2 Cara Menghitung Engagement Rate Instagram dengan Benar

by Viki
cara menghitung engagement rate instagram

Sobat MEA tahu belum nih Seberapa banyak interaksi di Instagram ternyata bisa kita lihat, lho. Bahkan performanya bisa dihitung dengan sangat mudah. Ingin tahu bagaimana cara menghitung Engagement Rate Instagram? Yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Bagi yang belum tahu, Engagement Rate Instagram (ER) adalah metrik penting yang dapat mengukur keberhasilan akun Instagram. Ini mencakup interaksi berdasarkan jumlah likes, comments, share, dan lain sebagainya. 

Menariknya, perhitungan Engagement Instagram bisa dibilang cukup simpel, lho! Dan dalam artikel ini, MiMe akan membagikan informasi seputar engagement Instagram serta bagaimana cara menghitung Engagement Rate Instagram. Apa saja kira-kira?

Table of Contents

Apa itu Engagement Rate?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Dibimbing, Engagement Rate (ER) adalah alat atau metrik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat keterlibatan atau interaksi pengguna terhadap konten yang dibagikan di platform media sosial, termasuk Instagram.

Indikator ini penting sekali untuk dipahami ketika menerapkan strategi Digital Marketing untuk menilai bagaimana kinerja konten berdasarkan jumlah pengikut. Engagement Rate Instagram juga menggambarkan seberapa aktif followers yang terlibat dalam postingan melalui jumlah like, komentar, dan share.

Dengan mengetahui nilai engagement, Sobat MEA dapat menilai sejauh mana kontenmu berhasil menarik perhatian dan melibatkan audiens, sekaligus mengetahui efektivitas strategi pemasaran yang Sobat MEA terapkan. Maka semakin tinggi Engagement Rate, semakin besar pengaruh dan interaksi yang terjadi antara konten dan audiens.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate Instagram

Yuk, maksimalkan konten TikTok juga untuk ER yang tinggi lewat MCN MEA!
Karena bakal ada kolaborasi potensial dan komisi yang cuan, serta performa yang menakjubkan tentunya~
  • Comment
  • Share
  • Like
  • Save
  • Mention
  • Penggunaan Hashtag
  • Click-through
  • Direct Message
  • Akun yang terlibat

Itulah mengapa penting untuk mengukur Engagement Rate secara teratur untuk mengetahui bagaimana kinerja konten di media sosial dan mengidentifikasi strategi yang perlu dilakukanuntuk meningkatkan keterlibatan dengan audiens. Tapi bagaimana cara menghitung Engagement Rate Instagram?

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

cara menghitung engagement rate instagram

Bisa dibilang, Engagement Rate merupakan penilaian jujur dari audiens terhadap kualitas konten dan akun Instagram. Untuk hal ini, ketika Engagement Rate tinggi, artinya konten dan akunmu memiliki kualitas yang bagus dan disukai oleh audiens. 

Sebaliknya, jika engagement rendah, artinya konten yang dibagikan kurang diminati karena mungkin kualitas pengambilan konsep yang buruk atau bahkan tidak sesuai dengan karakter target audiensmu.

Bagaimana? Mulai penasaran dengan bagaimana tingkat Engagement Rate pada Instagram? Sobat MEA bisa mencari tahu kualitas konten dan akun Instagram melalui penjelasan ini. 

1. Engagement Post

Untuk mencari tahu nilai Engagement Rate pada postingan Instagram, ada dua hal yang perlu dipersiapkan yaitu jumlah interaksi dan jumlah pengikut. Lalu Sobat MEA bisa mengetahui performa konten yang didapatkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan Sobat MEA menggunakan akun Instagram bisnis. 
  • Pilih salah satu postingan yang ingin dicek
  • Lihat jumlah komentar dan likes yang ada di postingan. 
  • Kemudian hitung menggunakan rumus

 Engagement Rate = (Likes + Comments) ÷ Followers x 100

2. Engagement Akun

Selain itu, Sobat MEA juga bisa menghitung hasil keseluruhan engagement pada akun Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan Sobat MEA menggunakan akun Instagram bisnis. 
  • Pilih menu Professional Dashboard.
  • Lalu pilih opsi See All.
  • Di bagian waktu, pilih opsi Last 30 Days.
  • Lanjutkan dengan menggunakan rumus berikut:

Engagement Rate = Accounts Reached ÷ Account Engaged x 100

Misalnya, reach mencapai 25.000, dan nilai engage 300.000.

Engagement Rate = 25.000 ÷ 300.000 x 100 = 8,3. 

Artinya, akun instagram mendapatkan Engagement Rate yaitu sebesar 8,3%.

Bagaimana? Cara menghitung Engagement Rate Instagram sangat mudah, bukan? Hal ini tentu sangat cocok bagi Sobat MEA yang tertarik menjadikan Instagram sebagai media pemasaran. Sobat MEA tentu perlu mengukur efektivitas dari akun itu sendiri. Oleh karena itu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment