Ikuti Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate Selengkapnya di Sini!

by Fanny
cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate

Shopee Affiliate Program adalah salah satu program yang disediakan oleh Shopee untuk para konten kreator dimana mereka bisa mendapatkan komisi dengan mempromosikan suatu produk. Tidak sedikit orang yang bergabung pada program ini karena caranya yang sangat mudah dan menghasilkan uang yang cukup lumayan.

Agar dapat bergabung pada program ini, Sobat MEA perlu mendaftarkan diri dan mengisi formulir yang ada. Terkadang, banyak orang yang merasa bingung dan terkendala pada proses pengisian formulir pendaftaran ini. Untuk itu agar proses pendaftaran lancar dan berhasil, kami akan membagikan cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate secara bertahap dengan jelas.

Daftar Program Shopee Affiliate

Dapatkan komisi lebih dari Shopee Affiliate!

Gabung di MCN Shopee MEA sekarang juga!

Sebelum memberikan cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate, Sobat MEA harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada program ini. Tapi sebelum mendaftar, Sobat MEA perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang ada. Berikut adalah syarat mudah untuk bergabung sebagai affiliate Shopee:

  • Akun yang didaftarkan merupakan akun sosial media pribadi. Untuk jenis sosial medianya sendiri beragam. Sobat MEA bisa mendaftarkan diri dengan akun Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok.
  • Pastikan akun Sobat MEA aktif, ya. Aktif ini dalam artian sering melakukan interaksi dengan unggahan orang lain maupun unggahan sendiri. Sobat MEA juga perlu aktif mengunggah konten untuk meningkatkan views.
  • Syarat selanjutnya adalah akun Sobat MEA merupakan akun publik. Hal ini bertujuan agar link produk yang dibagikan dapat dilihat oleh semakin banyak orang dan menjangkau audiens sebanyak mungkin. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan mendapatkan lebih banyak komisi daripada menggunakan akun private.
  • Pastikan Sobat MEA selalu mengunggah konten yang original dan tidak mengandung hak cipta dari kreator lain.
Artikel Terkait  Cara Meliburkan Toko Shopee Dengan Fitur Toko Libur. Gampang!

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, Sobat MEA juga perlu memahami ketentuan produk dan jenis konten apa saja yang perlu dihindari agar tidak diputus oleh Shopee. Dilansir dari laman resmi Shopee, ini dia beberapa ketentuan Program Shopee Affiliate:

  • Produk valid yang mampu menghasilkan komisi adalah produk yang dijual di Shopee baik Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Dilarang mempromosikan produk berupa obat-obatan terlarang, rokok, vape, ganja, produk dewasa, dan produk palsu.
  • Shopee berhak mengunggah ulang konten Sobat MEA di aplikasi Shopee dan sosial media.
  • Komisi dan bonus akan dibayarkan setiap 1 minggu sekali.

Itu dia syarat dan ketentuan dari program Shopee Affiliate. Cukup mudah untuk diikuti, bukan? Nah, sekarang saatnya kami membagikan cara mendaftarkan diri pada program Shopee Affiliate. Ikuti tahapannya di bawah ini, ya!

  • Buka browser Sobat MEA dan kunjungi situs resmi Shopee Affiliate yang bisa Sobat MEA klik juga di sini: https://affiliate.shopee.co.id/ 
  • Klik Gabung Sekarang lalu login ke akun Shopee Sobat MEA.
  • Pendaftaran sudah berhasil. Langkah selanjutnya adalah Sobat MEA perlu melakukan cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate.

3 Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate

Mau belajar bikin konten affiliate yang menjual?

Yuk langsung gabung di grup content creator MEA sekarang juga!

Jika Sobat MEA sudah berhasil melakukan pendaftaran pada program Shopee Affiliate, langkah selanjutnya adalah dengan mengisikan formulir yang telah disediakan. Ada 2 tahap cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate yang perlu dilakukan. Semua akan kami bahas secara terperinci di bawah!

1.Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate Tahap 1

  • Tipe Akun

Akan ada 2 pilihan, yaitu Enterprise dan Individual. Enterprise untuk perusahaan, sedangkan individual untuk perorangan. Sobat MEA bisa memilih salah satu sesuai dengan tipe akun.

  • Nama Depan dan Nama Belakang

Jika nama Sobat MEA terdiri dari tiga kata atau lebih, maka Sobat MEA bisa memasukkan semuanya dengan memberi spasi.

  • Pilih Sapaan

Ada 3 pilihan sapaan, ayaitu Tn – Ny – Nn. Tn untuk laki-laki. Ny untuk perempuan yang sudah menikah dan Nn untuk perempuan yang belum menikah.

  • Tanggal Lahir

Masukkan tanggal lahir sesuai dengan kartu identitas atau KTP.

  • Negara dan Wilayah

Shopee hanya tersedia di beberapa negara saja, jadi Sobat MEA bisa memilih negara tempat Sobat MEA berada.

  • Kota

Masukkan kota tempat tinggal Sobat MEA saat ini.

  • Alamat

Masukkan alamat tempat tinggal Sobat MEA saat ini secara lengkap dan spesifik.

  • Kode Pos

Masukkan kode pos dengan benar karena hal ini berkaitan dengan proses penerimaan Shopee Affiliate atau sampel brand jika ada.

  • Nomor Telepon

Masukkan nomor telepon yang aktif dan belum pernah terdaftar di program Shopee Affiliate sebelumnya.

  • Alamat Email

Masukkan alamat email yang Sobat MEA pakai untuk membuat akun Shopee baru.

2. Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate Tahap 2

Cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate tahap 2 ini adalah proses di mana Sobat MEA bisa mengisikan informasi sosial media dan lainnya. Berikut beberapa hal yang perlu Sobat MEA isikan:

  • Link Sosial Media

Masukkan link sosial media yang ingin Sobat MEA gunakan untuk mempromosikan produk di Shopee atau membagikan link produk Shopee. Sobat MEA bisa menggunakan TikTok, Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, atau sosial media lainnya. Sobat MEA bisa memasukkan berbagai macam akun sosial media sekaligus, namun pastikan semua akun ini aktif, ya.

  • Spesifikasi Kategori
Artikel Terkait  Cara Membuat Deskripsi Produk Shopee Beserta 3 Contohnya

Akan ada beberapa pilihan kategori yang dapat Sobat MEA pilih, seperti fashion, elektronik, makanan, skincare, dan kategori lainnya. Sobat MEA dapat memilih beberapa kategori sekaligus.

  • Tipe Kemitraan

Ada beberapa tipe kemitraan Shopee Affiliate yaitu situs cashback/kupon, perbandingan harga, network, blogger/media sosial, brand/seller, dan lainnya. Jika Sobat MEA kebingungan ingin memilih yang mana, kami sarankan untuk memilih Blogger/Sosial Media.

  • Bagaimana Mengetahui Program Ini

Selanjutnya, akan muncul pertanyaan mengenai bagaimana Sobat MEA mengetahui program afiliasi ini? Jika Sobat MEA mendapapatkan informasi dari Affiliates Team Leader, Sobat MEA bisa mengisikan kode pada kolom yang tersedia. Namun jika Sobat MEA mengetahuinya sendiri atau cara lainnya, Sobat MEA bisa mengosongkan kolom ini.

  • Persetujuan Syarat Layanan dan Kebijakan Privasi Shopee

Langkah terakhir dari cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate adalah dengan menyetujui syarat dan kebijakan privasi dengan mengklik box yang tersedia hingga berubah menjadi tanda checklist. Selanjutnya, klik kirim dan proses pengisian formulir sudah selesai.

Setelah melakukan semua tahapan pada cara mengisi formulir pendaftaran Shopee Affiliate, Sobat MEA perlu menunggu setidaknya selama 3 hari kerja agar semua data ditinjau oleh pihak Shopee terlebih dahulu. Sobat MEA akan mendapatkan kabar melalui email yang didaftarkan. Mudah sekali, bukan. Semoga ulasan ini membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment