Cara Menggunakan Cek Fakta di Shopee untuk Cegah Penipuan

by Viki
cara menggunakan cek fakta di shopee

Di era yangs serba digital ini, segala informasi bisa didapatkan dengan mudah. Sehingga pengguna Internet dihadapkan pada informasi yang simpang siur, cenderung tidak akurat, hingga penipuan. Untuk hal ini, Shopee pun memperkenalkan fitur “Cek Fakta”. Tapi bagaimana cara menggunakan Cek Fakta di Shopee?

Cek Fakta Shopee adalah suatu fitur yang dapat membantu pengguna memverifikasi kebenaran informasi produk yang mereka lihat di platform. 

Table of Contents

Manfaat Utama Fitur Cek Fakta Shopee

Mau manfaatkan Shopee yang lebih cuan lagi?
Saatnya gabung bareng Tim MCN Shopee MEA untuk dapatkan berbagai kolaborasi potensial. Full bimbingan!

Sama seperti fitur-fitur lainnya, Shopee membuat fitur ini bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dengan menggunakan fitur Cek Fakta Shopee ini.

Kehadiran fitur Cek Fakta ini diharapkan dapat memberantas peredaran berita hoaks dan informasi yang mengandung unsur penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Hal ini mengingat maraknya beberapa modus penipuan di kalangan masyarakat.

Sehingga informasi yang diterima dapat divalidasi kebenarannya melalui fitur Cek Fakta termasuk pengumuman pemenang hadiah, tawaran lowongan pekerjaan, misi atau event berhadiah, phishing atau pun tautan mencurigakan, dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya, masih banyak pengguna kebingungan bagaimana cara menggunakan Cek Fakta di Shopee. Oleh karena itu, yuk simak panduan lengkapnya di artikel ini!

Cara Menggunakan Cek Fakta di Shopee

Mau tahu cara jualan di Shopee yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller Shopee berpengalaman di Komunitas Bisnis MEA sekarang juga!

Dalam hal ini, maka cara mengguunakan Cek Fakta di Shopee, berikut langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP.
  2. Pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Lalu pilih menu Chat Saya
  4. Di halaman Live Chat, pilih ikon kategori Cek Fakta di bagian atas, dan pilih topik dan informasi yang ingin dikonfirmasi.
  5. Sobat MEA akan mendapatkan artikel yang akan mengkonfirmasi apakah informasi yang mengatasnamakan Shopee merupakan fakta atau penipuan.  
  6. Jika perlu informasi lebih lanjut, Sobat MEA bisa memilih menu Chat dengan CS Shopee untuk terhubung dengan tim Layanan Pelanggan Shopee. 
  7. Sobat MEA juga akan diarahkan ke daftar kategori topik, pilih menu Cek Informasi Penipuan untuk memulai obrolan.
  8. Tunggu hingga agen Shopee merespon pesanmu.

Sebelumnya Shopee pun telah mengimbau penggunanya untuk mengikuti tips 3C agar terhindar dari penipuan atau berita hoaks. Hal ini mencakup Cek Pengirimnya, Chat Customer Service Shopee, dan Cari Tau Modusnya.

Ada pun semua informasi resmi hanya dikirim melalui akun WhatsApp Shopee yang terverifikasi dengan centang hijau. Informasi ini juga mencakup pengumuman pemenang kompetisi yang dilakukan di media sosial resmi Shopee terverifikasi. Jika pesan yang didapatkan di luar akun resmi, dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan. 

Nah, itu dia panduan tentang cara menggunakan Cek Fakta di Shopee yang perlu dilakukan untuk mengetahui kebenaran informasi yang Sobat MEA terima. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk menghimbau diri dari penipuan dan menerima informasi apapun dengan teliti. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment