4 Cara Menggunakan YouTube Ads yang Penting untuk Bisnis

by Viki
cara menggunakan youtube ads

Seperti yang kita ketahui, YouTube merupakan salah satu media sosial populer di dunia. Sehingga tidak heran jika kemudian YouTube mengarah ke dunia bisnis dengan menghadirkan fitur YouTube Ads. Tapi sayangnya, masih banyak pengguna yang masih kebingungan bagaimana cara menggunakan YouTube Ads. 

Padahal ada banyak keuntungan dari penggunaan YouTube Ads. Sebagaimana yang kita ketahui, fitur Ads dapat membantu kita mengoptimalkan iklan di platform digital untuk membuat bisnis lebih berkembang dan sukses. 

Dan sama seperti Social Media Ads lainnya, YouTube Ads pun dapat membantumu menjangkau banyak pelanggan, bisa meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mari kita mulai bedah tutorial mengenai cara menggunakan YouTube Ads untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut. Simak artikel ini!

4 Tipe YouTube Ads

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Xendit, ada 4 tipe YouTube Ads yang perlu Sobat MEA ketahui beserta penggunaannya. Berikut uraian lengkapnya:

1. Skippable in-Stream Ads

Pertama, ada Skippable in-stream Ads yang merupakan salah satu tipe iklan yang sering digunakan untuk Youtube Ads. Skippable in-stream Ads ini bisa dilewati oleh penonton. Biasanya memiliki durasi minimal 12 detik dan maksimal 3 menit. Kemudian pada detik ke-5, ada tombol skip otomatis yang bisa diklik oleh penonton.

2. Non Skippable Ads

3. Discovery Ads

Selanjutnya, ada Discovery Ads yang termasuk jenis iklan yang tayang pada halaman hasil pencarian dan homepage Youtube. Agar iklan tersebut efektif dan berada di posisi teratas, pengiklan perlu mengoptimasi SEO pada video Youtube.

4. Non Video Ads

Selain itu, ada juga tipe Non video Ads dimana menjadi iklan tanpa video. Tipe ini sangat cocok bagi Sobat MEA yang ingin beriklan, tetapi tidak memiliki video. Tipe iklan ini umumnya akan ditampilkan dalam bentuk teks, gambar, maupun kartu.

4 Cara Menggunakan YouTube Ads dengan Baik

Setelah memahami apa saja tipe YouTube Ads, saatnya pahami 4 cara menggunakan YouTube Ads yang penting untuk bisnismu. Berikut adalah langkah-langkah yang Sobat MEA perlukan:

1. Unggah Video Iklan di Channel YouTube

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu mengunggah video iklan di channel Youtube. Caranya, pastikan sudah login ke akun YouTube. Kemudian pilih opsi Upload Video. Nah, Sobat MEA bisa memulai unggah video dan tunggu hingga unggahan selesai. Sebelum menguploadnya, jangan lupa untuk menambahkan judul, deskripsi, dan tag dari iklan yang relevan terlebih dahulu. 

2. Buat Iklan Melalui Google Ads

Jika sudah berhasil, Sobat MEA perlu membuat iklan melalui Google Ads. Caranya, masuk ke akun Google Ads terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan membuat iklan baru. Kemudian pilih tujuan iklan dan klik Continue untuk melakukan langkah selanjutnya. 

3. Pilih Target Penonton

Cara Menggunakan YouTube Ads selanjutnya yaitu memilih target penonton. Ini penting agar iklanmu tayang tepat sasaran. Sobat MEA bisa memilih target penonton berdasarkan demografi. 

4. Masukkan Tautan Video Iklan

Terakhir, masukkan video iklan yang telah diunggah di channel YouTube ke akun Google Ads. Jangan lupa untuk mengisi URL, call to action, dan headline. Kemudian pilih tombol Create Campaign pada iklan Youtube Ads.

Tips Optimasi Iklan di YouTube

Jadikan konten lebih berpotensi cuan
Kamu bisa menjadi partner Shopee di program terbaik MCN Shopee MEA dan rasakan berbagai manfaatnya

Setelah beriklan, pastikan Sobat MEA melakukan optimasi terhadap iklan tersebut. Ini berguna untuk membuat iklan bekerja lebih maksimal. Untuk hal ini, ada 5 tips optimasi iklan yang bisa diterapkan, di antaranya:

1. Tentukan Tujuan

Tips pertama yang bisa dilakukan yaitu menentukan tujuan iklan. Pastikan Sobat MEA memiliki tujuan yang ingin dicapai saat membuat iklan. Hal ini tentu dapat memudahkanmu dalam membuatnya. Misalnya, meningkatkan brand awareness, memperbanyak jumlah views, atau meningkatkan penjualan.

2. Gunakan Video yang Menarik

Selanjutnya tentu menggunakan video yang menarik dan kreatif. Adapun untuk membuat video terlihat menarik, Sobat MEA perlu mengevaluasi konten, membuat rancangan video, melakukan teknik SEO YouTube, dan unggah ke YouTube channel milikmu. 

3. Buat CTA (Call to Action)

Setelah itu, Sobat MEA juga perlu memasang Call to Action (CTA). Dengan menggunakan banner CTA saat mempromosikan video iklan, Sobat MEA dapat mengarahkan penonton ke halaman produk utama atau landing page. Sebaiknya, tempatkan banner CTA pada awal video agar dilihat oleh penonton. Tentunya, hal ini dapat membuat promosi lebih efektif. 

4. Tambahkan End Screen

5. Pilih Kata Kunci yang Sesuai

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Sobat MEA perlu melakukan teknik SEO. Artinya, diperlukan penggunaan kata kunci yang tepat pada video iklan YouTube. Kata kunci yang tepat dapat memudahkan Google dalam mendeteksi video yang dibuat. Penggunaan kata kunci yang tepat juga bisa membuat iklan lebih tepat sasaran.

Nah, itu dia beberapa cara menggunakan YouTube Ads hingga tips tambahan untuk optimasinya. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi yang memudahkanmu dalam berbisnis di media sosial terutama YouTube Ads. Ini penting untuk Sobat MEA pahami karena dapat memberikan hasil yang lebih bagus pada bisnismu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment