5 Cara Menghindari Pelanggaran Produk Shopee dengan Mudah!

by Fanny
cara menghindari pelanggaran produk Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace yang memiliki banyak pengguna. Dengan berbagai jenis konsumen dan kebutuhannya, Sobat MEA bisa menyediakan berbagai macam produk dan menjualnya melalui platform ini. Namun Sobat MEA harus mengetahui produk apa saja yang dilarang dan mengetahui cara menghindari pelanggaran produk Shopee terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar toko Sobat MEA tidak mendapatkan penalti bahkan ditutup secara paksa oleh Shopee.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan apa itu pelanggaran produk Shopee, bagaimana cara menghindari pelanggaran produk Shopee, serta apa yang akan terjadi jika produk Sobat MEA melanggar ketentuan yang ada. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Pelanggaran Produk Shopee?

Mau dapat komisi extra dari Shopee Affiliate?
Yuk langsung aja gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaatnya!

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghindari pelanggaran produk Shopee, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu pelanggaran produk Shopee terlebih dahulu. Pada dasarnya, pelanggaran produk adalah daftar produk yang tidak memenuhi syarat dan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Shopee. 

Hal ini bertujuan agar Pembeli mendapatkan pengalaman berbelanja yang aman dan menyenangkan. Oleh karena itu, Shopee menetapkan ketentuan dan mengawasi semua produk yang diunggah oleh penjual.

Penjual atau Shopee Affiliate yang melanggar dan menjual produk yang sudah dilarang pun akan mendapatkan tindak lanjut dari Shopee. Jadi Sobat MEA tidak boleh menjual produk secara sembarangan di platform ini demi keamanan dan kenyamanan bersama. Lalu, bagaimana cara menghindari pelanggaran produk Shopee yang mudah?

Apa yang Terjadi Jika Melakukan Pelanggaran Produk?

Mau Tingkatin Omzet di Shopee?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari Coach Shopee biar omzet melejit. GRATIS!

1. Diturunkan

Konsekuensi yang pertama dari melakukan pelanggaran produk adalah Shopee akan menurunkan produk. Dalam hal ini, biasanya terjadi karena Sobat MEA memasukkan produk ke dalam kategori yang tidak sesuai. Seperti misalnya saja Sobat MEA memasukkan baju bayi ke dalam kategori makanan.

Jadi produk akan diturunkan namun Pembeli akan tetap bisa menemukan produk tersebut di kolom pencarian. Akan tetapi, ranking atau peringkat pencarian akan mengalami penurunan sementara. Sobat MEA bisa mengembalikan produk tersebut dengan membenaran kategori dan menyelesaikan masalah pelanggaran tersebut.

2. Diblokir dan/atau Dihapus

cara menghindari pelanggaran produk Shopee

Konsekuensi kedua adalah Shopee berhak memblokir dan/atau menghapus produk. Hal ini bisa terjadi jika Sobat MEA melanggar kebijakan barang yang dilanggar dan dibatasi Shopee. Tidak hanya produk akan dihapus dan tidak tersedia lagi di dalam etalase, namun toko Sobat MEA juga akan mendapatkan poin penalti Shopee.

Jika Sobat MEA sudah memiliki poin penalti yang cukup tinggi, maka Shopee akan emmberhentikan keuntungan eksklusif yang tadinya sudah dimiliki. Sobat MEA bisa mendapatkan kembali keuntungan eksklusif ini dalam 28 hari jika performa toko meningkat dan mencapai target.

Namun jika seiring berjalannya waktu Sobat MEA mendapatkan poin penalti yang semakin banyak, maka akun atau toko bisa dibatasi bahkan dihapus.

5 Cara Menghindari Pelanggaran Produk Shopee

Kelola Akun Shopee dengan Lebih Mudah Bersama Tim MEA!
Pakai Jasa Kelola dan Optimasi Shopee yang dibantu oleh tim MEA yang sudah berpengalaman memegang ratusan klien dengan klik di sini sekarang juga!

1. Pastikan Produk Aman

Shopee sudah membuat daftar produk apa saja yang dilarang untuk dijual di platform mereka. Jadi sebelum memutuskan untuk berjualan di Shopee, pastikan produk Sobat MEA tidak masuk dalam daftar kebijakan barang yang dilarang dan dibatasi serta Daftar Produk yang Dilarang sebelum mengunggah produk. 

2. Tidak Mengandung Situs Eksternal

Cara menghindari pelanggaran produk Shopee yang kedua adalah pastikan produk Sobat MEA tidak mengandung situs eksternal. Hal ini seperti Sobat MEA tidak bisa mencantumkan tautan atau username yang mengarahkan pembeli untuk melakukan pembelian di luar platform Shopee seperti lokasi fisik, nomor WhatsApp, alamat email, akun media sosial, link website, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan juga detail produk baik dalam deskripsi maupun dalam desain tidak boleh mencantumkan informasi pribadi. Sobat MEA juga tidak boleh memasukkan informasi yang tidak akurat terkait produk karena hal ini dianggap akan menyesatkan pembeli.

3. Tidak Menjual Obat Terlarang

cara menghindari pelanggaran produk Shopee

Shopee cukup ketat terkait produk jualan seperti obat-obatan, vitamin, dan suplemen. Jadi salah satu cara menghindari pelanggaran produk Shopee adalah dengan jangan menjual produk obat-obatan yang terlarang dan bisa membahayakan atau mengancam kesehatan pembeli.

4. Hindari Spam

Ada saatnya penjual menyediakan produk yang sama dengan jumlah yang berbeda. Misalnya saja Sobat MEA menjual satu produk lotion namun dengan 5 etalase berbeda karena memiliki jumlah dan harga yang berbeda. Untuk menghindari spam dan sebagai salah satu cara menghindari pelanggaran produk Shopee, maka Sobat MEA harus memastikan bahwa detail atau rincian produknya berbeda satu sama lain.

5. Jangan Upload Ulang Produk yang Dihapus dan Diblokir

Jika Sobat MEA sudah mengalami produk yang diblokir atau dihapus, maka jangan sampai mengunggah ulang produk tersebut ke toko karena akan menurunkan tingkat kepercayaan Shopee dan pembeli sendiri kepada toko Sobat MEA.

Sekian pembahasan lengkap mengenai apa itu pelanggaran produk, apa yang terjadi jika melanggar ketentuan, serta 5 cara menghindari pelanggaran produk Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment