Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok untuk Akun Lama

by Viki
cara mengganti tanggal lahir di tiktok

Sebagai pengguna TikTok, Sobat MEA tentu menyadari bahwa TikTok memberlakukan aturan khusus mengenai usia. Hal ini tentu patut diperhatikan mengingat banyak pengguna yang sebenarnya cukup umur, tapi salah mengisi tanggal lahir. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengganti tanggal lahir di TikTok. 

Nah, jika Sobat MEA juga merasa keliru ketika mengisi tanggal lahir ketika pendaftaran, Sobat MEA bisa segera mengajukan penggantian data usia agar tidak dikenakan pembatasan konten. Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan panduan terkait cara mengganti tanggal lahir di TikTok. Yuk, simak selengkapnya!

Table of Contents

Mengenal Kebijakan Pembatasan Usia di TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sobat MEA tentu telah menyadari bahwa popularitas TikTok terus meningkat seiring banyaknya konten yang dihadirkan dari waktu ke waktu. Belum lagi penggunanya juga terus bertambah dari seluruh kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. 

Tapi TikTok berusaha menampilkan konten yang relevan dengan usia. Itulah mengapa TikTok menerapkan kebijakan baru terkait pengguna di bawah umur. Hal ini tentu membantu orang tua dalam memfilter tontonan anaknya. Melansir laman Support TikTok, berikut ketentuan usia yang berlaku bagi pengguna TikTok:

  • Bagi Pengguna TikTok dengan identitas akun terdaftar berusia kurang dari 18 tahun, tidak bisa diatur menjadi ‘publik’. Selain itu, Pengguna juga tidak bisa menggunakan fitur send gift.
  • Akun yang terdaftar dengan identitas usia di bawah 16 tahun tidak bisa mengirim ataupun menerima pesan DM, melakukan live, ataupun menggunakan fitur duet.
  • Sedangkan pengguna TikTok dengan identitas akun berusia di bawah 15 tahun hanya akan muncul di fitur ‘Suggestion’.
  • Akun milik Pengguna yang berumur antara 13–15 tahun tidak akan menerima notifikasi TikTok setelah lewat pukul 21.00. Tapi untuk akun yang didaftarkan berusia usia antara 16–17 tahun, tidak akan mendapatkan notifikasi TikTok setelah pukul 22.00.
Artikel Terkait  Begini Cara Mengaktifkan dan Cara Membuat Tayangan Profil TikTok

Kebijakan ini dapat membantu orang tua dalam membatasi tontonan bagi buah hati serta membatasi screen time dan melindungi interaksi di TikTok. Tentunya jika Sobat MEA mendaftarkan akun dengan usia di bawah 18 tahun, mau tidak mau harus mengikuti ketentuannya. 

Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok

Tapi jangan khawatir, Sobat MEA bisa mengubah usia di akun TikTok. Hanya saja, proses ini akan berbeda dengan media sosial lain yang bisa dilakukan langsung di menu pengaturan. Untuk mengganti usia TikTok, diperlukan konfirmasi dari customer service dan memakan waktu yang cukup lama. 

Bukan tanpa alasan, aturan penggantian tanggal dan tahun lahir tersebut memiliki tujuan untuk memastikan usia pengguna sama dengan identitas asli. Dengan begitu, TikTok dapat menghadirkan konten yang sesuai dengan kebutuhan. 

Dalam hal ini, berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk cara menghitung tanggal lahir di TikTok, antara lain:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP.
  2. Pilih menu Profil yang ada di bawah pojok kanan bawah.
  3. Di halaman Profil, pilih ikon Tiga Titik di pojok kanan atas
  4. Lalu pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  5. Scroll ke bawah dan klik Laporkan Masalah.
  6. Selanjutnya pilih ikon Dokumen di pojok kanan atas
  7. Kembali klik ikon Pensil yang ada di pojok kanan atas halaman Umpan Balik Anda.
  8. Tuliskan tujuan pelaporan sekaligus alasan mengapa harus mengganti tanggal lahir di akun TikTok. Ikuti instruksi selanjutnya.
  9. Jika sudah, klik tombol Laporkan di bagian bawah. 
  10. Tunggu 1–2 hari hingga tim TikTok membalas laporanmu melalui email 
  11. Tim Support TikTok akan memintamu untuk melakukan verifikasi usia. Biasanya, Sobat MEA akan diminta untuk memberikan salinan dokumen resmi.

Demikian panduan mengenai cara mengganti tanggal lahir di TikTok. Meski demikian, penggantian ini diatur sangat ketat. Pastikan Sobat MEA melakukannya dengan bijak dan tidak melanggar kebijakan komunitas TikTok yang lainnya. Ini penting untuk diperhatikan agar akun tetap aman. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment