Gak Pengen Bikin Kecewa? Ini 7 Cara Mengubah Stok Habis di Shopee!

by Viki
cara mengubah stok habis di shopee

Siapa sih yang tidak mengenal Shopee? Platform e commerce favorit setiap orang dengan pengguna di seluruh dunia. Maka tidak heran jika semakin banyak pebisnis yang beralih ke Shopee. Dalam hal ini, khususnya bagi penjual, penting untuk memahami cara mengubah stok habis di Shopee agar penjualan tetap lancar jaya. 

Stok habis merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh penjual Shopee. Pasalnya hal ini mempengaruhi ketersediaan produk yang ditampilkan dalam etalase toko

Sementara stok produk atau ketersediaan produk di Shopee adalah produk atau barang-barang yang disimpan oleh toko untuk dijual pada periode yang telah ditentukan. Dalam hal ini, stok produk memang harus selalu diupdate jumlahnya.

Shopee juga memiliki fitur Toko Saya, yang bisa digunakan untuk memahami siklus permintaan dan penjualan produk. Fitur ini memungkinkan penjual untuk memperkirakan jumlah dan frekuensi yang diperlukan untuk mengisi stok kembali. Toko Saya memang sangat memudahkan penjual dalam pengelolaan toko.

3 Alasan Pentingnya Mengatur Stok Barang di Shopee

Ingin Meningkatkan Penjualan di Shopee dengan Lebih Efektif?

Pastikan paham rahasia sukses para seller berpengalaman dalam menghasilkan penjualan yang melimpah di Shopee. Dapatkan hanya di komunitas seller Shopee MEA!

Sebelum melanjutkan cara mengubah stok habis di Shopee, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu seberapa pentingnya mengatur stok barang di Shopee bagi penjual. 

Tidak banyak yang tahu bahwa pengelolaan stok barang dapat mempengaruhi kesan pengunjung pada saat ingin berbelanja di toko tersebut. Apalagi jika Sobat MEA berjualan offline, mengatur stok barang menjadi hal yang krusial. 

1. Mengetahui Status Stok Barang

Jasa Kelola Toko Shopee Profesional

Ingin produk dalam tokomu dibantu oleh partner profesional sampai penjualan naik? Konsultasikan saja pada kami! Terima beres~

Mengatur stok barang melalui Stok Saya, Sobat MEA dapat melihat status jumlah stok variasi barang untuk menentukan stok yang akan ditambah.

Ada lima variasi stok produk pada Stok Saya, seperti variasi produk live, variasi produk yang diarsipkan dan diblokir, stok variasi produk habis, variasi stok habis, dan produk sesuai permintaan.

Dengan mengetahui status barang di Shopee, Sobat MEA lebih mudah untuk memperkirakan pembelian produk kedepannya.

2. Menghindari Kehabisan Stok Produk

Sebagai penjual, tentu tidak ingin sampai kehabisan stok pada toko Shopee. Pasalnya, hal ini dapat menghambat penjualan. Tapi untuk menghidari kehabisan stok, Sobat MEA perlu mengatur stok produk secara berkala agar tahu waktu untuk menambah stok barang baru. 

Kiira-kira ada 4 status produk di Shopee yang perlu diketahui yaitu stok normal, perlu stok ulang, stok ulang sekarang, dan produk tidak tersedia. Itulah mengapa Sobat MEA perlu cara mengubah stok habis di Shopee untuk meminimalisir terjadinya kehabisan stok produk. 

3. Membantu Mempercepat Proses Pesanan

Asalan yang paling penting dari mengatur stok produk yaitu membantumu mempercepat proses pesanan di Shopee, karena Sobat MEA dapat mencantumkan informasi lokasi di setiap produk.

Dalam hal ini, Sobat MEA akan ditunjukkan dalam daftar pesanan per produk dan resi sehingga memudahkanmu pada proses pencarian dan pengemasan barang.

Lantas bagaimana jika stok habis? Apa yang perlu dilakukan? Apa perlu melakukan cara mengubah stok habis di Shopee? Simak!

7 Langkah Cara Mengubah Stok Habis di Shopee

Rahasia Tingkatkan Penjualan di Shopee dengan Mudah Ada di Sini!

Yuk kupas tuntas bareng mentor berpengalaman yang pastinya sudah terbukti hasilkan ribuan orderan perbulan!

Ya, Sobat MEA perlu memberikan informasi stok habis pada produk yang sudah tidak tersedia sampai produk tersebut tersedia kembali. Hal ini mudah untuk dilakukan di toko Shopee. Berikut langkah-langkah cara mengubah stok habis di Shopee;

  1. Buka aplikasi Shopee atau situs resmi Shopee Seller Center di sini. Lalu masuk ke akun Shopee milikmu. 
  2. Setelah berhasil masuk, pilih menu Saya di pojok kanan bawah, lalu klik menu Toko Saya dan pilih Asisten Penjual.
  3. Sobat MEA akan diarahkan ke halaman Asisten Penjual, lalu pilih menu Produk Saya.
  4. Di sini, Sobat MEA akan melihat daftar produk yang dijual. Silakan pilih produk yang ingin diubah statusnya. 
  5. Selanjutnya, ubah stok varian produk tersebut menjadi 0 (nol.
  6.  Terakhir, klik Update. Maka keterangan stok produk tersebut menjadi stok habis secara otomatis. 
  7. Selesai!

Demikian informasi mengenai cara mengubah stok habis di Shopee yang penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat MEA dapat mengoptimalkan penjualan di platform Shopee dan menjaga pelanggan tetap puas terhadap pelayananmu di Shopee. 

Meski demikian, penting untuk selalu beradaptasi dengan perubahan tren dan permintaan pasar, serta terus memperbaiki proses pengelolaan stok. Karena Sobat MEA perlu mengatasi tantangan stok habis dengan lebih efektif untuk dapat meningkatkan keuntungan secara signifikan. Selamat berjualan!

You may also like

Leave a Comment