Cara Menghitung Engagement Rate TikTok dengan Benar

by Viki
cara menghitung engagement rate tiktok

Bagi pengguna media sosial, pasti kerap mendengar istilah engagement rate. Terutama pada TikTok yang telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Hal ini membuat pengguna sangat perlu untuk memahami cara menghitung engagement rate TikTok.

Pasalnya, TikTok bukan sekadar media sosial untuk berbagi video pendek, melainkan juga dapat digunakan untuk keperluan digital marketing. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang berhasil memasarkan produknya melalui TikTok.

Itulah mengapa Sobat MEA perlu memahami cara menghitung engagement rate TikTok. Sebagaimana engagement menjadi indikator kesuksesan suatu akun yang tentu saja akan menunjang keberhasilan bisnis yang dipasarkan di platform TikTok. 

Table of Contents

Apa itu Engagement Rate TikTok?

Tingkatkan ER dengan aktif berkolaborasi bareng MCN TikTok MEA!
Yuk gabung MCN TikTok MEA untuk dapatkan kolaborasi yang potensial demi ER yang nendang~

Melansir laman Fortune, Engagement Rate (ER) TikTok adalah sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur jumlah followers yang terlibat dalam setiap konten yang diposting. Engagement Rate biasanya diukur berdasarkan reach/impression.

Dalam hal ini, semakin tinggi ER, semakin besar peluang akun untuk tumbuh. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu menyiapkan berbagai upaya untuk meningkatkan engagement pada TikTokmu.

Adapun tanda dari engagement rate TikTok yang baik adalah ketika Sobat MEA mendapatkan banyak atensi dari audiens pada video TikTok yang dibagikan. Dengan ER TikTok, Sobat MEA dapat mengetahui apa yang diinginkan dan disukai oleh audiens berdasarkan jumlah interaksi pada konten tertentu.

Nah, Sobat MEA dapat menemukannya dengan melihat postingan yang mendapatkan likes, comments, dan share yang paling tinggi maupun sedikit. Kemudian Sobat MEA dapat membuat konten yang lebih tepat agar target audiens lebih antusias pada akunmu. Sehingga ER TikTok akan lebih tinggi dari sebelumnya. 

Artikel Terkait  Maksimalkan Cuanmu Lewat 2 Cara Live TikTok di HP Ini, Bisa Android & Iphone!

Faktor yang Mempengaruhi Engagement TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum menghitung berapa nilai engagement pada TikTok, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja yang dapat mempengaruhi engagement pada akun TikTok ini. Untuk hal ini, berikut faktor-faktor yang mempengaruhi engagement TikTok:

1. Komentar

Di TikTok, komentar menjadi wadah yang tepat untuk berinteraksi dengan para pengikutnya. Melalui komentar, Sobat MEA dapat membangun hubungan dengan followers. Semakin banyak komentar yang didapatkan, semakin tinggi ER TikTok pada akun.

2. Share

jika Sobat MEA mengklik “Share” dan klik “Copy Connection”, algoritma TikTok menganggap video tersebut dibagikan ke orang lain. Dengan hal ini, peringkat videomu menjadi lebih tinggi.

Ini tentunya memberikan peluang yang besar untuk kontenmu muncul di FYP. Kemudian otomatis engagement rate akan meningkat. Bahkan ER akan terus meningkat selama beberapa hari jika kontenmu terus muncul di FYP pengguna TikTok lainnya. 

3. Like

Jangan salah, tombol like juga menentukan performa akun TikTok, lho. Maka penting untuk menarik jumlah like yang banyak dengan menghadirkan konten, nama, dan bio yang menarik.

Pastikan akun TikTok tidak dikunci (private). Jika perlu, tautkan akun TikTok tersebut ke YouTube untuk mendapatkan jangkauan yang lebih besar. Selain itu, Sobat MEA juga dapat mengikuti tren baru hingga memasukkan hashtag populer agar Sobat MEA bisa mendapatkan banyak like pada postingan.

4. View

5. Playtime

Selain itu, total waktu atau total playtime juga dapat mempengaruhi nilai Engagement Rate pada TikTok. Sobat MEA dapat menghitungnya berdasarkan detik terakhir dari setiap video dan mengecek total playtime TikTok baik mingguan maupun bulanan.

Nantinya, informasi tersebut bukan hanya total playtime. Sobat MEA juga bisa mengecek siapa saja pengguna atau viewers kontenmu tersebut.

Cara Menghitung Engagement Rate TikTok

Ya, sampailah kita pada penjelasan cara menghitung engagement rate TikTok. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan, apa saja?

1. Hype Trace

Pertama, Sobat MEA bisa memanfaatkan website yang bernama Hype Trace. Ini merupakan salah satu situs yang banyak digunakan untuk menghitung engagement rate. Sobat MEA bisa memulai perhitungan berdasarkan username akun. Sobat MEA perlu memasukkan username akun TikTok yang ingin ER-nya dihitung. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka website Hype Trace melalui browser perangkat. 
  • Masukkan username TikTok di kolom yang tersedia.
  • Kemudian klik Analyze.
  • Website akan mulai menganalisis ER.
  • Tunggu prosesnya, Sobat MEA akan mendapatkan hasil analisanya.
  • Selesai!

Sebagai informasi, Sobat MEA juga bisa menggunakan Hype Trace untuk mengecek ER berbagai media sosial lainnya secara gratis. 

2. Hype Auditor

Cara menghitung engagement rate TikTok selanjutnya, bisa melalui Hype Auditor. Sudah banyak yang menggunakan website ini untuk Engagement Rate media sosial termasuk TikTok. Cara penggunaannya pun mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Menariknya, Hype Auditor ini dapat memberikan informasi secara lengkap. Bahkan Sobat MEA bisa melihat tipe audiens, gender audiens, skor kualitas akun, kenaikan jumlah pengikut, dll. 

3. InBeat

Selanjutnya, perhitungan Engagement Rate TikTok bisa dilakukan melalui Inbeat. Hampir sama dengan Hype Trace, Inbeat juga cukup populer dan mudah digunakan. Sobat MEA hanya perlu memasukkan username atau user ID akun TikTok. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka website Inbeat Engagement Rate melalui browser perangkat.
  • Sobat MEA akan disambut oleh beberapa kolom. Silakan masukkan username akun TikTok.  
  • Inbeat akan menjalankan analisanya.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai untuk mendapatkan hasilnya.
  • Selesai!

Inbeat memang bisa digunakan secara gratis. Tapi Sobat MEA harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan email untuk menikmati layanan yang tersedia. 

Jadi, itulah beberapa cara menghitung engagement rate TikTok yang wajib diketahui. Ini penting untuk Sobat MEA yang ingin terus eksis di TikTok, karena sebagaimana performa akun perlu dipantau dan dijadikan evaluasi terhadap kontennya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment