu Creator Tools, dan lanjutkan dengan memilih opsi Analytics.
  • Pilih tab Content di bagian tengah untuk memilih konten yang ingin Sobat MEA ketahui apakah masuk ke FYP atau tidak.
  • Halaman akan menampilkan informasi mengenai video secara lengkap.
  • Lihat pada bagian Traffic Source untuk mengetahui apakah kontenmu masuk FYP atau tidak. 
  • Jika persentase pada bagian For You menampilkan angka yang tinggi, itu artinya konten Sobat MEA sudah masuk ke halaman FYP pengguna lain.

Perlu diingat bahwa cara mengetahui FYP di TikTok ini hanya bisa dilakukan jika akun TikTok Sobat MEA adalah akun bisnis. Jadi jika akun Sobat MEA masih merupakan akun pribadi, maka Sobat MEA bisa mengubahnya ke akun bisnis terlebih dahulu dengan melakukan langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat.
  • Masuk ke profil akun dengan mengklik ikon Profile di sebelah kanan bawah.
  • Klik ikon tiga garis di sebelah kanan atas, lalu pilih Settings and Privacy.
  • Klik menu Account, lalu pilih Switch to Business Account.
  • Lanjutkan dengan memilih salah satu dari pilihan Business atau Creator. Klik Business jika akun Sobat MEA adalah akun bisnis dan khusus untuk jualan. Atau pilih Creator jika akunmu khusus untuk membuat konten menarik di TikTok.
  • Lanjut ke tahapan berikutnya seperti pengisian informasi bisnis dan niche konten yang diinginkan.
  • Jika sudah sesuai, klik Done.
Artikel Terkait  4 Cara Mulung Koin TikTok Live Biar Makin Cuan! Cobain~

7 Tips Agar Konten Bisa Masuk FYP

cara mengetahui FYP di TikTok

Setelah mengetahui cara mengetahui FYP di TikTok, sekarang saatnya Sobat MEA juga mengetahui tips agar konten yang dibuat bisa masuk ke halaman FYP untuk meraih lebih banyak engagement. Berikut 7 tips penting yang bisa Sobat MEA coba:

1. Ikuti Konten Trending

TikTok Trending selalu mengalami perubahan dan perkembangan setiap harinya. Agar akun Sobat MEA tidak ketinggalan atau tenggelam dari konten lainnya, maka Sobat MEA bisa mengikuti tren yang ada. Hal ini akan memudahkan konten Sobat MEA untuk muncul di halaman FYP pengguna lainnya karena konten tersebut sedang banyak diminati.

2. Gunakan Audio yang Sedang Viral

Cara lainnya agar konten bisa masuk FYP adalah dengan menggunakan audio yang sedang viral. Jenis audio ini bisa dari lagu terbaru, lagu remix, atau suara orang lain. Biasanya, audio tertentu juga digunakan untuk tren tertentu, jadi Sobat MEA bisa menyesuaikannya dengan tren yang ada, ya.

3. Pilih Hashtag yang Sesuai

cara mengetahui FYP di TikTok

Cara menaikkan konten ke FYP selanjutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan memilih hashtag yang sesuai. Misalnya, Sobat MEA membuat konten tentang tips merawat kulit berjerawat, maka Sobat MEA bisa menggunakan hashtag yang relevan dengan topik tadi. 

Hindari menggunakan hashtag yang tidak berkaitan dengan isi konten. Hindari pula menggunakan hashtag yang sudah banyak digunakan oleh pengguna lain karena hanya akan menurunkan visibilitas kontenmu. 

4. Buat Caption yang Mampu Menarik Interaksi

Jangan lupa untuk membuat caption yang bisa menarik audiens untuk meninggalkan jejak di kontenmu. Tidak perlu membuat caption yang panjang. Pastikan caption cukup pendek agar bisa muat dalam satu baris. Ajukan pertanyaan, ajakan, atau lainnya yang membuat audiens ingin berinteraksi dengan kontenmu. 

Artikel Terkait  3 Cara Daftar TikTok Lite dan Dapat Cuan Tambahan dengan Mudah! Udah Coba Belum?

Misalnya, “Kamu pernah kayak gini, nggak?”, “Tag temen kamu yang kayak gini!”, “Kalau ada di posisi ini, kamu bakal ngapain?” atau caption lainnya.

5. Unggah Konten Saat Prime Time

Waktu mengunggah konten juga menjadi salah satu faktor penting yang perlu Sobat MEA perhatikan. Jika Sobat MEA mengunggah konten saat tidak banyak pengguna yang sedang aktif di TikTok, maka pendistribusian kontennya akan lebih sulit karena TikTok memiliki lebih sedikit pengguna yang sesuai dengan niche konten. 

Begitupun sebaliknya. Jika Sobat MEA mengunggah di waktu ketika banyak pengguna yang sedang aktif di TikTok, maka akan tinggi kemungkinan konten tersebut untuk dilihat dan semakin cepat untuk naik FYP.

6. Berinteraksi dengan Audiens

cara mengetahui FYP di TikTok

Agar konten bisa naik FYP dan Sobat MEA bisa melakukan cara mengetahui FYP di TikTok, maka Sobat MEA tidak hanya bisa mengandalkan algoritma TikTok dan aktivitas pengguna saja. Sobat MEA juga harus melakukan sesuatu agar konten bisa makin cepat masuk FYP. 

Salah satu caranya adalah dengan berinteraksi dengan audiens seperti meninggalkan like pada komentar audiens, menjawab komentar mereka, atau bahkan membuat konten untuk menanggapi komentar dari audiens. Dengan begitu, interaksi tidak hanya terjadi satu arah saja.

7. Kolaborasi dengan Kreator Lainnya

Melakukan kolaborasi dengan kreator atau influencer akan membantu meningkatkan konten untuk dilihat oleh semakin banyak audiens. Bahkan, Sobat MEA bisa mendapatkan audiens baru dari kolaborasi ini. Hal ini karena kreator dan influencer tadi sudah memiliki audiens-nya mereka sendiri yang bisa membuat audiens ini juga jadi ngepoin akun dan konten Sobat MEA lainnya.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai FYP TikTok, cara mengetahui FYP di TikTok, hingga tips agar konten bisa masuk FYP. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment