Mudah Dilakukan! Ini 3 Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

by Bimboi
cara menghilangkan objek di photoshop

Mendapatkan hasil foto yang sempurna mungkin bagi sebagian orang menjadi hal yang sulit. Pasti ada saja yang sudah memotret foto namun, ada benda yang cukup mengganggu. Ternyata benda ini bisa kamu lakukan manipulasi gambar agar benda tersebut hilang, lho!

Bagi Sobat MEA yang handal menggunakan Photoshop pasti merasa mudah dalam melakukan hal ini. Namun, banyak juga Sobat MEA yang merasa hal ini sangat sulit dilakukan. Ternyata cara menghilangkan objek di Photoshop itu gampang banget! asalkan tahu caranya. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam bagaimana sih tutorial cara menghapus benda alias cara menghilangkan objek di Photoshop. Daripada berlama-lama lagi, yuk simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Photoshop?

Mau nambah skill desain dan belajar bareng sesama content creator?
Yuk langsung gabung aja ke komunitas upgrade skill MEA sekarang juga. Belajar lebih terarah!

Jika ada Sobat MEA yang belum tahu, Photoshop merupakan software dari Adobe System yang diperuntukkan dalam editing foto atau gambar dan juga pembuatan efek. 

Aplikasi ini dapat melakukan manipulasi digital pada sebuah gambar agar terlihat menarik dengan berbagai macam efek dan penambahan atau pengurangan aset gambar atau font teks dalam sebuah gambar. 

Dengan adanya fitur penambah atau pengurangan objek pada suatu gambar, membantu pengguna Photoshop dalam mendapatkan gambar yang sesuai keinginan mereka. 

5 Fungsi Utama Photoshop

Mau punya landing page bisnis tanpa harus coding?
Pakai Gowebin aja! Gampang digunakan dengan harga yang murah!

1. Menyunting Foto

Sobat MEA dapat menyunting atau mengedit foto di Photoshop dengan menambahkan berbagaimacam efek yang telah disediakan Photoshop. Seperti menambahkan efek api dan juga asap pada sebuah gambar, mengecilkan sebuah perut, dan memerahkan wajah seperti sedang malu. 

2. Mengubah Warna

Dengan Photoshop, Sobat MEA dapat mengubah warna langit yang semula biru menjadi warna hijau, ataupun ungu, lalu mengubah warna rambut seseorang menjadi warna kuning, atau mengubah latar foto menjadi warna biru yang semula warna hijau. 

3. Mengatur Ukuran Foto

Ukuran pada sebuah gambar dapat diubah dengan mudah melalui Photoshop. Fitur ini sangat membantu, lho! Sobat MEA dapat membuat pas foto dengan mudah menggunakan Photoshop hanya dengan satu fitur saja. Sobat MEA bisa menggunakan Photoshop untuk mengubah ukuran foto produk sampai ukuran foto banner sesuai dengan kebutuhan.

4. Manipulasi Gambar

Sobat MEA dapat menggabungkan dua gambar menjadi satu dengan mudah hanya dengan Photoshop. Fitur ini sangat memudahkan para Digital Imager dalam membuat sebuah karya, seperti poster film, iklan billboard, dan juga konten sosial media

5. Koreksi Objek pada Foto

Ini salah satu fitur di Photoshop yang akan penulis jelaskan ke Sobat MEA. Dengan Photoshop, Sobat MEA dapat dengan mudah menghapus sebuah objek yang menghalangi atau membuat gambar menjadi tidak indah hanya dengan 3 cara. Penasaran gimana caranya? Yuk Simak terus tulisan ini! 

3 Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

1. Spot Healing Brush

spot healing brush tool photoshop

Cara pertama adalah menggunakan Spt Healing Brush Tool. Fitur ini kerap kali digunakan oleh desainer grafis dalam menghapus objek di Photoshop. Untuk menggunakan fitur ini, berikut adalah tutorialnya:

  • Masukkan gambar atau foto yang ingin Sobat MEA hilangkan objeknya. lalu klik tools Spot Healing Brush. Tools ini ada di bawah tools Eyedropper.
  • Lalu, klik kanan pada layer, dan klik Duplicate Layer dan tekan OK
  • Sobat MEA dapat menghapus objek dengan cara menggeserkan brush ke area yang diinginkan.  Sobat MEA dapat mengubah ukuran besar-kecilnya brush dengan tombol [ ] pada keyboard. Tombol [ untuk memperkecil, dan ] untuk memperbesar. 

2. Memakai Content Aware Fill

content aware tool

Berikutnya menggunakan Content Aware Fill. Cara yang dilakukan ini kurang lebih sama dengan menggunakan tools Spot Healing Brush. Namun, terdapat perbedaan yang cukup mendetail. Berikut langkah yang harus dilakukan:

Membuat Duplikat Layer Baru

Sobat MEA harus membuat duplikat pada layer. Klik elemen yang ingin Sobat MEA hapus dengan Quick Selection Tools dan gosok brush pada area yang diinginkan sembari menekan tombol Shift untuk menambahkan objek, atau tombol Alt untuk menghapus sebuah elemen. 

Seleksi dengan Lasso Tool

Lasso Tool bisa Sobat MEA gunakan untuk membedakan latar belakang dengan objek lebih mudah. Jika sudah memilih area objek, klik bar Edit dan pilih Content Aware Fill dan klik OK

3. Memakai Patch Tool

Ini salah satu cara terakhir yang dapat Sobat MEA lakukan untuk menghapus objek pada sebuah gambar. Berikut langkah-langkah yang harus Sobat MEA lakukan: 

  • Pertama, Duplikat layer pada gambar untuk menghindari kesalahan seleksi. .
  • Gunakan Path Tool pada bar di sebelah kiri, Jika Sobat MEA tidak menemukan tool ini,  Sobat MEA perlu menyorot pada tool Spot Healing Brush atau  klik kanan pada tools tersebut sehigga menemukan Path tool
  • Klik dan seret kursor di sekitar objek yang ingin Sobat MEA hapus. Sobat MEA dapat menggunakan tombol [ atau ] untuk memperbesar atau memperkecil tools, sehingga dapat menyeleksi area sedekat mungkin. 
  • Pada selection yang sudah Sobat MEA lakukan sebelumnya, Sobat MEA dapat menghapus objek yang sudah terseleksi dan lakukan cara ini beberapa kali sehingga lubang dapat tertutup. Letakkan di atasnya dengan sangat hati-hati.

You may also like

Leave a Comment