5 Cara Mengoptimalkan Dekorasi Toko Shopee. Tarik Pembeli!

by Fanny
cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Ketika Sobat MEA mencari produk di Shopee, apa yang pertama kali dilihat? Apakah dari foto produk, harga, rating, diskon, atau semuanya? Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli suatu produk. Salah satunya adalah tampilan produk dan toko yang rapi dan menarik.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee yang bisa menarik keinginan konsumen untuk membeli produk yang Sobat MEA jual secara efektif. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

3 Manfaat Membuat Dekorasi Toko Shopee yang Menarik

Mau Omzet di Shopee Makin Melejit?
Gabung ke komunitas dan belajar langsung dari Coach Shopee yang bagi-bagi ilmu daging di sini. GRATIS!

Tidak sedikit penjual di Shopee yang tidak mau repot-repot merapikan tampilan toko mereka. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak terlalu memperdulikan estetika, tidak punya waktu untuk mendesain, atau bahkan tidak tahu bagaimana cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee. Padahal dengan merapikan tampilan toko, Sobat MEA akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini, loh!

1. Branding Toko

Sebagai penjual, pastinya Sobat MEA ingin produk yang ditawarkan mudah dikenali oleh konsumen, bukan? Hal ini bisa dicapai dengan menampilkan identitas yang kuat dan mampu merepresentasikan produk dengan baik. Salah satu hal yang bisa Sobat MEA lakukan adalah dengan melakukan cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee.

Tampilan toko yang khas dengan warna dan desain yang sesuai dengan toko akan membuat konsumen semakin mudah untuk mengenali produk Sobat MEA. Selain itu, hal ini juga akan membuat produk Sobat MEA akan lebih mencolok ketika bersanding dengan produk lainnya di kolom pencarian. Tentunya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang sudah familiar di mata mereka.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Kesulitan kelola toko di Shopee?
Yuk serahkan saja urusan toko biar auto pilot dan cuan terus ke tim Shopee Specialist MEA sekarang juga!

Sebagai pembeli, tentunya Sobat MEA memperhatikan foto dan deskripsi produk terlebih dahulu sebelum membeli suatu barang, bukan? Jika foto produk yang ditampilkan terlihat gelap, blur, tidak jelas, atau hanya dari satu sisi saja, pasti hal ini akan membuat pembeli menjadi ragu untuk membelinya. Sebaliknya, jika Sobat MEA menampilkan foto produk yang berkualitas dan lebih dari satu, hal ini akan meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk.

Artikel Terkait  Produk Sedang Diperiksa Shopee? Ternyata ini Penyebab dan Alasannya!

Selain itu, dekorasi toko yang rapi dan menarik akan meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap toko dan produk yang Sobat MEA jual. Tampilan toko yang rapi dan jelas juga akan meningkatkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan menyenangkan. Sehingga pembeli pun akan lebih mudah untuk menemukan produk sesuai kebutuhan mereka.

3. Menampilkan Produk Unggulan

Ketika melakukan cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee, Sobat MEA bisa membuat kategori produk untuk menampilkan produk terbaik atau produk terlaris. Sobat MEA juga bisa menampilkan produk baru, produk yang sedang ada diskon atau, penawaran menarik lainnya. Dengan begitu, pembeli yang baru mengunjungi toko Sobat MEA akan mengetahui produk apa saja yang paling menarik di toko Sobat MEA.

Cara Menggunakan Fitur Dekorasi Toko Shopee

cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Jika Sobat MEA menganggap bahwa mendekorasi toko adalah hal yang rumit dan membutuhkan kemampuan khusus, Sobat MEA tidak perlu khawatir karena Shopee sendiri sudah menyediakan fitur dekorasi toko Shopee dengan berbagai template menarik yang bisa Sobat MEA gunakan sesuai kebutuhan. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur ini:

  • Buka halaman Shopee Seller Center di browser di perangkat Sobat MEA.
  • Kemudian login dengan akun toko Sobat MEA.
  • Pada halaman menu di sebelah kiri, pilih menu Toko dan klik Dekorasi Toko.
  • Lanjutkan dengan klik Dekorasi Tokomu Sekarang.
  • Sobat MEA bisa memilih komponen apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam dekorasi toko. Selain itu, Sobat MEA juga bisa memilih template yang sudah disediakan oleh Shopee.
  • Pastikan Sobat MEA sudah menyediakan foto sesuai dengan ukuran komponen yang dibutuhkan, sehingga Sobat MEA bisa langsung mengunggahnya dan membuat tampilan toko menjadi lebih menarik!
Artikel Terkait  Tips Cara Jualan Online di Shopee

