Udah Tahu? Ini Cara Meningkatkan Customer Engagement dengan Efektif!

by Viki
cara meningkatkan customer engagement

Sobat MEA tahu belum? Ternyata berbisnis secara online perlu customer engagement yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Tapi mungkin Sobat MEA dan banyak pebisnis lainnya masih kebingungan mengenai apa itu customer engagement dan bagaimana sih cara meningkatkan customer engagement

Perlu diketahui, customer engagement sendiri adalah konsep yang semakin diprioritaskan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gallup, pebisnis dengan customer engagement yang tinggi mengalami penambahan pelanggan sebanyak 63%. Selain itu, customer engagement yang tinggi juga menyumbang revenue 23% bagi bisnis yang dijalankan. 

Itulah mengapa jika ingin bisnis Sobat MEA ingin cepat berkembang pesat, Sobat MEA perlu memahami cara meningkatkan customer engagement. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan customer engagement ini. Yuk langsung simak aja! 

4 Cara Meningkatkan Customer Engagement

Mau Tahu Cara Jualan Online yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller berpengalaman di Komunitas Belajar Jualan Online MEA sekarang juga!

Singkatnya, customer engagement adalah rencana bisnis yang bertujuan untuk mendapatkan simpati dari pelanggan dan memastikan mereka mendapatkan pengalaman baik dari bisnis. Dengan customer engagement, pebisnis dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan baik di kanal online maupun offline. Kembali lagi, berikut ini adalah langkah-langkah cara meningkatkan customer engagement:

1. Dekati Pelanggan Secara Personal

Secara psikologis, seorang pelanggan akan merasa dihargai jika mereka didekati secara langsung atau personal. Oleh karena itu, jadikan media sosial bisnis yang bukan hanya sebagai pemberi informasi produk, tapi juga sebagai media untuk memperkenalkan bisnis dan membangun kedekatan dengan pelanggan. 

Sobat MEA dapat mendekati pelanggan lebih mudah melalui media sosial dengan menanyakan feedback tentang produk atau jasa dibeli. Mintalah masukan untuk produk atau layanan dan apa kebutuhan mereka yang belum terpenuhi.

Artikel Terkait  2 Cara Meningkatkan Kualitas Video di CapCut dengan Mudah

2. Membangun Komunitas atau Forum Diskusi

Selanjutnya, Sobat MEA juga dapat meningkatkan customer engagement dengan membangun komunitas atau forum diskusi. Gunakan komunitas atau forum ini untuk mereka bukan hanya  mendapatkan produk atau jasa, tapi juga keilmuan, networking, sampai dengan pengalaman.

Sobat MEA dapat membangun forum diskusi dengan tema umum. Misalnya, Sobat MEA menjual produk skincare, Sobat MEA dapat membuat forum diskusi bertemakan gaya hidup dan kecantikan. Agar lebih menarik, Sobat MEA dapat mengundang narasumber untuk membagikan ilmunya di forum diskusi tersebut. 

Dengan komunitas atau forum diskusi, Sobat MEA dapat membangun engagement yang lebih tinggi karena pelanggan dapat menyampaikan pesan secara dua arah. Hal ini juga lebih efektif untuk membuat pelanggan merasa dihargai.

Sobat MEA dapat membuat forum diskusi melalui whatsapp groupGroup Facebook, Google Communities, atau forum online lainnya. Sehingga pelanggan tetap up to date dengan perkembangan bisnis melalui informasi mengenai launching produk baru, potongan harga, event berkala, dll. 

Jasa Kelola Toko Online Untuk Engagement yang Meningkat Pesat

Kewalahan ngurus engagement? Serahkan saja pada tim kelola toko online MEA yang terpercaya ini! Auto boom~

3. Mengadakan Event Berkala

Selain itu, Sobat MEA juga dapat mengadakan event berkala terkait produk yang dijual untuk meningkatkan customer engagementSobat MEA juga dapat mengadakan event online seperti giveaway, lomba blog, share foto di akun media sosial masing-masing atau kampanye hashtag dan format video pendek.

Lalu berikan hadiah menarik untuk mendatangkan minat audiens terhadap event tersebut. Semakin banyak yang ikut, semakin banyak yang mengenal bisnismu, semakin besar customer engagement yang didapatkan. 

Artikel Terkait  Cara Mendapatkan Traffic dari Pinterest Termudah. Emang Bisa?

4. Memberikan Hadiah Untuk Pelanggan

Sobat MEA juga bisa memberikan hadiah kepada pelanggan yang loyal sebagai salah satu wujud terima kasih seperti penawaran spesial atau potongan harga. Hal ini dapat membuat mereka merasa senang, dihargai, bahkan semakin loyal pada bisnis Sobat MEA.

Sobat MEA dapat membagikan hadiah ini melalui akun media sosial ataupun email. Sejauh ini, cara meningkatkan customer engagement ini cukup efektif dan kerap dilakukan oleh para pebisnis. 

Selain itu, Sobat MEA juga dapat menerapkan syarat tertentu untuk mendapatkan hadiah tersebut seperti melakukan pembelian dengan nominal tertentu atau pembelian lewat platform tertentu. 

Jenis Tools Untuk Meningkatkan Customer Engagement

Agar cara meningkatkan customer engagement lebih efektif, diperlukan tools tertentu untuk mengukur kesuksesannya. Berikut customer engagement tools yang perlu digunakan:

1. Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah solusi all-in-one untuk terus terhubung dengan pelanggan. Melalui aplikasi mobile, Sobat MEA dapat mix and match terhadap berbagai fitur yang tersedia seperti pengumpulan poin, loyalty membership, referral, serta push notification agar pelanggan bisa menerima informasi penting terkait penawaran bisnis secara real time. 

Karena penggunaannya yang bisa dilakukan melalui HP, sehingga aplikasi mobile dinilai lebih efektif dalam mengukur customer engagement. Bahkan Sobat MEA pun lebih mudah memantaunya.

2. Dashboard Analytics

Sebagai pebisnis, saatnya Sobat MEA meningkatkan customer engagement adalah mempelajari data analitik terlebih dahulu. Dashboard data analitiknya dapat membantumu mengukur hal-hal yang efektif dan tidak efektif dalam strategi bisnismu. Sobat MEA bisa mulai mempelajari data dari jawaban survey, pola pembelian, serta frekuensi kunjungan di masing-masing platform bisnis.  

3. Live Chat

4. Customer Churn Tool

Selanjutnya ada Customer churn tool yang sering digunakan untuk mengukur churn atau kepergian pelanggan. Melalui customer engagement tools ini, Sobat MEA dapat mengamati apakah ada penurunan pelanggan pada waktu tertentu dan mengidentifikasi penyebabnya. Dengan demikian, Sobat MEA bisa menyusun kembali strategi lainnya untuk membuat pelanggan tetap terhubung. 

Nah, itu dia beberapa cara meningkatkan customer engagement beserta tools penting yang perlu Sobat MEA gunakan. Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA telah menyusun strategi terbaik serta memahami tools yang tepat untuk bisnismu agar tetap terhubung hingga meningkatkan perhatian pengunjung. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment