3 Cara Mengirim Pesan Otomatis di WA dengan Cepat dan Mudah!

by Viki
cara mengirim pesan otomatis di wa

WhatsApp telah menjadi salah satu platform komunikasi yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna, WhatsApp memiliki fitur yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Bahkan WhatsApp menyediakan cara mengirim pesan otomatis di WA. 

Tentunya mengirim pesan otomatis menjadi fitur yang sangat berguna. Terutama bagi pebisnis yang gencar melakukan promosi.  Adapun untuk dapat mengirim pesan otomatis di WhatsApp yaitu lewat cara membuat pesan otomatis. Bahkan Sobat MEA dapat mengkustomisasi pesan ini sesuai kebutuhan. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan cara kirim pesan otomatis di WA yang cepat, praktis, dan mudah. 

Pentingnya Fitur Pesan Otomatis di WA

Fitur Pesan Otomatis sendiri adalah salah satu fitur unggulan dari Whatsapp Business, di mana pengguna WhatsApp bisnis dapat mengirim pesan secara otomatis yang telah diatur. 

Misalnya, ketika Sobat MEA sedang berada di luar kantor atau jam kerja. Sobat MEA dapat mengatur pesan di luar jam operasional untuk dikirim ke semua atau sebagian kontak secara otomatis. Sobat MEA juga dapat menjadwalkan pesan di luar jam kerja untuk dikirimkan pada waktu tertentu seperti toko sedang tutup.

Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu jam operasional toko untuk mendapatkan balasan. Bahkan Sobat MEA bisa menggunakannya untuk memperkenalkan bisnis ke pelanggan baru. Lantas, bagaimana cara kirim pesan otomatis di WA?

Cara Mengirim Pesan Otomatis di WA

Perlu diketahui, penggunaan pesan otomatis memang sangatlah penting bagi bisnis. Pesan Otomatis WhatsApp akan memudahkan pebisnis dalam mengelola usaha, melayani pelanggan, hingga menghemat waktu. Sehingga pekerjaan berjalan secara efisien. 

Pesan otomatis di WA sendiri mengacu pada aktivitas mengotomatiskan seluruh obrolan dan aliran pesan. Hal ini tentunya juga akan membantu pebisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan dalam skala besar selain via sms email.

Artikel Terkait  Promosi Lebih Optimal, Ini Cara Broadcast di WhatsApp Web! Cobain~

Chat kamu sering diabaikan sama calon pelanggan potensial? BAHKAN sampai dianggap SPAM?

Ungkap rahasia mendapatkan pelanggan potensial melalui WA Marketing di Jawara 10!

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan dari pesan otomatis WhatsApp, salah satunya meningkatkan kepuasan pelanggan dengan aplikasi skedit. Selain itu, bisnis yang dijalankan juga akan lebih terlihat profesional untuk meningkatkan kredibilitas. 

Tapi Sobat MEA tidak perlu khawatir. ada 3 hal yang bisa dilakukan. Pastikan Sobat MEA sudah menginstal dan mendaftar WhatsApp for Business di Google Play Store atau AppStore dan lengkapi profil bisnis yang dijalankan meliputi nama dan logo bisnis, tipe usaha, jam operasional, alamat toko offline, hingga tautan bisnis. Isi lengkap untuk memudahkan pelanggan mengakses produkmu. 

Mengaktifkan Pesan Otomatis di WhatsApp Business

Bikin Omzet Dari 0 Sampai Ratusan Juta Dengan Bantuan Robot Pintar!

Gabung komunitas bisnis online MEA dan mari berdiskusi bareng seller berpengalaman yang full strategi

Cara pertama, tentu saja bisa dengan mengaktifkan pesan otomatis di WA Bisnis. Dikutip dari laman WhatsApp, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business 
  2. Lalu pilih menu Titik Tiga pada pojok kanan atas dan pilih Business tools.
  3. Selanjutnya klik opsi Quick replies dan klik Add.
  4. Lalu atur pesan yang akan dikirimkan ke pelangan. 
  5. Terakhir, klik Save untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.
  6. Selesai!

Mengatur Pesan Otomatis Secara Default

Selain itu, Sobat MEA juga dapat mengatur pesan otomatis WA secara default. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Mengaktifkan Away Message di WhatsApp Business

Lain halnya jika ingin membalas pesan secara otomatis sesuai jadwal operasional bisnis, maka Sobat MEA bisa mengaktifkan Away Message dengan langkah mudah untuk membuat pesan otomatis tersebut:

  • Buka WhatsApp Business, 
  • Pilih opsi Titik Tiga di pojok kanan atas klik Business Tools.
  • Lalu pilih Away message untuk aktifkan fitur.
  • Terakhir, atur adwal pengiriman pesan. Sobat MEA bisa memilih opsi selalu kirim, jadwal khusus, atau di luar jam kerja. Pilihlah salah satu opsi tersebut sesuai kebutuhan.

Perlu dicatat,  opsi jadwal pengiriman pesan otomatis akan muncul Sobat MEA telah mengatur jadwal operasional bisnis di profil WhatsApp. Oleh karena itu, pastikan sudah memiliki toko di WA. 

Tips Mengirim Pesan Otomatis di WA

Sama halnya dengan promosi pada umumnya, jika Sobat MEA ingin hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, MiMe punya beberapa tips penting mengenai kirim pesan otomatis di WhatsApp. Berikut uraiannya:

Perbarui dan Kelola Pesan Otomatis

Untuk mengirimkan pesan otomatis di WhatsApp, pastikan selalu memperbarui dan mengelola pesanmu. Pastikan pesan yang Sobat MEA kirim masih relevan dan akurat. Jika ada perubahan dalam konten atau informasi yang Sobat MEA sampaikan, segera perbarui pesan otomatis agar tidak menyesatkan penerima.

Selain itu, perhatikan respon dan umpan balik dari penerima pesan. Jika ada tanggapan atau pertanyaan yang diberikan, berikan respons yang tepat dan tanggap. Jangan biarkan pesan otomatis menjadi penghalang dalam menjalin komunikasi yang lebih mendalam dengan orang lain.

Pertimbangkan Privasi Pengguna Lain

Gunakan Dengan Bijak

Terakhir, gunakan fitur pesan otomatis di WhatsApp dengan bijak. Gunakan fitur ini untuk keperluan yang tepat dan relevan, seperti pengiriman pemberitahuan, mengingatkan janji temu, atau menyampaikan informasi penting. Hindari penyalahgunaan fitur ini untuk tujuan yang tidak pantas atau mengganggu.

Demikian cara mengirim pesan otomatis di WA yang praktis dan mudah dilakukan. Dengan begitu, Sobat MEA dapat mengirim pesan otomatis di WhatsApp dengan efektif dan efisien. 

Tapi ingat,  tetap pertimbangkan privasi, etika, dan kenyamanan pengguna lain saat menggunakan fitur ini. Jaga hubungan komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitarmu, dan gunakan pesan otomatis sebagai alat yang mendukung komunikasi yang lebih baik dan efisien. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment