Cara Menghapus Cache TikTok, Ternyata Banyak Manfaatnya!

by Husna Rahman
cara menghapus cache tiktok

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sedang digandrungi anak-anak muda berusia 16-24 tahun. Meski populer di kalangan anak muda, masih banyak orang yang belum tahu tips dan trik memaksimalkan aplikasi TikTok. Salah satunya adalah cara menghapus cache TikTok yang bermanfaat.

Emang menghapus cache itu ada manfaatnya untuk kita pengguna TikTok? Apa bedanya cache dengan riwayat video TikTok? Apakah cache nggak bermanfaat sama sekali? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk simak aja selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Cache TikTok?

Mau belajar jualan di TikTok Shop dari 0 sampai bisa?
Yuk langsung aja gabung di Komunitas Seller TikTok MEA sekarang juga!

Sebelum cara menghapus cache TikTok, Sobat MEA harus tahu dulu apa itu sebenarnya TikTok cache. Kita yakin Sobat MEA pasti nggak asing bahkan sering melihat atau membaca istilah cache. Pasalnya, cache ini merupakan istilah yang erat kaitannya dengan teknologi komunikasi.

Secara sederhana, cache adalah sekumpulan data temporer yang disimpan dalam sebuah aplikasi seperti TikTok agar ia nggak perlu mengunduh lagi data dari sebuah situs tertentu.

Mengapa Menghapus Cache TikTok Itu Penting?

Saatnya kelola toko TikTok Shop bareng tim profesional
Yuk konsultasi masalah kamu ke tim TikTok Specialist MEA sekarang juga!

Cache sendiri berfungsi untuk mempercepat loading pada TikTok. Namun terkadang, cache yang terlalu banyak juga bisa memperlambat TikTok App itu sendiri. Karenanya, perlu sekali Sobat MEA mengatur cache dengan cara menghapusnya agar aplikasi TikTok tetap berfungsi dengan baik.

Kendati begitu, kekurangan menghapus cache adalah data-data yang menghilang. Data hilang ini akan mengharuskan Sobat MEA melakukan login ulang dan TikTok secara otomatis membutuhkan waktu loading yang lebih lama.

Cara Menghapus Cache TikTok Secara Efektif

Setelah tahu apa itu cache, manfaat dan kekurangannya, Sobat MEA pasti bertanya-tanya, bagaimana cara kita menghapus cache TikTok? Biar nggak penasaran, yuk langsung aja simak cara lengkapnya di bawah ini!

Menggunakan HP

  1. Buka aplikasi TikTok di HP dan buka halaman profil.
  2. Pilih ikon Tiga Titik di pojok kanan atas. 
  3. Scroll ke bawah, pilih opsi Cache dan Seluler dan klik Kosongkan Ruang.
  4. Di samping Cache, Sobat MEA akan mengetahui banyaknya ruang yang digunakan di perangkat. Klik tombol Hapus
  5. Untuk mulai menghapus cache, klik tombol Hapus lagi. 
  6. Selesai! Tinggal tunggu proses penghapusannya. 

Menggunakan Desktop

Selain HP, Sobat MEA juga bisa menghapus file yang disimpan TikTok di komputer atau laptop. Sobat MEA bisa memanfaatkan browser desktop dan mengakses laman resmi TikTok untuk mulai menghapus cache TikTok dan memprosesnya langsung di sana tanpa perlu membuka aplikasi. 

Perlu dicatat, jika Sobat MEA merasa masih banyak data aplikasi yang belum terhapus, jangan buru-buru menghapusnya. Kemungkinan ini dikarenakan cache Tiktok juga menggunakan draft perangkatmu. 

Sobat MEA mungkin pernah mencoba filter atau tren TikTok sendiri tapi tidak langsung diposting, melainkan menyimpannya di draft terlebih dahulu. Nah, semuanya akan tersimpan di perangkatmu. Sehingga jika ingin menghapus cache secara keseluruhan, ada baiknya hapus drafnya dan free up space pada perangkat.

You may also like

Leave a Comment