5 Cara Mengoptimalkan Dekorasi Toko Shopee

cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Setelah mengetahui keuntungan dari mendekorasi toko di Shopee, sekarang kami akan membagikan 5 cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan. Berikut cara-caranya:

1. Gunakan Foto yang Jelas dan Berkualitas

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, foto produk merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi pembeli untuk melakukan transaksi. Hal ini karena proses belanja secara online membuat pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung, sehingga mereka hanya bisa menilai produk secara sekilas dari foto yang Sobat MEA tampilkan.

Untuk itu, Sobat MEA perlu menggunakan foto yang berkualitas agar mampu menarik perhatian konsumen. Pastikan foto yang digunakan jelas, tidak gelap, tidak terpotong, dan diambil dari berbagai sisi agar pembeli bisa melihat detail produk dengan lebih baik.

2. Pilih Warna yang Menarik dan Seimbang

Ketika mendekorasi toko, Sobat MEA juga perlu mempertimbangkan pemilihan warna yang sesuai dengan branding. Agar tidak kesulitan, Sobat MEA bisa menggunakan warna pada logo brand, sehingga warnanya pun menjadi serasi dan sedap dipandang. 

Jika Sobat MEA tidak memiliki logo sendiri, Sobat MEA bisa menyesuaikan pemilihan warna untuk desain dengan menggunakan warna dasar produk yang dijual. Dengan begitu, produk akan tampil lebih menarik karena didukung dengan latar belakang yang mampu menonjolkan visualnya.

3. Pakai Font yang Mudah Dibaca dan Dipahami

cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee adalah memilih font yang sesuai. Pastikan Sobat MEA menggunakan font yang jelas dan mudah dibaca sekali lihat. Hindari penggunaan font yang terlalu rumit karena akan mengurangi tingkat keterbacaannya. Pemilihan font yang sesuai juga akan memudahkan pembeli untuk menerima informasi yang akan Sobat MEA sampaikan.

4. Buat Judul dan Deskripsi yang Menarik

Toko online mungkin memang mengutamakan segi visual karena tujuannya adalah untuk menarik pembeli dengan foto produk yang jelas. Namun Sobat MEA juga tidak boleh mengabaikan detail penting lainnya seperti tulisan yang akan dimasukkan ke dalam desain maupun toko.

Artikel Terkait  Kenapa Pesanan Shopee Dibatalkan? Ini Penjelasan & Tips Bagi Penjual!

Misalnya saja Sobat MEA menjual kemeja pria. Maka pastikan Sobat MEA menjadikan nama produk tersebut sebagai judul agar mudah ditemukan oleh pembeli. Sobat MEA juga bisa membuat judul produk dengan panjang dan lebih mendetail seperti, “Kemeja Flanel Pria Lengan Panjang Motif Tartan” atau lainnya. Semakin banyak kata kunci yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula kesempatan agar produk Sobat MEA ditemukan oleh pembeli.

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengisikan kolom deskripsi toko. Bagian ini bisa Sobat MEA isi dengan pengenalan singkat mengenai toko dan produk apa saja yang Sobat MEA jual. Sobat MEA juga bisa menuliskan jam operasional toko, waktu pengiriman, hingga ketentuan komplain serta retur. Kemudian, Sobat MEA juga harus membuat deskripsi pada setiap produk yang dijual. Pastikan Sobat MEA mencantumkan informasi yang diperlukan oleh pembeli.

5. Ubah Dekorasi Toko Secara Berkala

Cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee ini sebenarnya opsional. Jika toko Sobat MEA sudah lekat dengan branding yang digunakan saat ini, maka Sobat MEA tidak perlu melakukan pembaruan keseluruhan desain. Namun perubahan dekorasi toko secara berkala ini bisa Sobat MEA lakukan jika ada promosi produk di waktu tertentu.

Seperti misalnya Sobat MEA ada promosi seperti Payday Sale, promo tanggal kembar, atau promo diskon di hari besar lainnya yang hanya berlangsung dalam periode tertentu. Maka Sobat MEA perlu melakukan update banner sebelum promo berlangsung dan hapus banner tadi setelah promo selesai. Dengan begitu pembeli akan mendapatkan promo di toko Sobat MEA.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai fitur dekorasi toko, keuntungannya, hingga cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment