8 Cara Menggunakan WhatsApp Ads. Seller Online Wajib Tahu!

by Viki
cara menggunakan whatsapp ads

Sobat MEA tentu telah menyadari bahwa sistem pemasaran WA semakin canggih seiring perkembangan WhatsApp bisnis dari masa ke masa. Bahkan kini WhatsApp bisa semakin mengoptimalkan bisnismu melalui fitur WhatsApp Ads. Maka pastikan Sobat MEA paham cara menggunakan WhatsApp Ads. 

Perlu diketahui, beriklan di WhatsApp Business telah menjadi pilihan yang populer untuk menjangkau target audiens dalam bisnis. WhatsApp Business Ads semakin memudahkan pengguna untuk terhubung dengan banyak pelanggan.

Hanya saja, pengguna tidak akan benar-benar memasang iklan melalui WhatsApp Business secara langsung.WhatsApp Ads atau Click to WhatsApp Ads akan dijalankan melalui Facebook Ads dimana pengguna akan diarahkan (call to action) ke akun WA untuk mengobrol tentang produk atau jasa yang ditawarkan. 

Table of Contents

Mengapa Perlu Menggunakan WhatsApp Ads?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui apa itu WhatsApp Ads, Sobat MEA juga harus mengetahui, kenapa sih kita perlu menggunakan WhatsApp Ads untuk berbisnis. Nah, ada beberapa keuntungan yang bisa Sobat MEA dapatkan dari menggunakan WhatsApp Ads untuk bisnis. Berikut adaah manfaat-manfaatnya:

1. Cross Promotional Lebih Menguntungkan

Click-to-WhatsApp melalui Facebook ini akan menggabungkan audiens Facebook dan Instagram dengan WhatsApp. Sehingga Sobat MEA akan mendapatkan lebih banyak audiens yang dituju. 

2. Conversion Rate Meningkat

3. Biaya Promosi Produk Lebih Murah

WhatsApp bisnis memang menyediakan berbagai fitur kemudahan bagi pebisnis untuk mempromosikan produk. mulai dari membuat katalog, melampirkan kode QR ke katalog, membagikan QR ke pelanggan, hingga beriklan di WhatsApp. Tentunya sama dengan Facebook Ads yang menyediakan harga yang bisa disesuaikan. 

Cara Membuat WhatsApp Ads

Optimalkan Website Bisnis dengan Tools Terbaik dari GoWebin MEA
Iklan promosimu bisa berjalan lebih efektif dan mudah~

Untuk memasang WhatsApp Ads, pastikan Sobat MEA telah menghubungkan akun WhatsApp dengan akun Facebook terlebih dahulu. Karena keduanya sangat berkaitan. Adapun cara membuat iklan di WhatsApp dengan Facebook, berikut tutorialnya:

  • Buka Meta Business Suite dan pilih Halaman Facebook Bisnis. Kemudian pilih Settings, dan klik Business Settings. Di sebelah kiri, silakan pilih Linked Accounts, dan klik WhatsApp
  • Setelah itu, pilih kode negara dan masukkan nomor telepon WhatsApp Business. Kemudian klik tombol Send WhatsApp Code, masukkan kode konfirmasi, dan klik Confirm.
  • Dengan begitu, Sobat MEA sudah berhasil menghubungkan Halaman Facebook ke akun WhatsApp.

Jika sudah Sobat MEA sudah bisa membuat WA Ads dan menggunakan iklan di WhatsApp tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Dan berikut langkah-langkah menggunakannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business di HP.
  • Lalu pilih Settings dan klik Business Tools
  • Kemudian pilih opsi Advertise on Facebook
  • Lalu buat iklan Facebook baru dengan memilih gambar atau video dari HP atau ambil dari katalog yang sudah dibuat.
  • Tuliskan copywriting yang menarik, dan klik Next.
  • Selanjutnya edit Budget & Duration dan Audience sesuai keinginan. Untuk Audience, pilih Default. Tentukan lokasi, umur, dan jenis kelamin dari audiensmu. Lalu klik Next.
  • Jika sudah, akan muncul Review and Create. Siapkan saldo rekening sesuai budget yang telah ditentukan, dan klik Next.
  • Terakhir, klik tombol Promote Now. Kemudian iklan akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. 
Artikel Terkait  5 Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto dan Solusinya

5 Cara Menggunakan WhatsApp Ads

Nah, pembuatan WhatsApp Ads ini bisa untuk berbagai penggunaan dengan tujuan memasarkan produk dan layanan. Kira-kira ada 5 cara menggunakan WhatsApp Ads yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Langsung ke Katalog

Iklan WhatsApp berisi berbagai tombol CTA ke WhatsApp di Instagram atau Facebook yang dapat mengarahkan pengguna ke katalog produk. Ketika mereka mengeklik tombol tersebut, mereka dapat menelusuri penawaran, memasukkan produk ke keranjang, hingga melakuakn pembelian. 

2. Terlibat dalam Penawaran

Kemudian iklan ini dapat mengarahkan pengguna untuk mengirim pesan untuk menanyakan penawaran atau diskon. Ketika pengguna berinteraksi, mereka bisa mendapatkan pesan otomatis dengan kode kupon yang dapat ditukarkan. 

3. Penjangkauan Langsung

Ketika berpromosi, Sobat MEA tentu ingin menjangkau pelanggan secara langsung untuk penawaran dan penyediaan sarana untuk mengambil tindakan. Nah, dengan iklan WA, Sobat MEA bahkan bisa menjangkau pelanggan lama untuk pembelian berulang. 

4. Panduan Sebelum dan Sesudah Pembelian

Calon konsumen mungkin memiliki pertanyaan atau memerlukan dukungan untuk menyelesaikan pembelian. Melalui iklan ini, Sobat MEA bisa memberikan fasilitas tersebut. Bahkan Sobat MEA bisa menawarkan pelacakan, pembaruan pengiriman, dan penanganan perselisihan jika tidak memenuhi kebutuhan pelanggan.

5. Jalankan Kampanye Peluncuran

Baik calon pelanggan atau pelanggan lama, iklan WhatsApp adalah cara terbaik untuk memberi tahu pengguna tentang peluncuran produk yang akan datang. Ini membantu membangun antisipasi jauh sebelum rilis sebenarnya. 

Demikian penjelasan tentang cara menggunakan WhatsApp Ads dengan baik dan menguntungkan. Nah, Sobat MEA bisa langsung mempraktikkannya dan merasakan manfaanya. Semoga artikel ini dapat menginspirasi bisnismu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment