3 Cara Menghubungi Artis untuk Endorse. Ternyata Nggak Susah

by Viki
cara menghubungi artis untuk endorse

Di era digital ini, Sobat MEA tentu menyadari bahwa ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk terhubung dengan artis. Terlebih untuk meminta endorsement terhadap produk yang Sobat MEA jual ataupun keperluan lainnya. Oleh karena itu, MiMe akan membagikan panduan mengenai cara menghubungi artis untuk endorse atau kerja sama yang menguntungkan bagi bisnismu.

Seperti kita ketahui, hampir semua artis atau influencer di Indonesia membuka layanan paid promote yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis. Baik itu bisnis usaha besar maupun UMKM. Nggak jarang, kita kerap melihat para influencer mempromosikan produk UMKM. Hal yang menjadi pertanyaanya kemudian adalah, bagaimana sih cara menghubungi artis untuk endorse produk UMKM?

Table of Contents

Apa itu Endorsement?

Sssssttt, rahasia kerja sama bareng artis yang cuan ada di sini!
Yuk kupas tuntas dan kepoin semuanya bareng mentor Influencer Marketing terbaik di komunitas MEA!

Endorse berasal dari kata Endorsement atau bisa disebut juga dengan Influencer Marketing. Endorse merupakan strategi pemasaran yang biasa dilakukan oleh brand atau perusahaan melalui Influencer yang memiliki banyak followers untuk mempromosikan produk atau jasa di media sosial. 

Dalam kegiatan endorse, Sobat MEA dapat meminta Artis atau Selebriti di media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa yang Sobat MEA tawarkan meningkatkan brand awareness hingga konversi penjualan dengan bayaran tertentu. 

Nah, kemudian Sobat MEA harus membayar sejumlah biaya yang ditawarkan oleh artis yang akan diajak. Kendati demikian, Sobat MEA akan mendapatkan berbagai keuntungan dari kerja sama ini. Tidak hanya akan dipromosikan, tapi promosimu akan ditempatkan di berbagai tempat konten yang potensial seperti IG Feed, IG Reels, IG Story, video TikTok, hingga video YouTube. 

3 Tips Endorse Artis yang Menguntungkan

Mau bisnis kamu dipromosikan influencer untuk tingkatkan penjualan?
Yuk langsung aja kerja sama dengan tim social media management MEA sekarang juga!

Perlu diketahui, dalam mengajak artis untuk melakukan kerja sama bisnis, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjangkau mereka. Karena hal ini dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan campaign marketing yang dibuat.

Untuk hal ini, MiMe juga punya tips yang bisa diikuti untuk melaksanakan endorsement dengan artis yang dapat menghasilkan keuntungan. Berikut adalah uraian tips pentingnya:

1. Cari Artis yang Relevan dengan Produkmu

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah pastikan Sobat MEA menggunakan artis dengan niche market yang sama dengan bisnismu saat mempromosikan produk. Oleh karena itu, penting untuk mencari artis yang relevan dengan produk yang dijual. Jika salah memilih artis, bisa-bisa pesan tidak dapat tersampaikan. 

Selain itu, pastikan artis yang dipilih memiliki ketertarikan dengan produkmu. Ini penting untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Sobat MEA telah melakukan riset dan memahami niche mereka.

2. Jangkau Artis dengan Berbagai Jumlah Followers

Jangan hanya mengandalkan Mega Influencer! Sobat MEA justru berpeluang mendapatkan lebih banyak keuntungan di berbagai saluran media sosial dengan menjangkau konten kreator dengan berbagai jumlah pengikut. 

Untuk itu, Sobat MEA bisa mencoba artis atau Influencer nano dan mikro (±1k – 100k), hingga sejumlah artis tingkat menengah (±100k-500k). Sebenarnya rentang pengikut ini bersifat indikatif dan tergantung lokasi dan saluran yang ditargetkan. 

3. Temukan Kontak Artis

4 Cara Menghubungi Artis untuk Endorse

Jika Sobat MEA sudah memiliki sederetan artis dan kontaknya, selanjutnya Sobat MEA perlu segera menghubungi mereka. Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA sudah mengikuti akun media sosial mereka untuk memudahkanmu dalam berinteraksi dengan mereka. 

Jika perlu, Sobat MEA catat detail-detail unik mereka saat memberikan komentar atau like seperti nama kucing mereka, pendapat mereka, atau film favorit. Ini penting untuk mendapatkan respon pertama saat mengajak bekerja sama. 

Selain itu, Sobat MEA juga bisa melakukan cara menghubungi artis untuk endorse yang lainnya. Dan berikut langkah-langkahnya:

1. DM Akun Instagram Artis

Pertama, sebenarnya Sobat MEA bisa langsung memintanya dengan mengirimkan pesan Direct Message (DM) ke akun Instagram. Tapi cara ini kurang direkomendasikan karena tidak semua orang berkenan untuk dikirimi pesan secara personal.

Terlebih, banyak artis yang sudah tidak lagi membaca DM, kecuali dari akun badge centang biru (verified user). Bahkan ada juga akun yang mematikan fitur Direct Message.

Tapi jika dirasa ini adalah cara terbaik, pastikan Sobat MEA memberikan detail dan objektif campaign yang jelas pada pesanmu. Pastikan pesan ini disampaikan dengan sopan dan mudah dipahami. 

2. Datangi Event Offline yang Mereka Hadiri

Kedua, Sobat MEA bisa menghadiri acara dan konferensi yang mereka hadiri. Cari kesempatan dimana Sobat MEA bisa menghampirinya dan memberikan tawaran endorsement ini. Tapi pastikan tidak memaksa mereka dan tidak mengganggu waktu ataupun kenyamanan mereka di event tersebut. 

Tentu saja cara ini akan menghabiskan lebih banyak biaya dan waktu. Sebelumnya, Sobat MEA harus mencari, mendaftar, dan mendatangi event ataupun konferensi yang akan mereka hadiri. 

3. Gunakan Influencer Marketing Platform

Bikin landing page produk mudah, anti ribet tanpa harus bikin website!
Pakai aja platform Gowebin sekarang juga. Bisa trial dulu!

Pada platform ini, Sobat MEA juga bisa mengetahui semua aktivitas influencer campaign, mulai dari menjangkau influencer hingga pembayaran campaign. 

Cara menghubungi artis untuk endorse ini sangat direkomendasikan. Saat ini banyak platform yang menyediakan flow yang lebih rapi dan menghemat waktu. Sehingga artis pun akan semangat untuk bekerja sama.

Melalui platform ini, Sobat MEA juga tidak perlu repot-repot membuat template pesan untuk menjangkau artis yang dituju. Sobat MEA hanya perlu mengundang mereka dengan memasukkan email dan platform akan membantumu menjangkau artis atau Influencer tersebut. 

4. Minta Bantuan Agensi Artis

Selain platform, ada juga agensi artis yang bisa membantumu menghubungi artis yang diinginkan. Agensi ini memiliki banyak pengalaman dalam membangun influencer campaign serta memiliki data, pengetahuan, dan kemampuan yang kompeten untuk membuat campaign marketing yang potensial.

Di sini, Sobat MEA bisa membahas konsep campaign bisnismu dengan agensi untuk menciptakan promosi yang menghasilkan. Menariknya, ada kontrak dan SOW yang dapat menjaga kerja sama. Sehingga jika ada konflik antara brand dan influencer, penyelesaiannya akan lebih mudah. 

Tapi ingat, ada juga agensi yang memiliki sedikit pengalaman, data, ataupun kemampuan. Oleh karena itu, pastikan riset agensi Influencer yang akan digunakan sebelum bekerja sama. 

Jadi, begitulah beberapa cara menghubungi artis untuk endorse bagi Sobat MEA yang ingin menunjang pemasaran dengan popularitas Artis terkenal. Tapi sebelum menghubunginya, pastikan Sobat MEA menyiapkan kata-kata terbaik terlebih dahulu. Karena biar bagaimanapun mereka hanya akan menghargai ajakan yang ramah dengan konsep yang terencana. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment