Belanja Tanpa Lemot? Ini 2 Cara Menghapus Cache Shopee di HP dengan Cepat!

by Viki
cara menghapus cache shopee

Di era digital, Shopee telah menjadi salah satu sarana yang paling populer untuk berbelanja secara praktis dan efisien. Tapi sayangnya Shopee tidak lepas dari cache yang mengganggu performa aplikasi. Sehingga kita perlu tahu cara menghapus cache Shopee.

Kita pun tentu telah mengetahui bahwa Shopee telah mengubah cara orang berbelanja dengan menyediakan berbagai produk dari berbagai kategori dengan harga yang kompetitif

Nah, hal inilah yang bisa mendatangkan cache atau masalah dan kinerja yang kurang optimal. Salah satu langkah yang dapat Sobat MEA lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan cara menghapus cache Shopee. Simak selengkapnya di bawah ini!

Bagaimana Cara Menghapus Cache Shopee?

Ingin Cepat Cuan di Shopee?

Yuk, gabung komunitas seller Shopee MEA! Ketahui lebih banyak strategi jualan laris di Shopee, scale up Shopee, Shopee Ads, dan masih banyak lagi. Ada bimbingan khususnya juga, lho. GRATIS!!!

Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk menyimpan data dan informasi yang sering diakses. Cache membantu mempercepat waktu respon aplikasi dengan menyimpan data yang sering digunakan secara lokal pada perangkat.

Hanya saja, terlalu banyak cache dapat memakan ruang penyimpanan dan menyebabkan kinerja aplikasi melambat. Untuk mengatasi masalah ini, Berikut langkah-langkah cara menghapus cache Shopee untuk meningkatkan performa aplikasi, antara lain:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu pilih opsi Akun.
  2. Pilih ikon Pengaturan Akun.
  3. Di halaman pengaturan akun, pilih Informasi.
  4. Klik Bersihkan atau Hapus Cache.

Cara Hapus Cache Shopee di Android

Berikut langkah-langkah untuk cara clear cache shopee pada perangkat Android:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android. Biasanya, ikon Pengaturan Smartphone di tandai dengan gambar gigi atau ikon yang mirip.
  2. Scroll ke bawah dan cari opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan.
  3. Di daftar pilihan aplikasi yang muncul, cari dan klik ikon Shopee.
  4. Sobat MEA akan melihat beberapa opsi terkait Shopee, termasuk Hapus Cache dan Hapus Data. Klik opsi Hapus Cache untuk menghapus cache Shopee.
  5. Setelah menghapus cache, Sobat MEA dapat kembali ke layar utama dan mencoba membuka aplikasi Shopee untuk melihat apakah performanya meningkat.
  6. Selesai!

Cara Hapus Cache Shopee di iPhone

Berikut langkah-langkah untuk cara clear cache shopee untuk pengguna iPhone:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat iOS. Biasanya, ikon Pengaturan Smartphone berbentuk gigi yang terletak di layar utama perangkat.
  2. Scroll ke bawah dan cari opsi Umum. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.
  3. Dalam menu Umum, cari dan klik Penyimpanan iPhone atau Penyimpanan iPad.
  4. Di daftar aplikasi yang muncul, cari dan klik Shopee.
  5. Sobat MEA akan melihat informasi tentang penggunaan penyimpanan Shopee, termasuk opsi Hapus Aplikasi. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan.
  6. Sobat MEA akan melihat konfirmasi untuk menghapus aplikasi Shopee beserta data dan dokumen yang terkait. Pilih opsi Hapus Aplikasi untuk menghapus Shopee dari perangkatmu.
  7. Setelah Shopee dihapus, buka App Store dan cari aplikasi Shopee.
  8. Unduh dan instal ulang aplikasi Shopee dari App Store.
  9. Selesai!

Oleh karenanya penting sekali untuk mengetahui cara menghapus Cache Shopee agar merasakan manfaat yang penting untukmu. 

Manfaat Menghapus Cache Shopee

Menurut Cashify, salah satu manfaat menghapus cache aplikasi memungkinkanmu untuk mengatur ulang aplikasi dari awal. Memang ketika Sobat MEA ingin kembali mengunjungi aplikasi tersebut akan butuh waktu yang lebih lama.

Akan tetapi, akses sistem aplikasi akan menjadi lebih cepat, serta menghemat bandwidth karena tidak perlu proses download data dari nol.

Dalam hal ini, menghapus cache Shopee memberikan kesempatan bagi aplikasi untuk membangun ulang cache yang bersih, memberikan ruang penyimpanan pada file manager yang lebih rapi, dan meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. 

Sementara, mengutip laman Amazon, berikut beberapa manfaat dari menghapus cache aplikasi yang telah memenuhi ruang penyimpanan ponsel, antara lain:

  • Mempercepat loading gambar atau thumbnail yang ada di website atau aplikasi.
  • Memungkinkan pengguna untuk mengakses website lebih cepat dari web browser. 
  • Meningkatkan dan menstabilkan performa aplikasi atau website.
  • Mengurangi beban di bagian back-end.
  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk database sebuah website atau aplikasi.

Penting untuk melakukan cara menghapus cache Shopee. Tapi ini hanya akan menghapus data sementara dan tidak akan menghapus riwayat transaksi atau informasi pengguna. Selain itu, hapus cache Shopee juga dapat meningkatkan performa aplikasi dan memperbaiki masalah lainnya. Semoga bermanfaat!

You may also like

1 comment

Kenapa Aplikasi Shopee Lemot? Ini 4 Penyebab dan Solusinya Juli 20, 2023 - 9:21 am

[…] yang terlalu penuh dapat mempengaruhi kinerja aplikasi. Sobat MEA dapat mencoba membersihkan cache aplikasi Shopee melalui pengaturan HP. Dengan menghapus cache, Sobat MEA dapat membebaskan ruang penyimpanan dan […]

Reply

Leave a Comment