Cara Mengukur Performa Akun Instagram Melalui 6 Metrics

by Bimboi
cara mengukur performa akun instagram

Sebagai Social Media Specialist, tentunya dituntut dalam  mengurus suatu akun bisnis Instagram dari Brand atau Individu agar akun tersebut dapat meningkat performanya dalam mencapai suatu tujuan.  Sehingga Social Media Specialist harus mengetahui cara mengukur performa akun Instagram tersebut.

Tujuannya pun beragam nih, Sobat MEA. Ada yang bertujuan agar akun tersebut bisa menjangkau banyak audiens seperti meningkatkan penjualan, interaksi, dan lain-lain. 

Lalu, bagaimana cara mengukur performa akun Instagram? Kami menyarankan Sobat MEA untuk melanjutkan membaca artikel ini, karena di bawah ini akan ada penjelasan mengenai tutorial yang terkait yang sangat menguntungkan Social Media Specialist. Mari kita bahas selengkapnya di bawah ini! 

Table of Contents

5 Metrik Akun Instagram

Mau dapat komisi extra dari Shopee Affiliate?
Yuk langsung aja gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga dan rasakan berbagai manfaatnya!

Melansir laman resminya, Instagram mengatakan bahwa sosial media ini mampu mencatat insight dan juga performa akun dengan real-time data yang bermanfaat untuk mengukur performa sebuah akun Instagram. Lantas, apa saja metrics atau satuan yang diukur dalam mengukur performa akun Instagram? 

1. Engagement Rate

Dengan konten yang unik dan menarik, mampu membuat audiens terpikat dan mendorong mereka untuk melakukan interaksi dengan konten tersebut. Engagement rate terbagi menjadi dua, yaitu engagement rate by reach dan engagement rate by followers. 

2. Reach

3. Pertumbuhan Followers

Metrics dalam Instagram

Dengan bertumbuhnya followers pada suatu akun, menunjukkan seberapa efektif strategi atau kampanye digital yang sedang dilakukan oleh Sobat MEA di Instagram. 

4. Instagram Story

Instagram Story kini bisa digunakan sebagai media pemasaran. Metrik ini membantu memberitahu seberapa terkenal dan menarik Story Instagram Sobat MEA. Hal yang dapat Sobat MEA perhatikan adalah Story Engagement dan Navigation Action Counts

5. Click View Iklan Instagram

Dalam Click view, dapat mengukur seberapa efektif suatu iklan dalam mendapatkan perhatian audiens yang telah dituju sebelumnya. Jika perhitungan angka masih rendah, salah satu faktor yang dapat dievaluasi adalah apakah ajakan atau CTA Sobat MEA bisa menarik perhatian audiens atau tidak. 

Cara Mengukur Performa Akun Instagram

Setelah mengetahui metrik yang harus diperhatikan dalam Instagram, sekarang penulis akan memberitahu Sobat MEA cara mengukur performa akun Instagram. berikut penjelasannya.  

4 Jenis Cara Mengukur Engagement Rate

1. Engagement Rate by Followers

engagement rate by followers

2. Engagement Rate by Followers

Metrik ini membantu Social Media Specialist dalam mengetahui jenis konten apa saja yang disukai oleh followers, dan data ini dapat digunakan sebagai acuan  dalam jangka waktu yang cukup lama. 

3. Engagement Rate by Reach

engagement rate by reach

Metrik ini membantu mengetahui sebaerapa banyak pengguna yang berinteraksi pada sebuah konte, dan juga seberapa jauh konten yang dibuat menjangkau target audiens yang luas. 

4. Pertumbuhan Followers

Jumlah pengikut ÷ jumlah pengikut sebelumnya X 100

Perlu diingat untuk Sobat MEA, pertumbuhan followers ini juga memengaruhi aspek lain, seperti reach, views, dan engagement. Sehingga Sobat MEA juga harus mengerti bagaimana cara mengoptimasi akun Instagram.

Degan mengetahui metrik-metrik di atas dan juga cara mengukur performa akun Instagram, membantu Sobat MEA dalam mengevaluasi kinerja konten dan juga strategi yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Semoga Sobat MEA dapat memahami bagimana cara mengukur performa akun Instagram dengan adanya tulisan ini. Salam satu juta pembeli! 

You may also like

Leave a Comment